kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Stop lakukan ini meski sudah mendapat vaksin Covid-19


Jumat, 12 Maret 2021 / 16:25 WIB
Stop lakukan ini meski sudah mendapat vaksin Covid-19
ILUSTRASI. Anda tetap perlu memakai masker meski sudah mendapat vaksin Covid-19. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski sudah mendapat vaksin Covid-19, bukan berarti Anda bisa bebas melakukan hal apa saja yang ingin Anda lakukan. Masih ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk menekan laju penyebaran Virus Corona.

Mengutip dari Eatthis.com, Anda tetap perlu menggunakan masker setelah mendapat suntikan vaksin Covid-19. Gunakan masker yang sesuai dengan ketentuan. Selain itu, tetap rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Jika Anda tak bisa memakai sabun dan air mengalir, cobalah untuk membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Protokol kesehatan tetap perlu dilakukan karena belum semua orang mendapat vaksin. Selain menerapkan protokol kesehatan, ada hal lain yang perlu Anda perhatikan.

Melepas Masker Saat Berkunjung ke Rumah Orang Lain

Meski sudah divaksin, usahakan untuk tidak melepas masker saat Anda mengunjungi rumah orang lain. Apalagi jika anggota keluarga di rumah itu belum mendapat vaksin dan ada orang tua yang mudah terinfeksi Virus Corona.

Selain tetap memakai masker, usahakan untuk jaga jarak. Jika ada keperluan yang memungkinkan Anda untuk tidak masuk ke dalam rumah, selesaikan urusan Anda melalui jendela atau di luar pintu. Dengan begitu, risiko penularan Virus Corona bisa dicegah.

Baca Juga: 8 Kiat mencegah Covid-19 akibat virus corona B.1.1.7 yang sudah masuk Indonesia

Tidak Menjaga Jaga Jarak

Seperti yang telah disebutkan, menjaga jarak tetap perlu Anda lakukan meski sudah mendapat vaksin Covid-19. Eatthis.com juga merekomendasikan agar Anda bertemu dengan orang yang belum divaksin di luar ruangan, seperti taman karena memiliki ventilasi yang baik.

Bepergian

Ada banyak orang yang mengurungkan niatnya untuk bepergian karena pandemi Virus Corona. Meski Anda sudah divaksin, bukan berarti Anda bisa menuruti keinginan Anda untuk bepergian. Jika tidak benar-benar dibutuhkan, usahakan untuk tidak pergi ke tempat umum dengan potensi kerumunan yang tinggi.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 timbulkan efek samping sakit kepala, ini pengobatannya

Tes Covid-19

Sebelum vaksin ditemukan, Anda perlu melakukan tes Covid-19 saat melakukan kontan dengan pasien terinfeksi Virus Corona. Jika Anda sudah divaksin, Anda tidak perlu melakukan tes lagi hanya jika tidak ada mengalami gejala Covid-19 apapun.

Selain berhenti melakukan hal-hal itu, Anda perlu melakukan cara pencegahan Covid-19 yang lain. Misalnya, menjaga sistem imun tubuh agar tetap kuat. Caranya dengan mengonsumsi makanan bergizi dan rajin olahraga.

Selanjutnya: Vaksin Covid-19 Efektif Menangkal Varian B117, Masyarakat Jangan Menunda Vaksinasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×