Stop 5 kebiasaan ini jika ogah kulit semakin berminyak

Senin, 15 November 2021 | 05:45 WIB   Reporter: Ana Risma
Stop 5 kebiasaan ini jika ogah kulit semakin berminyak


KONTAN.CO.ID - Kulit berminyak tidak hanya bisa terjadi akibat faktor genetika, melainkan juga gaya hidup yang kurang baik. Sama halnya dengan kulit kering, perawatan kulit berminyak juga harus dilakukan secara teliti dan sesuai dengan kebutuhan kulit.

Para pemilik kulit berminyak dituntut untuk tidak sekadar mengetahui hal apa saja yang harus dilakukan, tetapi juga perlu menghindari berbagai kebiasaan yang bisa menyebabkan kulit semakin berminyak.

Nah, berbicara tentang kebiasaan yang harus dihindari, inilah 5 kebiasaan tersebut sebagaimana diungkapkan oleh Dr Harshna Bijlani selaku kepala medis The Ageless Clinic sekaligus ahli kulit selebriti. Yuk, simak!

Baca Juga: Pemain Konvensional Masuk ke Bisnis Dompet Digital

1. Menggunakan produk kecantikan yang berat

Terlalu sering menggunakan makeup atau skincare berbahan dasar krim yang kental akan mudah menyumbat pori-pori dan meningkatkan produksi minyak. Akibatnya, kulit pun akan menjadi semakin berminyak dari sebelumnya.

Untuk mengontrol produksi minyak pada kulit Anda, Anda bisa menggunakan skincare berbasis salicylic acid atau benzoyl peroxide yang dapat dijumpai dalam produk face wash maupun toner. Jika Anda memiliki kulit yang sangat berminyak dengan pori-pori terbuka, night cream yang mengandung adapalene atau azelaic acid bisa Anda masukkan ke dalam rutinitas skincare harian guna membantu mengatasi minyak berlebih pada kulit wajah.

Baca Juga: 5 Cara ini bisa menghindarkan kerutan wajah saat tidur

2. Melewatkan moisturizer

Walaupun kulit Anda berminyak atau kombinasi, melewatkan moisturizer adalah hal yang tidak boleh dilakukan. Moisturizer tetaplah penting untuk Anda gunakan secara rutin terlebih jika face wash atau toner yang Anda gunakan memiliki sifat mengontrol minyak. Selain itu, melewatkan penggunaan moisturizer juga bisa meningkatkan produksi minyak lho.

Gunakanlah moisturizer berbasis air yang ringan untuk menghidrasi kulit Anda sekaligus mencegahnya terlalu kering. Selalu ingat pula untuk tidak melucuti kulit sepenuhnya dari minyak alaminya ya.

3. Terlalu sering mencuci muka

Apapun tipe kulitnya, pembersihan wajah yang dilakukan secara berlebihan bukanlah hal yang baik bagi kulit. Alih-alih kinclong, kulit justru akan semakin berminyak akibat produksi minyak yang meningkat.

Untuk itu, cucilah wajah Anda setidaknya 2 kali sehari atau setelah melakukan olahraga. Kebiasaan ini tidak hanya akan membantu mengontrol produksi minyak, tetapi juga mampu mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat.

Baca Juga: Ini komentar ICW soal rencana pemerintah mengaudit LSM

4. Stres

Androgen sebagai hormon yang bertanggung jawab atas produksi minyak dapat berfluktuasi selama masa pubertas, kehamilan, atau menopause. Tatkala Anda stres, androgen dapat mengalami peningkatan sehingga produksi sebum pun menjadi berlebihan.

Pada saat Anda mengalami kondisi ini, jangan heran jika kulit akan semakin berminyak bahkan mudah dihinggapi jerawat yang jumlahnya berlebihan. Oleh sebab itu, hindarilah hal-hal yang bisa memicu stres dan jangan lupa untuk melakukan relaksasi.

5. Tidak minum cukup air

Ketika tubuh tidak cukup terhidrasi, tubuh akan mengirimkan sinyal ke kelenjar untuk memicu lebih banyak produksi minyak guna menyeimbangkan kelembaban. Akhirnya, kelenjar penghasil minyak pun mencoba untuk melumasi kulit dan menyebabkan kulit menjadi semakin berminyak.

Baca Juga: Serangan kalajengking melanda Mesir, 3 tewas, ratusan lainnya luka-luka

Sebagai langkah pencegahan, pastikan untuk rajin minum air putih setidaknya 8 gelas per hari ya. Anda juga bisa membawa botol minum sendiri ketika bepergian atau memasang alarm setiap beberapa saat untuk mengingatkan waktu minum Anda.

Moms, itulah 5 kebiasaan yang harus dihindari untuk mencegah kulit yang sudah berminyak menjadi semakin berminyak. Pastikan untuk selalu mengingatnya baik-baik ya!

Selanjutnya: Perbandingan AC Dinding dan AC Portable, Pilih Mana?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru