kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Cara ini bisa menghindarkan kerutan wajah saat tidur


Senin, 15 November 2021 / 04:45 WIB
5 Cara ini bisa menghindarkan kerutan wajah saat tidur
ILUSTRASI. 5 Cara ini bisa menghindarkan kerutan wajah saat tidur


Sumber: Loreal Paris | Editor: Rizka Noveliana

KONTAN.CO.ID - Harus Anda ketahui bahwa tidur ternyata bisa membentuk kerutan di wajah yang disebabkan oleh posisi tidur Anda. Saat posisi tidur menyamping atau tengkurap, kulit wajah Anda yang bersentuhan dengan bantal sering kali terlipat akibat tekanan.

Lipatan tersebut yang kemudian membentuk garis-garis bekas lipatan yang berpotensi menjadi garis kerutan, apalagi jika Anda punya kebiasaan tidur dalam posisi yang sama secara terus-menerus. Garis lipatan biasanya terbentuk di area pipi, dahi dan dagu.

Saat usia mudah, kulit wajah masih kenyal dan elastis sehingga garis lipatan bisa normal kembali. Namun, jika Anda berusia 40-an dengan kondisi kulit wajah yang tidak seelastis dan sekenyal saat masih muda, garis lipatan kulit ini lama kelamaan akan menjadi semakin dalam dan akhirnya membentuk kerutan. 

Baca Juga: Insentif Kartu Prakerja gagal cair? Bisa jadi karena 5 alasan ini

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara mengatasi terbentuknya kerutan di wajah saat tidur yang dilansir dari loreal-paris.co.id, yaitu:

1. Lakukan posisi tidur terlentang. 

Bagi Anda yang tidak terbiasa tidur dalam posisi ini, mungkin rasanya tidak nyaman dan kemudian tak sadar mengubah ke posisi tidur yang biasa Anda lakukan. Cobalah berlatih tidur dengan posisi terlentang, seiring berjalannya waktu Anda pun akan terbiasa.

2. Membiasakan tidur terlentang

Untuk membiasakan tidur dalam posisi telentang, letakkan bantal di sisi kanan atau kiri tubuh. Ini akan membantu mencegah Anda tidur dalam posisi menyamping karena tertahan bantal. Anda juga bisa menggunakan travel pillow di leher untuk menjaga kepala tidak bergerak ke kiri atau ke kanan lalu menempel di bantal

3. Gunakan bantal anti-wrinkle

Selanjutnya, jika Anda merasa sangat tidak nyaman tidur telentang, siasati dengan menggunakan bantal kecantikan atau bantal anti-wrinkle. Bantal ini memiliki desain yang unik sehingga wajah tidak menempel ke bantal walau Anda tidur menyamping. 

4. Ganti sarung bantal

Kemudian, mengganti sarung bantal berbahan polyester dan katun dengan yang berbahan satin atau sutera juga menjadi cara untuk menghindari terbentuknya kerutan wajah. Tekstur kain satin dan sutera yang lembut dan licin dapat mengurangi kulit wajah terlipat saat menempel di bantal.

5. Merawat kulit malam hari

Lakukan rutinitas skincare pada malam hari, tentunya dengan rangkaian skincare khusus anti-aging yang mengatasi kerutan. Pilih produk-produk dengan kandungan bahan aktif yang dapat menstimulasi produksi kolagen di jaringan kulit seperti retinol, Vitamin C, dan peptide, serta dapat membantu melembapkanmembuat kulit wajah lebih kenyal dan elastis seperti hyaluronic acid.

Selanjutnya: Ketahui Perbedaan Kulit Sensitif dan Kulit Alergi di Sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×