kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Standar Asam Urat Wanita & Buah Yang Membantu Menurunkan Asam Urat Dengan Cara Alami


Jumat, 04 November 2022 / 05:57 WIB
Standar Asam Urat Wanita & Buah Yang Membantu Menurunkan Asam Urat Dengan Cara Alami
ILUSTRASI. standar asam urat normal pada perempuan antara 2,4 ? 6,0 mg/dL


Sumber: Kementerian Kesehatan RI,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Berapa standar asam urat normal untuk wanita? Benarkah ada buah-buahan yang bisa membantu menurunkan asam urat secara alami?

Standar asam urat normal untuk wanita berbeda dengan laki-laki. Mengenali standar asam urat normal pada laki-laki dan wanita sangat penting bagi setiap orang.

Pasalnya, di tengah gaya hidup yang tidak sehat, banyak laki-laki dan wanita mengeluhkan asam urat yang tinggi. Namun jangan khawatir, sejumlah buah-buahan bisa membantu menurunkan asam urat secara alami.

Dilansir dari website Kementerian Kesehatan, penyakit asam urat disebut juga gout adalah salah satu jenis penyakit peradangan pada sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini dapat terjadi pada banyak sendi, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di ibu jari kaki.

Normalnya, kadar atau standar asam urat laki-laki antara 3,4 – 7,0 mg/dL. Sedangkan standar asam urat normal pada wanita antara 2,4 – 6,0 mg/dL. Kemudian, standar asam urat pada anak-anak 2,0 – 5,5 mg/dL. 

Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urine. Selain itu  pada kondisi tertentu, asam urat dapat menumpuk akibat tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah yang berlebihan atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat.

Baca Juga: Standar Asam Urat Laki-Laki & Wanita Dan Penyebab Asam Urat Naik yang Harus Dikenali

Kadar asam urat dalam darah yang berlebihan akan menyebabkan pembentukan kristal di sendi. Kristal ini dapat menyebabkan peradangan, sehingga penderita akan mengeluhkan  gejala nyeri yang mengganggu dan bengkak pada sendi, biasanya di kaki.

Asam urat adalah zat hasil metabolisme atau olahan purin di dalam tubuh. Purin sebenarnya secara alami sudah dihasilkan oleh tubuh kita, selain itu purin juga dapat ditemukan dalam beberapa jenis makanan dan minuman.

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kadar asam urat, yaitu makanan dan minuman yang mengandung purin. Makanan dapat dikatakan mengandung purin tinggi jika memiliki kadar purin lebih dari 200mg per 100 gram berat makanan.

Namun jangan khawatir, saat ada tanda-tanda asam urat naik, kita bisa menggunakan cara alami untuk menurunkan asam urat. Cara menurunkan asam urat secara alami dilakukan dengan konsumsi buah-buahan tertentu.

Mengutip Kompas.com, sejumlah buah-buahan bermanfaat untuk membantu menurunkan asam urat tinggi secara alami. Berikut cara menurunkan asam urat secara alami yang bisa Anda coba:

1. Buah ceri

Cara menurunkan asam urat secara alami yang pertama adalah konsumsi buah ceri. Menurut Health Central, buah ceri dapat membantu menurunkan asam urat dalam tubuh.

Sebab, buah ini memiliki kandungan purin yang rendah. Penelitian telah menunjukkan bahwa ceri dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah dan mengurangi risiko serangan asam urat.

2. Buah pisang

Cara menurunkan asam urat secara alami yang kedua adalah konsumsi buah pisang. Menurut sejumlah penelitian, buah manis dan legit satu ini mengandung sedikit purin dan kaya vitamin C.

Penelitian dari Departemen Pertanian AS menunjukkan bahwa satu buah pisang mengandung 14,1 mg vitamin C dan memenuhi sekitar 16 persen dari kebutuhan harian seseorang. Kandungan vitamin C pada buah pisang ini bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah dan mengurangi risiko serangan asam urat berulang.

3. Buah jeruk

Cara menurunkan asam urat secara alami yang ketiga adalah konsumsi buah jeruk. Australian Menopause Centre menyatakan buah jeruk juga bisa membantu menurunkan asam urat dalam tubuh karena kaya akan vitamin C.

Vitamin C dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah dan mencegah kambuhnya asam urat. Penelitian menunjukkan bahwa setidaknya 1000mg vitamin C per hari dapat mengurangi kadar asam urat dan membantu meredakan asam urat.

Selain buah jeruk, Anda juga bisa mengonsumsi jenis buah jeruk lain, seperti jeruk bali.

4. Apel

Cara menurunkan asam urat secara alami yang keempat adalah konsumsi buah apel. Menurut Live Strong, buah-buahan yang mengandung tingkat oksalat tinggi dapat menyebabkan batu ginjal, terutama jika Anda menderita asam urat.

Ahli diet menyarankan agar Anda mengonsumsi buah-buahn yang mengandung oksalat dalam jumlah rendah, yakni sekitar 5-10 mg per porsi. Berikut buah-buahan yang mengandung oksalat yang rendah, di antaranya: apel, aprikot segar atau kalengan, melon, anggur merah dan hijau, persik, nanas, dan semangka.

Itulah standar asam urat wanita yang berbeda dibandingkan dengan laki-laki. Ingat jika ada tanda-tanda asam urat tinggi, segera hubungi dokter dan konsumsi buah-buahan di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×