Covid-19

Sosialisasi pencegahan Covid-19, perlu relawan non nakes

Senin, 14 Juni 2021 | 08:20 WIB   Reporter: Adrianus Octaviano
Sosialisasi pencegahan Covid-19, perlu relawan non nakes

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah terus berupaya dalam menghentikan wabah virus corona yang masih belum berakhir di Indonesia bahkan global. Salah satu upaya dilakukan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) adalah merekrut para relawan untuk membantu tugas mereka dalam mengedukasi masyarakat untuk memutus rantai penularan.

Eriek Pratama, salah satu karyawan perusahaan swasta, mengungkapkan  pernah bertemu dengan relawan BNPB yang bertugas seperti itu. Waktu itu, dia bertemu mereka saat sedang menjadi relawan bidang IT di Wisma Atlet Kemayoran tahun lalu.

Sejatinya, Eriek tidak mengetahui secara detail tugas atau workflow yang mereka lakukan saat itu. Hanya saja, ia mendukung edukasi terhadap masyarakat mengenai pencegahan karena itu merupakan salah satu cara untuk membantu penanganan covid-19.

Baca Juga: Selain menjaring relawan Covid-19, ini upaya yang bisa dilakukan pemerintah

“Seiring pengetahuan masyarakat yang bertambah semakin tinggi pula masyarakat mempunyai peran penting dalam penanganan covid-19 ini,” ujar Eriek kepada Kontan.co.id.

Hanya saja, saat ini Eriek belum bisa meluangkan waktu kembali untuk menjadi relawan karena sudah ada kesibukan dan tanggungjawab pekerjaan. Oleh karena itu, ia hanya bisa sedikit memberikan tips untuk masyarakat yang tertarik untuk jadi relawan sesuai dengan pengalamannya tahun lalu ketika di Wisma Atlet.

“Secara umum yang pasti setiap relawan harus punya rasa kepedulian, ikhlas dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas nantinya,” pungkasnya.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Selanjutnya: Pandemi belum berakhir, relawan covid-19 sangat dibutuhkan

 

Editor: Herlina Kartika Dewi
Terbaru