kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Simak tips membersihkan rumah setelah kebanjiran


Kamis, 02 Januari 2020 / 13:52 WIB
Simak tips membersihkan rumah setelah kebanjiran
ILUSTRASI. Banjir di Harapan Baru Pejuang, Kota Bekasi (1/1/2020)

Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hujan deras yang melanda sebagian wilayah di Indonesia, termasuk Jabodetabek, membuat sejumlah pemukiman warga dilanda banjir.
Hingga hari ini sejumlah lokasi masih terendam banjir meski sebagian mulai surut.

Setelah air perlahan surut, selanjutnya adalah menghadapi tugas berat membersihkan seisi rumah dan perabotan. Apalagi air serta lumpur dan kotoran yang masuk bisa merusak perabotan, dinding, struktur rumah lainnya, dan mengganggu kesehatan di lingkungan dalam rumah.

Ingatlah bahwa beberapa perabotan memerlukan perlakuan berbeda dari perabotan lainnya karena lebih mudah rusak, seperti karpet, kertas dinding, furnitur, dan lainnya. Lalu, apa yang harus dilakukan ketika harus membersihkan bekas banjir di dalam rumah?

Berikut tipsnya, seperti dilansir dari laman floodsafety.com:

1. Hubungi pihak asuransi

Jika rumah Anda dilindungi oleh asuransi, hubungilah pihak asuransi dan tanyakan kerusakan apa saja yang dapat ditangani. Jika sudah mendapatkan informasinya, buatlah daftar kerusakan barang dan dokumentasikan menggunakan foto atau video.

Sebab, Anda membutuhkan dokumen lengkap untuk mengklaim asuransi tersebut.

Baca Juga: Apa kata Fahri Hamzah soal banjir Jakarta kali ini?

2. Barang terkontaminasi lumpur

Bersihkan lumpur-lumpur yang masuk sebersih mungkin, kemudian gunakan semprotan kebun atau selang untuk membersihkannya secara maksimal.

3. Bersihkan setiap permukaan

Setelah rumah bersih dari lumpur, bersihkan rumah dan permukaan perabotan. Lap permukaan tersebut menggunakan air panas dan sabun pembersih. Jika perlu, lakukan disinfeksi menggunakan larutan 1/4 cangkir pemutih klorin per galon air atau produk yang diberi berlabel desinfektan untuk membunuh kuman.

4. Dapur

Rendam gelas, barang berbahan porselen, alat makan plastik, dan enamel selama 10 menit dalam larutan desinfektan sebanyak dua sendok makan pemutih klorin per galon air panas. Kemudian, keringkan dengan cara diangin-anginkan dan jangan menggunakan handuk.

Bersihkan perak, peralatan logam, panci, dan wajan dengan cara direbus dalam air selama 10 menit. Pemutih klorin tidak boleh digunakan untuk peralatan ini karena bisa bereaksi dengan logam dan membuatnya menjadi gelap.

Lemari-lemari di dapur perlu dibersihkan dan dibilas dengan larutan pemutih klorin sebelum menyimpan piring.

Baca Juga: Banjir melanda Jakarta, begini respon Grab dan Gojek

5. Furnitur dan peralatan rumah tangga

Bawa furnitur, karpet, tempat tidur, dan pakaian ke luar untuk dikeringkan sesegera mungkin. Gunakan AC atau alat penghilang lembap untuk menghilangkan kelembaban atau membuka setidaknya dua jendela untuk ventilasi dengan udara luar.

Gunakan kipas angin untuk mengalirkan udara di rumah. Jika jamur telah berkembang, singkirkan benda-benda di luar rumah untuk mencegah spora berserakan di rumah yang terendam banjir.

Vakum lantai, langit-langit dan dinding untuk menghilangkan jamur, lalu bersihkan dengan disinfektan. Kenakan masker pelindung mencegah spora jamur masuk ke saluran pernafasan.

Kasur sebaiknya dibuang. Sementara mebel berlapis kain menyerap kontaminan dari air banjir sehingga harus dibersihkan oleh profesional.




TERBARU

Close [X]
×