kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak, ini 4 penyebab benjolan di belakang telinga


Rabu, 27 Januari 2021 / 16:09 WIB
Simak, ini 4 penyebab benjolan di belakang telinga


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak penyebab benjolan di belakang telinga yang perlu Anda waspadai. Mulai dari kelenjar getah bening yang bengkak, infeksi, kanker, dan lain sebagainya. Namun, Anda tak perlu khawatir karena beberapa benjolan bisa sembuh sendiri, misalnya jerawat.

Tak hanya di wajah, jerawat juga bisa muncul di belakang telinga Anda. Masalah kulit itu dimulai dengan pori-pori kulit yang tersumbat. Setelah terkontaminasi dengan sel kulit mati dan bakteri, masalah tersebut berubah menjadi jerawat.

Meski jerawat adalah masalah kulit yang sering terjadi, Anda tidak boleh mengabaikannya dan harus merawatnya dengan benar. Jika tidak, jerawat dan berbagai jenis benjolan lain bisa mengganggu kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getah bening adalah salah satu bagian sistem imun yang berada di banyak bagian tubuh, termasuk belakang telinga. Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), benjolan di belakang telinga terjadi saat benda asing menyerang kelenjar getah bening.

Sama seperti jerawat, pembengkakan kelenjar getih bening adalah hal yang wajar. Namun, saat pembengkakan terus berlangsung lebih dari dua minggu dan kondisinya semakin parah, segera periksakan diri ke dokter.

Baca Juga: Catat, penyebab benjolan di bawah dagu ini bisa Anda alami

Infeksi

Infeksi bisa terjadi di bagian tubuh mana pun, tak terkecuali bagian belakang telinga. Benjolan terbentuk karena penumpukan sel darah putih yang berusaha untuk melawan infeksi tersebut. Selain benjolan, infeksi dapat pula menimbulkan gejala yang lain.

Mulai dari terbentuknya kotoran telinga yang lebih banyak dari batas normal, sakit kepala, demam tinggi, hingga kehilangan pendengaran. Jika mengalami gejala-gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter agar mendapat perawatan yang tepat.

Baca Juga: 4 Penyebab benjolan di bibir yang bisa Anda alami

Lipoma

Medical News Today menyebutkan bahwa lipoma faktor lain yang menyebabkan benjolan di belakang telinga. Kondisi tersebut tidak berbahaya, tidak menyebar, dan tidak bersifat kanker. Benjolan juga tidak menimbulkan rasa sakit, kecuali jika terbentuk di sekitar saraf.

Kista

Selain beberapa faktor di atas, benjolan juga bisa disebabkan oleh kista. Kista adalah kantung berisi cairan yang terbentuk di sekitar area kulit. Namun, kemunculan kista tak menetap di satu tempat dan bisa berpindah-pindah. Maka dari itu, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasinya.

Selanjutnya: Muncul benjolan di leher kiri? Ini penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×