kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Muncul benjolan di leher kiri? Ini penyebabnya


Senin, 25 Januari 2021 / 08:29 WIB
Muncul benjolan di leher kiri? Ini penyebabnya


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Benjolan di leher kiri, kanan, dan tengah bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari inflamasi, infeksi, tumor, dan lain sebagainya. Biasanya, kondisi itu muncul akibat adanya gangguan pada kelenjar getah bening.

Kelenjar getah bening tersebar di seluruh tubuh. Namun, benjolan lebih sering muncul di bagian leher, ketiak, dan selangkangan. Berdasarkan penyebabnya, benjolan muncul dengan tekstur dan ukuran yang beragam.

Tak hanya bisa menimbulkan rasa sakit, benjolan juga dibarengi dengan gejala yang lain. Mulai dari berwarna merah dan terasa hangat hingga mengeluarkan cairan atau nanah. Selain memerhatikan gejalanya, Anda juga perlu mengetahui faktor penyebab supaya bisa mendapat perawatan yang tepat.

Infeksi

Mengutip dari Health Grades (healthgrades.com), infeksi virus dan bakteri adalah penyebab umum munculnya benjolan di leher kiri atau kanan. Kondisi itu dapat muncul karena flu, infeksi telinga, radang amandel, strep throat, dan lain sebagainya.

Meski jarang terjadi, ada beberapa penyakit lain yang bisa menimbulkan kondisi yang sama. Mulai dari HIV/AIDS, infeksi kelenjar ludah, sifilis, atau TBC. Jika terus dibiarkan, tentu saja kondisi itu bisa mengganggu kesehatan bagian tubuh yang lain.

Baca Juga: 4 Penyebab benjolan di bibir yang bisa Anda alami

Penyakit Autoimun

Selain infeksi, penyakit autoimun juga dapat menyebabkan munculnya benjolan di leher. Beberapa jenis penyakit autoimun yang dimaksud adalah penyakit lupus, rheumatoid arthtritis, penyakit grave, dan lain-lain.

Gigitan Serangga

Benjolan di leher kiri juga bisa disebabkan oleh gigitan serangga, lo. Jenis kecelakan itu menimbulkan hematoma atau penggumpalan darah di satu lokasi saja. Untuk mengatasinya, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat obat yang tepat.

Kista

Health Grades mengatakan bahwa benjolan dapat pula muncul akibat kista. Kista merupakan kantung berisi cairan yang muncul di bawah kulit. Sebagian kista bisa muncul ketika seseorang lahir. Namun, untuk kasus yang lain, kista muncul akibat peradangan atau tumor.

Baca Juga: Penyebab benjolan di punggung ini perlu Anda waspadai

Tumor dan Kanker

Penyebab benjolan di leher selanjutnya yang perlu Anda waspadai adalah tumor dan kanker. Anda perlu melakukan tes biopsi untuk melihat apakah tumor yang menyebabkan benjolan berpotensi sebagai kanker atau tidak.

Saat benjolan muncul akibat gangguan tumor atau kanker pada kelenjar getah bening, produksi hormon dalam tubuh akan terganggu. Cobalah untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika memiliki benjolan disertai gejala yang lain untuk mencegah kondisi kesehatan yang semakin parah.

Selanjutnya: Kanker kelenjar getah bening, apa penyebab dan diagnosanya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×