kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Simak enam tips meningkatkan sistem kekebalan tubuh di musim hujan


Jumat, 03 Januari 2020 / 14:42 WIB
Simak enam tips meningkatkan sistem kekebalan tubuh di musim hujan
ILUSTRASI. Membangun dan memertahankan rutinitas yang sehat dapat memberikan dampak besar pada kesehatan kekebalan tubuh.

Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketika kita memasuki musim penghujan, ini adalah waktu yang ideal untuk melihat kebiasaan sehari-hari keluarga dan membangun kebiasaan baru untuk memulai gaya hidup sehat. Membangun dan mempertahankan rutinitas yang sehat dapat memberikan dampak besar pada kesehatan kekebalan tubuh, dan ketika sistem kekebalan tubuh didukung, semua orang di keluarga akan dapat merasakan dan menjadi diri terbaik mereka. 

1. Cuci tangan sesering mungkin 

Mencuci tangan seringkali dianggap remeh, tetapi ini sangat penting! Sering mencuci tangan membantu mengurangi paparan awal terhadap tantangan kekebalan tubuh. Pastikan untuk mencuci selama 20-30 detik dengan air hangat dan sabun antibakteri. 

Baca Juga: Vaksin Influenza, pentingkah?

2. Dapatkan tidur yang berkualitas 

Sering diabaikan, tetapi penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dalam kondisi prima adalah mendapatkan tidur yang cukup memulihkan. Orang dewasa harus mengisi setidaknya 7-8 jam setiap malam, dan anak-anak biasanya membutuhkan 9-11 jam. 

Dengan jadwal sibuk dan daftar tugas yang panjang, ini lebih gampang diucapkan daripada dilakukan. Jika Anda atau anak-anak kesulitan tidur, cobalah menggabungkan rutinitas tidur yang sehat, seperti mematikan semua layar setidaknya satu jam sebelum tidur, mandi air hangat atau mengatur waktu tidur yang sama setiap malam. 

Tubuh kita merespons dengan baik rutinitas rutin. 

Baca Juga: Awas, banyak makan daging merah olahan bisa meningkatkan risiko kanker

3. Tingkatkan nutrisi 

Makan berbagai macam buah-buahan dan sayuran kaya antioksidan untuk membantu mencegah munculnya penyakit. Konsumsi makanan seperti kangkung, blueberry, bayam, dan buah jeruk. 

Jika ini sebuah tantangan, atau jika di rumah ada si pemilih makanan, cobalah membuatnya menjadi smoothie. Anda juga bisa menambahkan pisang dan mangga untuk mempermanis rasa. 

4. Konsumsi vitamin C 

Jangan meremehkan vitamin C, pembangkit tenaga listrik dalam mendukung respons kekebalan tubuh yang sehat. Vitamin C terakumulasi dalam sel-sel kekebalan tertentu yang membantu membentuk tim pertahanan kita. 

Menariknya, vitamin ini juga disimpan di kelenjar adrenal, di mana ia digunakan untuk membuat hormon stres. Jadi, masuk akal bahwa ketika Anda berada di bawah stres tambahan, Anda mungkin ingin menambah vitamin C. 

Tambahan vitamin adalah cara yang enak dan mudah bagi keluarga untuk mendapatkan tambahan yang mereka butuhkan. 

Baca Juga: Menghidupkan kipas angin saat tidur dapat menimbulkan masalah kesehatan

5. Pertimbangkan untuk menggunakan elderberry 

Buah berry ungu yang indah ini telah digunakan selama ratusan tahun untuk mendukung kesehatan kekebalan tubuh yang optimal dan merupakan sumber anthocyanin yang sangat baik. Jenis flavonoid yang juga ditemukan dalam blueberry dan raspberry

6. Jaga kesehatan usus 

Dengan 70%-80% dari sistem kekebalan yang berada di sepanjang saluran pencernaan, ada hubungan yang kuat antara mikrobiota usus dan kesehatan secara keseluruhan. Sederhananya, ketika bakteri usus benar-benar seimbang, maka kita memiliki populasi bakteri menguntungkan yang berkembang yang mendukung sistem kekebalan tubuhmu. 

Baca Juga: Awas bahaya penyakit dari kencing tikus saat musim banjir

Carilah suplemen probiotik berkualitas untuk meningkatkan sistem kekebalan seluruh keluarga. (Dian Reinis Kumampung)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul 6 Tips Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Keluarga di Musim Hujan.




TERBARU

Close [X]
×