kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak! Cara Menjaga Kesehatan Mental dan Menghilangkan Stres, Mau Coba?


Kamis, 19 Mei 2022 / 11:21 WIB
Simak! Cara Menjaga Kesehatan Mental dan Menghilangkan Stres, Mau Coba?
ILUSTRASI. konsultasi dengan konselor adalah salah satu cara menjaga kesehatan mental.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Menjaga kesehatan mental dan menghilangkan stres adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Untuk itu Anda perlu mengetahui cara menjaga kesehatan mental dan menghilangkan stres.

Pasalnya, stres bisa memicu munculnya berbagai penyakit yang membahayakan kesehatan. Namun, tak jarang stres atau kesehatan mental cenderung kurang menjadi perhatian. 

Padahal, jika dibiarkan stres berkepanjangan dapat berdampak buruk bagi kesehatan mental sekaligus fisik. 

Baca Juga: 8 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan, Mampu Menurunkan Kolesterol

Jika Anda dapat mengelola stres dengan baik, akan membuat hati lebih tenang dan bahagia menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari. 

Merangkum dari Sutter Health, ada beberapa cara menghilangkan stres dan menjaga kesehatan mental yang bisa Anda lakukan. Di antaranya: 

Seimbangkan Pekerjaan dan Waktu Luang

Cara menghilangkan stres pertama adalah dengan menyeimbangkan pekerjaan dengan waktu luang. Luangkan waktu sejenak untuk menikmati kehidupan diluar pekerjaan baik sendiri maupun bersama orang lain.

Olahraga Teratur

Menggerakkan tubuh Anda secara teratur dapat menyeimbangkan sistem saraf dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga membantu menghilangkan stress. Contohnya, Anda bisa berjalan kaki 20 menit setiap hari atau melakukan berbagai jenis olahrga yang Anda sukai.

Konsumsi Makanan Sehat 

Mengkonsumsi makanan sehat merupakan salah satu cara untuk menghilangkan stres loh. Selain itu Anda juga disarankan untuk mengurangi atau menghindari mengkonsumsi alkohol, kafein dan makanan olahan yang mengandung gula berlebih karena tidak baik untuk kesehatan.

Baca Juga: 7 Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Melakukan Hobi

Apakah Anda suka berkebun, membaca, mendengarkan musik, atau kegiatan kreatif lainnya? Melakukan kegiatan yang memberi Anda kesenangan dan kegembiraan alias hobi dapat menghilangkan stres loh. 

Dilansir Sutter Helath, penelitian menunjukkan bahwa melakukan hobi dapat mengurangi stres hampir setengahnya dan juga menurunkan detak jantung Anda.

Meditasi

Anda juga bisa melakukan meditasi untuk menghilangkan stres. Salah catu contohnya, Anda bisa melakukan yoga atau berbagai teknik relaksasi lainnya.

Tidur yang Cukup

Jika Anda tidur kurang dari tujuh hingga delapan jam per hari, tubuh Anda tidak akan mentolerir stres sebaik mungkin. Pasalnya, tidur yang cukup sangat berpengaruh untuk mengurangi stres dan membuat tubuh serta pikiran istirahat.

Baca Juga: 8 Manfaat Seledri Untuk Kesehatan, Mampu Mengurangi Risiko Kanker Loh

Berlibur

Belibur menjadi salah satu cara yang cukup populer untuk menghilangkan stres. Anda bisa berlibur sejenak dari rutinitas yang membuat Anda stres.

Pasalnya, Menjauh dari itu semua dapat mengatur ulang toleransi stres Anda dengan meningkatkan kesehatan mental dan emosional Anda, yang membuat Anda menjadi orang yang lebih bahagia dan lebih produktif setelah kembali. 

Temui Konselor, Pelatih, atau Terapis

Jika Anda mengalami stres yang berkepanjangan, disarankan untuk segera datangi atau cari terapis, pelatin atau konselor yang bisa membantu Anda dengan mengatasi masalah yang Anda alami. Hal tersebut akan lebih efektif menghilangkan stres sekaligus menjaga kesehatan mental Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×