kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Simak cara membersihkan paru-paru untuk perokok aktif maupun pasif


Selasa, 12 November 2019 / 09:54 WIB
Simak cara membersihkan paru-paru untuk perokok aktif maupun pasif
ILUSTRASI. Sebagai salah satu organ yang perannya sangat vital di tubuh, paru-paru tentu perlu kita jaga kesehatannya.

Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagai salah satu organ yang perannya sangat vital di tubuh, paru-paru tentu perlu kita jaga kesehatannya. Bagi yang sering terpapar udara kotor seperti polusi dan memiliki kebiasaan merokok, cara membersihkan paru-paru di bawah ini bisa dilakukan untuk membantu menjaga fungsi paru-paru.

Ya, paru-paru kita bisa dibersihkan. Namun, bukan dengan obat, suplemen, jamu, ataupun produk detoks yang banyak beredar di pasaran.

Membersihkan paru-paru, sebenarnya dilakukan melalui usaha untuk menjaganya agar tetap sehat. Pada dasarnya, paru-paru bisa membersihkan dirinya sendiri. Sehingga, yang perlu kita lakukan adalah memastikan bahwa organ ini bisa bekerja dengan baik.

Baca Juga: Hati-hati, mengisap vape bisa merusak pembuluh darah

Apabila kita sering terpapar polusi, seperti asap kendaraan atau asap motor, maka dada bisa terasa sesak, saluran pernapasan tersumbat, dan terjadi peradangan. Hal ini menyebabkan paru-paru mengeluarkan lendir atau mukus, untuk menangkap bakteri dan kuman yang ada di paru-paru.

Selain itu, bronkus dilapisi dengan rambut yang disebut silia, yang bertugas untuk menggerakkan mikroba serta kotoran untuk dapat naik dan keluar dari saluran udara. Cara membersihkan paru-paru di bawah ini, akan membantu menyingkirkan tumpukan lendir di paru-paru serta bakteri dan kuman, sehingga berbagai gejala gangguan pernapasan bisa reda.

Beberapa metode ini juga dapat membantu membuka saluran napas, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan mengurangi peradangan yang terjadi di paru-paru akibat polusi dan rokok.  Ada beragam cara membersihkan paru-paru yang bisa dilakukan agar fungsi paru-paru bisa terjaga kesehatannya, seperti di bawah ini.

1. Berhenti merokok

Berhenti merokok adalah cara membersihkan paru-paru yang paling efektif. Sebab, begitu berhenti merokok, paru-paru akan langsung memulai proses untuk membersihkan dirinya sendiri.

Sehingga, apakah Anda baru merokok selama 2 hari ataupun 20 tahun, menghentikan kebiasaan tersebut adalah tahap pertama untuk mendapatkan paru-paru yang lebih sehat dan bersih. Berhenti merokok juga akan mengurangi risiko terkena penyakit paru-paru yang berbahaya.

Baca Juga: Tak selalu bikin gemuk, lemak justru bisa bantu diet

2. Berolahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur sudah menjadi bagian dari gaya hidup sehat, yang tentunya penting untuk menjaga kesehatan paru-paru. Bagi yang merokok, maupun yang memiliki penyakit paru kronis, berolahraga bisa membantu proses restorasi paru dan berkontribusi terhadap kesembuhan.

3. Terapi uap

Terapi uap dilakukan dengan menghirup uap hangat yang berguna untuk membuka jalan napas, serta membantu lendir-lendir di paru untuk mengering dan hilang. Uap air yang digunakan juga bisa menambah kehangatan dan kelembapan di ruangan, sehingga pernapasan akan terasa lebih lega.

Meski begitu, metode ini hanya dapat menjadi solusi sementara, dan tidak terbukti memberikan efek positif secara jangka panjang untuk paru-paru.


Tag

Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×