kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,47   7,12   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak 8 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan, Jangan Lewatkan!


Minggu, 20 November 2022 / 10:15 WIB
Simak 8 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan, Jangan Lewatkan!


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah pepaya untuk kesehatan sudah tak perlu diragukan lagi. Selain mempunyai segudang manfaat, buah pepaya juga enak untuk dikonsumsi karena punya rasa manis yang khas.

Banyaknya manfaat yang terkandung dalam buah pepaya berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Contohnya, seperti mengandung banyak serat, vitamin, protein dan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh lainnya.

Tak hanya itu buah pepaya juga kerap dijadikan salah satu jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi saat diet menurunkan berat badan.

Baca Juga: Catat 5 Manfaat Daun Jeruk Untuk Kesehatan yang Cukup Menarik Perhatian

Selain mempunyai banyak manfaat buah pepaya juga memiliki rasa manis yang lezat dan menyegarkan. Tidak heran pepaya kerap dijadikan buah untuk rujak, asinan, hingga jus. 

Melansir dari ETimes, terdapat beberapa manfaat mengkonsumsi buah pepaya bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. 

1. Membantu Menurunkan Berat Badan 

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, mengkonsumsi buah pepaya adalah hal yang tepat. 

Pasalnya, buah pepaya sangat rendah kalori dan mengandung banyak serat yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan saluran pencernaan yang sehat dan sistem kekebalan tubuh, buah pepaya membantu menurunkan berat badan secara menyeluruh.

Baca Juga: 5 Manfaat Melinjo Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

2. Baik untuk Kesehatan Mata

Buah Pepaya mengadung vitamin A, antioksidan dan kaya akan serat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mata. Kandungan vitamin A dalam buah pepaya dapat melindungi kornea sedangkan antioksidan dapat mengurangi degenerasi retina. 

3. Melancarkan Pencernaan

Dengan banyaknya kandungan air dan serat di dalam buah pepaya, tak heran jika ternyata mengkonsumsi buah ini membantu melancarkan pencernaan. 

Selain itu, buah pepaya juga mengandung banyak enzim yang membantu memecah makanan dan melindungi jaringan yang melapisi saluran pencernaan.

Baca Juga: Catat 5 Obat Sakit Tenggorokan Alami yang Mudah Dicari, Simak!

4. Mencegah Penuaan

Mengkonsumsi buah pepaya juga bermanfaat untuk mencegah penuaan loh. Pasalnya, pepaya mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang baik juga untuk kesehatan kulit dan membuat kulit lebih cerah. 

5. Meningkatkan Imunitas

Buah Pepaya mengandung banyak nutrisi dan keuntungan kolektif dari mereka adalah peningkatan sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Salah satu kandungan nutrisi tersebut adalah vitamin C yang berperan untuk meningkatkan imunitas, sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

Baca Juga: Kenali 7 Obat Jerawat Alami yang Ampuh dan Mudah Dicari

6. Menjaga Kesehatan Ginjal

Mengkonsumsi pepaya secara rutin juga baik untuk kesehatan ginjal. Kalium yang ada dalam pepaya adalah pendukung besar kesehatan ginjal. 

Hal tersebut dikarenakan pepaya dapat  membersihkan racun yang disimpan di ginjal dan mengurangi akumulasi asam urat dalam darah. 

7. Menurunkan Diabates

Buah Pepaya juga merupakan salah sayu buah yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Meskipun buah tropis ini terkenal dengan rasa manisnya, buah ini sangat bagus untuk penderita diabetes atau ingin mengurangi risiko terkena diabetes. 

Manisnya alami dan tidak seperti buah-buahan lainnya, ia memiliki kandungan gula yang rendah serta kadar glukosa yang rendah. Sifatnya yang mengenyangkan memastikan pikiran dan tubuh yang kenyang, dan dalam jangka panjang, menghentikan Anda dari mengidam makanan yang bisa berbahaya bagi pasien diabetes. Dengan nutrisi berkualitas tinggi dan berbagai manfaat kesehatan sekaligus menjaga kadar gula darah dan kolesterol.

Baca Juga: 9 Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan, Cek!

8. Mencegah Penyakit Jantung

Buah Pepaya mengandung banyak antioksidan dan fitokimia yang bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko serangan jantung. 

Tidak hanya itu, kandungan vitamin C, serat, dan potasium meningkatkan aliran darah yang sehat dan menjaga arteri tetap sehat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×