kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45858,63   -4,24   -0.49%
  • EMAS1.341.000 0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak 6 Manfaat Kluwek, Salah Satunya Khasiatnya Baik Untuk Kesehatan Jantung


Rabu, 29 Mei 2024 / 16:39 WIB
Simak 6 Manfaat Kluwek, Salah Satunya Khasiatnya Baik Untuk Kesehatan Jantung
ILUSTRASI. Manfaat Kluwek


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat kluwek untuk meningkatkan kesehatan jantung termasuk salah satu khasiat yang penting diketahui. Tak hanya itu, masih banyak manfaat dan khasiat kluwek lain yang bisa didapatkan.

Kluwek, juga dikenal sebagai keluak, adalah salah satu bahan makanan yang kaya akan manfaat kesehatan, namun masih belum begitu dikenal di luar wilayah Asia Tenggara. 

Buah kluwek ini berasal dari pohon yang tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Kluwek memiliki rasa yang unik dan digunakan dalam berbagai hidangan tradisional, terutama dalam masakan khas Indonesia, seperti rawon dan rendang.

Baca Juga: Rekomendasi 4 Kamera Pocket Terbaik Tahun 2024, Catat Ya!

Melansir dari Health Benefits Times, berikut beberapa manfaat kluwek untuk kesehatan:

Sumber Antioksidan

Kluwek mengandung senyawa antioksidan, seperti fenol dan flavonoid, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat merusak sel-sel tubuh dan menjadi penyebab berbagai penyakit, termasuk kanker, penyakit jantung, dan penuaan dini. Dengan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan, seperti kluwek, Anda dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif.

Potensi Anti-Inflamasi

Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa ekstrak kluwek dapat memiliki sifat anti-inflamasi. Ini berarti kluwek dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang merupakan faktor risiko bagi berbagai gangguan kesehatan, termasuk penyakit autoimun dan arthritis.

Baca Juga: Rekomendasi 4 Kamera Canon Terbaik Tahun 2024, Mau Beli?

Meningkatkan Kesehatan Otak

Kluwek juga mengandung vitamin B kompleks, seperti niacin (vitamin B3), yang penting untuk kesehatan otak. Niacin membantu meningkatkan fungsi kognitif dan dapat membantu mencegah gangguan neurologis seperti demensia.

Membantu Menyokong Kesehatan Kulit

Beberapa produk perawatan kulit mengandung ekstrak kluwek karena potensinya dalam menjaga kesehatan kulit. Kluwek mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi peradangan dan iritasi kulit serta mempromosikan penyembuhan luka.

Baca Juga: Manfaat Buah Langsat Untuk Melancarkan Pencernaan, Cek 6 Khasiat Lainnya

Menjaga Kesehatan Jantung

Kluwek mengandung asam lemak omega-3, yang dikenal baik untuk kesehatan jantung. Asam lemak omega-3 membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah. Ini merupakan faktor penting untuk mencegah penyakit jantung.

Meskipun kluwek memiliki banyak manfaat kesehatan yang menarik, penting untuk diingat bahwa konsumsi dalam jumlah yang berlebihan dapat memiliki efek samping.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Bedah Tuntas Sengketa Pajak WP Badan: Pemeriksaan Pajak, Keberatan dan Banding di Pengadilan Pajak Mastering Financial Modeling

[X]
×