kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45932,69   4,34   0.47%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak 6 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?


Sabtu, 19 November 2022 / 10:15 WIB
Simak 6 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah durian untuk kesehatan seperti masih belum diketahui kebanyakan orang. Padahal, mengkonsumsi buah durian juga dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan loh. 

Meski memiliki manfaat, sebaiknya tidak disarankan untuk mengkonsumsi buah durian secara berlebihan karena berisiko menimbulkan efek samping. 

Selain mempunyai manfaat untuk kesehatan, buah durian juga memiliki rasa manis yang khas sehingga membuat cukup banyak peminatnya.

Baca Juga: Catat 5 Manfaat Daun Jeruk Untuk Kesehatan yang Cukup Menarik Perhatian

Oleh sebab itu, tak jarang juga buah durian kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti kue, es krim, hingga berbagai penyedap rasa makanan dan minuman.

Manfaat buah durian untuk kesehatan sendiri tak lepas dari berbagai macam kandungan nutrisi di dalamnya. Di antaranya seperti vitamin C, vitamin B, kalsium, kalium, protein, karbohidrat, serat dan lain-lain.

Lantas apa saja manfaat buah durian untuk kesehatan? 

Melansir dari Health Plus, berikut beberapa manfaat buah durian untuk kesehatan, di antaranya:

1. Meningkatkan Mood

Salah satu manfaat buah durian di antaranya mampu meningkatkan mood dan membuat Anda merasa lebih bahagia dan santai. Pasalnya, sama seperti cokelat buah durian mengandung asam amino triptofan yang mampu meningkatkan mood.

Baca Juga: 5 Manfaat Melinjo Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

2. Mengatur Tekanan Darah 

Buah durian juga memiliki manfaat yang mampu mengatur tekanan darah. Selain itu, buah durian juga mampu mengurangi risiko penyakit jantung stroke hingga gagal ginjal.

Selain itu, buah durian dapat berperan dalam mengatur tekanan darah karena merupakan sumber makanan kalium, elektrolit yang membantu menjaga tingkat tekanan darah.

3. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Mengkonsumsi buah durian juga bermanfaat untuk membantu tidur lebih nyenyak. Pasalnya, buah durian mengandung melatonin yang mampu mengontrol siklus tidur.

Baca Juga: Catat 5 Obat Sakit Tenggorokan Alami yang Mudah Dicari, Simak!

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah durian juga mengandung vanyak vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, kandungan antioksidan dalam buah durian juga mampu melawan radikal bebas dan membantu mengurangi kerutan kulit serta tanda-tanda penuaan.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah durian juga termasuk salah satu buah yang mengandung zat besi, potasium dan kalsium yang bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Sebuah studi oleh Pusat Informasi Bioteknologi Nasional di Amerika Serikat menunjukkan bahwa memiliki asupan zat besi yang lebih tinggi juga membantu meningkatkan kepadatan tulang, menyiratkan bahwa kalsium bukan satu-satunya kontributor untuk menjaga kesehatan tulang. Mineral penting ini dapat membantu dalam pencegahan osteoporosis.

Baca Juga: 9 Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan, Cek!

6. Meningkatkan Energi

Manfaat buah durian selanjutnya yaitu mampu meningkatkan dan menjadi sumber energi tambahan. Selain itu, mengkonsumsi buah durian juga cocok untuk dikonsumsi untuk mengurangi kelelahan dan meredakan kecemasan.

Demikian beberapa manfaat buah durian untuk kesehatan. Meski memiliki banyak manfaat, disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah durian secara berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×