Simak 6 Gejala DBD yang Perlu Diwaspadai, Apa Saja?

Senin, 14 November 2022 | 12:05 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Simak 6 Gejala DBD yang Perlu Diwaspadai, Apa Saja?

ILUSTRASI. Genetically modified male Aedes aegypti mosquitoes are pictured at Oxitec factory in Piracicaba, Brazil, October 26, 2016. REUTERS/Paulo Whitaker TPX IMAGES OF THE DAY


KONTAN.CO.ID - Gejala DBD atau Demam Berdarah Dengue adalah hal yang penting untuk diwaspadai. Selain itu, gejala DBD juga terkadang sulit untuk dikenali karena hampir mirip dengan gejala penyakit demam lainnya.

DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, salah satunya melalui nyamuk Aedes Aegypty dan Aedes Albopictus. Selain itu, penyakit DBD harus segera dilakukan pengobatan karena dapat membahayakan kesehatan. Namun, tak sedikit orang mengabaikan gejala-gejala DBD.

Padahal, banyak sekali kasus DBD yang berdampak fatal karena tidak segera dilakukan pengobatan. Hal tersebutlah yang membuat mengetahui gejala DBD adalah hal yang penting untuk diperhatikan.

Baca Juga: 6 Penyebab Vertigo yang Mungkin Anda Alami, Simak!

Lantas apa saja gejala DBD yang perlu diwaspadai?

Melansir dari laman resmi World Health Organization (WHO), berikut beberapa gejala DBD yang perlu Anda ketahui:

1. Demam Tinggi

Demam tinggi secara mendadak adalah salah satu gejala DBD yang perlu Anda waspadai. Meski demikian, terkadang demam kerap terjadi saat Anda mengalami gangguan kesehatan lainnya. Namun, gejala DBD ini, khususnya demam tinggi tersebut relatif berlangsung lebih lama dari demam biasanya.

Baca Juga: Catat 5 Cara Mencegah Asam Urat Naik, Ampuh!

2. Nyeri Otot dan Sendi

Gejala DBD selanjutnya yang mungkin akan Anda alami adalah otot dan sendi terasa nyeri. Gejala tersebut pasti sangat mengganggu dan membuat Anda tidak nyaman.

Bahkan gejala DBD ini juga tidak hanya menyerang otot dan sendi. Tak sedikit kasus mengalami rasa nyeri di bagian tulang hingga bekalang mata.

3. Sakit Kepala Parah

Jika Anda mengalami sakit kelapa yang cukup parah sebaiknya perlu sedkiti waspada. Pasalnya, sakit kepala parah merupakan salah satu gejala DBD yang paling umum terjadi. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa mengkonsumsi obat alami untuk sedikit meredakan sakit kepala.

Baca Juga: Catat 5 Manfaat Buah Blewah Untuk Kesehatan, Apa Saja?

4. Mual dan Muntal

Salah satu gejala DBD yang paling sering dialami juga Anda timbulnya rasa mual hingga muntah. Hal tersebut dikarenakan virus menyerang sistem pencernaan yang menyebabkan rasa mual dan munta. Gejala DBD ini bisa menyerang orang dewasa hingga anak kecil.

5. Tubuh Cepat Lelah

Gejala DBD selanjutnya yaitu tubuh akan cenderung cepat merasa lelah. Selain itu, sistem imunitas tubuh juga berkurang. Serta biasanya gejala DBD ini akan disertai dengan nafsu makan yang menurun drastis.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan, Yuk Cek!

6. Muncul Ruam Merah

Gejala DBD yang tak boleh terlewatkan adalah munculnya ruam merah. Gejala DBD ini merupakan salah satu gejala yang paling khas dan kerap terjadi. Ruam merah yang disebabkan DBD kerap muncul di beberapa bagian seperti tangan, kaki, dada hingga wajah. 

Jika Anda mengalami ruam merah di beberapa bagian tubuh ataupun gejala DBD lainnya. Jangan ragu untuk segera periksa ke dokter agar segera diberikan pengobatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru