kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak 6 Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung


Sabtu, 02 Juli 2022 / 05:25 WIB
Simak 6 Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID -Jakarta. Perut kembung? Tidak usah khawatir ada beberapa cara mengatasi perut kembung yang ampuh dan patut Anda coba. 

Umumnya, perut kembung sendiri terjadinya karena adanya penumpukan gas di saluran pencernaan. Hal tersebutlah yang akan menimbulkan gejala dan membuat perut tak nyaman.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab perut kembung seperti makanan atau minuman yang dikonsumsi, sembelit dan berbagai masalah pencernaan lainnya.

Baca Juga: Daftar Harga iPad Berbagai Seri Terbaru di iBox per Juli 2022, Ayo Cek!

Pada umumnya perut kembung akan hilang dengan sendirinya tanpa harus mengkonsumsi obat apapun. Namun, hal tersebut tetap perlu diwaspadai jika Anda mengalami perut kembung dalam rentang waktu yang relatif lama. 

Melansir dari Medical News Today, terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi perut kembung. Simak cara berikut ini:

Berjalan

Berjalan adalah salah cara yang terbilang cukup efektif mengatasi perut kembung. Pasalnya, dengan berjalan gas yang menumpuk secara terpaksa keluar dengan adanya aktivitas fisik yang dilakukan. 

Menggunakan Essential Oil 

Menggunakan essential oil merupakan cara alternatif untuk mengatasi perut kembung. Bahkan tidak hanya kembung, essential oil bisa membantu mengatasi sakit perut dan berbagai masalah pencernaan lain.

Baca Juga: Simak Daftar Harga Macbook Pro M1 Terbaru di iBox Per Juli 2022

Mengkonsumsi Probiotik

Anda juga bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik untuk mengatasi perut kembung. Pasalnya, nutrisi tersebut baik untuk pencernaan sehingga dapat membantu mengeluarkan gas yang menjadi penyebab perut kembung. 

Hindari Mengkonsumsi Soda 

Cara mengatasi perut kembung selanjutnya disarankan untuk tidak mengkonsumsi minuman bersoda. Alih-alih untuk menghilangkan kembung, minuman bersoda justru mengandung pemanis buatan yang menimbulkan efek perut kembung. 

Kurangi Konsumsi Garam

Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung garam adalah salah satu cara mengatasi perut kembung. Pasalnya, perut kembung juga bisa disebabkan oleh terlalu banyaknya cairan dalam tubuh, oleh karenanya membatasi makanan yang mengandung natrium adalah langkah yang bijak untuk dilakukan.

Baca Juga: Waspada! 4 Ciri-Ciri Penyakit Maag yang Perlu Diketahui Sebelum Menjadi Kronis

Hindari Mengkonsumsi Permen Karet

Selain itu, menghindari konsumsi permen karet juga alternatif untuk mengatasi perut kembung. Hal tersebut dikarenakan kandungan gula dalam permen karet dapat menambah jumlah gas yang bisa membuat perut lebih terasa kembung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×