kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak! 5 Cara Mencegah Asam Urat Naik


Rabu, 27 April 2022 / 14:19 WIB
Simak! 5 Cara Mencegah Asam Urat Naik


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID -Jakarta. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah asam urat naik. Sebelum itu, asam urat merupakan penyakit atau gangguan kesehatan yang umumnya ditandai dengan munculnya rasa sakit di area persendian.

Penderita asam urat biasanya akan merasakan nyeri yang berlebihan di area persendian. Bahkan, jika asam urat sudah parah akan terjadi pembengkakan hingga susah untuk berjalan.

Asam urat adalah kondisi peradangan yang menyakitkan yang disebabkan oleh pembentukan kristal asam urat di persendian. Juga dikenal sebagai artritis gout, kondisi ini dapat terjadi secara tiba-tiba dan paling sering dimulai pada jempol kaki.

Baca Juga: Cek, Daftar Libur Lebaran 2022 dan Cuti Bersama serta Hari Libur Nasional 2022

Jika kondisi penyakit asam urat Anda semakin parah segeralah untuk pergi ke dokter karena berisiko juga merusak ginjal. 

Melansir dari Very Well Health, ada beberapa cara mencegah asam urat yang bisa Anda lalukan. 

1. Merubah Pola Makan 

Untuk orang dengan kadar asam urat yang sedikit meningkat, perubahan pola makan mungkin diperlukan untuk mencegah asam urat. Menghindari dan membatasi makanan yang tinggi purin dapat sangat mengurangi risiko asam urat.   

2. Batasi Asupan Alkohol

Cara mencegah asam urat selanjutnya adalah dengan menjaga atau menghindari minuman beralkohol. Selain berisiko meningkatkan asam urat, membatasi asupn alkohol juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

3. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan berpotensi mengurangi risiko asam urat karena mengurangi kadar asam urat rata-rata seseorang. Selain itu, penurunan berat badan dari operasi bariatrik dan perubahan pola makan menghasilkan hasil positif bagi orang yang berisiko asam urat. 

Baca Juga: Cara Memutihkan Ketiak Hitam, Coba Gunakan 5 Bahan Alami Ini

4. Manajemen Stres

Bagi sebagian orang, stres bisa memicu serangan asam urat. Itu karena tingkat stres dan kecemasan yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan kadar asam urat. 

Mengambil tindakan untuk mengelola stres Anda juga dapat mendukung keadaan pikiran yang lebih tenang dan mengurangi peradangan yang terkait dengan stres.

5. Minum Air Putih

Minum air putih

Air memainkan peran penting dalam mencegah serangan asam urat karena membantu mengeluarkan asam urat dari tubuh dan mencegah penumpukan kristal. Penelitian telah menunjukkan bahwa keringat akibat olahraga mengurangi ekskresi asam urat dan menyebabkan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

Demikian beberapa cara mencegah asam urat yang bisa Anda lakukan dengan mudah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×