Cara Memutihkan Ketiak Hitam, Coba Gunakan 5 Bahan Alami Ini

Selasa, 26 April 2022 | 14:31 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Cara Memutihkan Ketiak Hitam, Coba Gunakan 5 Bahan Alami Ini

ILUSTRASI. Ketiak hitam.


KONTAN.CO.ID -Jakarta. Ketiak hitam adalah masalah yang dapat menurunkan percaya diri serta tidak boleh dianggap sepele. Cara memutihkan ketiak hitam juga gampang-gampang sulit, namun ada beberapa bahan alami yang patut untuk dicoba. 

Ketiak hitam biasanya disebabkan oleh keringat, sehingga terkadang ketiak mengeluarkan aroma yang kurang sedap. Hal tersebut dikarenakan bakteri yang menempel di ketiak menimbulkan infeksi, sehingga kulit ketiak menjadi lebih hitam. 

Cara memutihkan ketiak hitam menggunakan bahan alami relatif mudah diuntuk lakukan. Pasalnya, bahan-bahan yang dibutuhkan merupakan bahan alami rumahan yang mudah dicari di pasaran. 

Baca Juga: Baik Untuk Kesehatan Wajah, Kenali 5 Manfaat Cuka Apel Ini

Berikut beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk memutihkan ketiak hitam yang dilansir dari The Urban Guide: 

Cuka Apel 

Manfaat cuka apel

Cara memutihkan ketiak hitam pertama, Anda bisa menggunakan cuka apel. Pasalnya, cuka apel mengandung asam asetat yang baik untuk kesehatan kulit. 

Selain itu cuka apel juga mengandung antibakteri dan antijamur yang mampu menyingkirkan bakteri. Sehingga dapat memutihkan dan ketiak tampak lebih cerah. 

Kentang

Penggunaan kentang juga dipercaya mampu memutihkan ketiak hitam. Kentang mempunyai kandungan yang dapat membunuh bakteri penyebab ketiak hitam. 

Cara memutihkan ketiak menggunakan juga mudah untuk dilakukan. Pertama, Anda hanya tinggal memotong ketang menjadi ukuran sedang, lalu gosokkan langsung ke area ketiak dan lakukan hal tersebut secara rutin. 

Baca Juga: Diet Menurunkan Berat Badan? Coba 6 Makanan yang Mengandung Banyak Serat Ini

Kulit Jeruk 

Kulit jeruk juga sangat bermanfaat untuk memutihkan ketiak hitam loh. Caranya juga gampang, Anda hanya tinggal mendiamkan kulit jeruk seharian, setelah itu hancurkan kulit jeruk sampai bubuk. Lalu campur dengan air dan oleskan ke area ketiak hitam. 

Lemon 

Air lemon

Selain kulit jeruk, cara memutihkan ketiak hitam lainnya yaitu menggunakan perasan air lemon. Sama halnya seperti cuka apel, perasan air lemon mengandung hal serupa yang mampu membersihkan bakteri dan sel kulit mati. Alhasil, dapat memutihkan dan membersihkan ketiak. 

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mudik Lebaran

Timun 

Cara memutihkan ketiak hitam selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan timun. Hal tersebut dikarenakan timun mempunyai kandungan yang dapat menenangkan kulit yang sering tergesek-gesek membuat ketiak hitam menjadi tampak lebih cerah. 

Sama seperti kentang, Anda hanya tinggal memotong timun menjadi beberapa irisan. Lalu gosokkan timun langsung ke area ketiak hitam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru