kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45992,69   1,09   0.11%
  • EMAS1.132.000 -0,26%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak 10 Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan, Yuk Catat!


Rabu, 21 Desember 2022 / 11:05 WIB
Simak 10 Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan, Yuk Catat!
ILUSTRASI. Manfaat jalan kaki untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada beragam manfaat jalan kaki untuk kesehatan yang menarik dan penting untuk diketahui. Pasalnya, jalan kaki secara rutin mampu memberikan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. 

Jalan kaki kerap kali dianggap sepele dan dipandang sebelah mata, jika dibandingkan dengan berbagai jenis aktivitas olahraga lain. Padahal, jika dilakukan secara rutin jalan kaki di sore hari sangat bermanfaat sesambil mengisi waktu luang. 

Salah satu manfaat berjalan kaki adalah menghilangkan stres dan membuat pikiran lebih santai.

Baca Juga: Prediksi Persebaya Surabaya vs Persis Solo dan Jadwal BRI Liga 1 Pekan 16

Tidak hanya itu, melansir dari Stylecraze berikut beberapa manfaat jalan kaki lainnnya: 

1. Olahraga yang Mudah Dilakukan

Jalan kaki merupakan salah satu olahraga yang sangat mudah dilakukan dan baik untuk kesehatan. Selain itu, jalan kaki juga menjaga tubuh Anda tetap bugar dan meningkatkan energi. 

2. Membuat Pikiran Santai

Setelah hari yang panjang, tidak ada yang lebih baik daripada berjalan-jalan untuk menjernihkan pikiran dan membantu Anda merasa lebih rileks. 

Jalan-jalan sore memungkinkan Anda melatih otot-otot yang tidak banyak Anda gunakan di siang hari. Setidaknya, Anda bisa berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit untuk bisa membantu membuat pikiran Anda lebih tenang dan santai.

Baca Juga: Prediksi Persib Bandung vs Persita dan Jadwal BRI Liga 1 Pekan 16

3. Membuat Tidur Lebih Nyenyak 

Melakukan aktivitasi fisik khususnya berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit dapat memperbaiki kualitas tidur Anda menjadi lebih nyenyak loh. Tidur adalah hal yang tepat penting karena tubuh Anda perlu istirahat. Pasalnya, kurang tidur atau kurang tidur bisa berdampak negatif pada tubuh Anda, maka berjalan kakilah. 

4. Membantu Sistem Pencernaan

Manfaat jalan kaki selanjutnya adalah dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, khususnya setelah Anda makan. Pasalnya, berjalan kaki mampu meningkatkan metabolisme tubuh sekaligus membuat pencernaan menjadi lebih lancar.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2022/2023: Pekan 16 Ada Persikabo 1973 vs Persik

5. Meringankan Sakit Punggung

Jalan kaki juga bisa meredakan sakit punggung. Setelah seharian melakukan tugas atau duduk di kantor Anda, punggung Anda menjadi tegang. Oleh karena itu, berjalan-jalan di penghujung hari dapat membantu menghilangkan kekakuan dan nyeri punggung bawah.

6. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Salah satu manfaat kesehatan terbaik dari jalan kali adalah membantu mengurangi tekanan darah tinggi serta hipertensi. Saat tubuh dan pikiran Anda merasa rileks, tekanan darah Anda akan ikut stabil.

Baca Juga: Simak 5 Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jalan kaki adalah latihan yang membantu setiap bagian tubuh Anda salah satunya meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Artinya, hal tersebut bermanfaat bagi kesehatan dan dapat melawan radikal bebas yang menjadi penyebab munculnya penyakit.

8. Meningkatkan Kekuatan Otot 

Jalan kaki juga mempunyai manfaat dapat membantu Anda memperkuat otot-otot Anda. Ini akan membantu Anda melakukan aktivitas sehari-hari baik di rumah maupun di tempat kerja, khususnya bagi Anda yang melakukan pekerjaan berat.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Terong Belanda Untuk Kesehatan, Yuk Catat!

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat jalan kaki juga dipercaya mampu membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Berjalan-jalan setiap hari dapat membantu Anda menjadi langsing dan juga menjaga berat badan ideal.

10. Menjauhkan Depresi

Berjalan kaki juga mempunyai manfaat yang dapat mencegah atau menjauh Anda dari depresi. Seperti disebutkan sebelumnya, berjalan membantu Anda merasa rileks setelah hari yang panjang. 

Jika pikiran Anda menjadi tenang, Anda mendapatkan kesempatan untuk menyingkirkan semua hal negatif yang muncul. Hal tersebut akan mengurangi risiko depresi selalu membuat Anda lebih ceria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×