Covid-19

Siapkan 3 alat kesehatan ini selama pandemi Virus Corona

Jumat, 18 Juni 2021 | 15:25 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Siapkan 3 alat kesehatan ini selama pandemi Virus Corona

ILUSTRASI. Oximeter jadi salah satu alat kesehatan yang perlu disiapkan di rumah selama pandemi Covid-19. REUTERS/Adnan Abidi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda tidak boleh menyepelekan infeksi Virus Corona. Tak hanya mengganggu sistem pernapasan, Covid-19 juga bisa menimbulkan masalah kesehatan di bagian tubuh yang lain. Selain disiplin menerapkan protokol kesehatan, menyiapkan beberapa alat kesehatan di rumah juga bisa Anda lakukan.

Tujuannya agar Anda bisa mengatasi Covid-19 dengan lebih baik. Apalagi saat Anda perlu melakukan isolasi mandiri di rumah. Menggunakan beberapa alat kesehatan penting dilakukan agar kondisi kesehatan Anda lebih terkontrol.

Anda bisa mengetahui kondisi kesehatan Anda meski hanya mengalami sedikit penurunan. Dengan begitu, Anda bisa meminta pertolongan tenaga kesehatan dengan lebih cepat. Semakin cepat mendapat pertolongan, tentu saja hal itu baik untuk kesehatan tubuh.

Spirometri

Spirometri adalah salah satu alat yang digunakan untuk melihat fungsi paru-paru. Aliran udara yang masuk dan keluar dari paru-paru Anda akan tercatat dalam grafik. Dengan menggunakan spirometri, fungsi paru-paru menjadi lebih terkontrol.

Mengutip dari Pharmeasy (pharmeasy.in), Anda bisa sedikit pusing atau hampir pingsan saat menggunakan spirometri. Hentikan penggunaan spirometri selama beberapa saat ketika Anda mengalami hal tersebut.

Baca Juga: Semakin canggih, GeNose C19 mampu mendeteksi varian Covid D64G

Oximeter

Alat kesehatan lainnya yang perlu Anda siapkan di rumah adalah oximeter. Oximeter adalah alat yang digunakan untuk melihat jumlah oksigen dalam darah. Selain itu, oximeter juga bisa digunakan untuk menghitung detak jantung.

Sebelum memakai oximeter, Pharmeasy merekomendasikan Anda untuk menggosok tangan agar suhunya sama dengan suhu ruangan. Jika oximeter menunjukkan jumlah oksigen di bawah 90%, Anda perlu mendapat tambahan oksigen.

Baca Juga: Terapi plasma konvalesen mampu atasi Pandemi Covid-19?

Tabung Oksigen

Sehubungan dengan poin sebelumnya, Anda juga perlu menyiapkan tabung oksigen di rumah. Tujuannya agar kebutuhan oksigen tambahan bisa tetap terpenuhi jika memang dibutuhkan. Namun, pastikan untuk selalu berkonsultasi dulu dengan tenaga kesehatan sebelum menggunakan tabung oksigen, ya.

Selanjutnya: Kasus Covid-19 melonjak lagi, 6 langkah yang harus dilakukan jika positif corona

Editor: Belladina Biananda
Terbaru