Shampo untuk Rambut Kering dan Cara Mengatasinya yang Perlu Diketahui

Kamis, 19 Januari 2023 | 09:21 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Shampo untuk Rambut Kering dan Cara Mengatasinya yang Perlu Diketahui

ILUSTRASI. Rambut kering


KONTAN.CO.ID - Rambut kering umumnya ditandai dengan keluhan berupa rambut terlihat rusak, kusam, tidak berkilau, mudah kusut atau sulit diatur, dan mudah patah sehingga sering kali terlihat seperti rambut rontok saat disisir. Untuk itu, banyak orang yang ingin mengetahui cara mengatasi rambut kering dan shampo untuk rambut kering. 

Penyebab rambut kering salah satunya adalah bila kulit kepala tidak memproduksi cukup minyak untuk melembapkan rambut.

Selain itu, penyebab rambut kering bila lapisan pelindung rambut (kutikula) mengalami kerusakan. 

Dengan menghindari beragam penyebabnya dan melakukan perawatan rambut yang benar, rambut kering bisa diatasi.

Lantas, bagaimana cara mengatasi rambut kering dan seperti apa kandungan shampo untuk rambut kering?  

Baca Juga: Cara Membersihkan Perhiasan Emas Putih yang Menguning, Bisa Dilakukan di Rumah

Shampo untuk rambut kering

 shampo untuk rambut kering

Dikutip dari Forbes, Penata Rambut Selebriti dan Pendiri Beachwaver Sarah Potempa, menyarankan bahwa shampo untuk rambut kering sebaiknya mengandung sejumlah bahan yang dapat memberikan kelembapan tambahan pada rambut. 

Di antaranya mengandung minyak kelapa, minyak abyssinian, dan shea butter. Dia juga merekomendasikan untuk menghindari kandungan sulfat pada shampo untuk rambut kering, kondisioner, bahkan masker rambut. 

Sebab, kandungan sulfat dalam shampo untuk rambut kering justru membuatnya semakin mudah kering. Selain itu, hindari juga kandungan petroleum untuk shampo untuk rambut kering lantaran dapat merusak kutikula rambut. 

Baca Juga: ​11 Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan dan Cara Membuatnya

Jika kutikula rusak maka bisa menyebabkan rambut kering. Selain itu, shampo untuk rambut kering sebaiknya mengandung dimethicone, zinc pyrithione, dan guar hydroxypropyltrimonium chloride.

Ketiga kandungan tersebut dipercaya dapat melembapkan rambut serta mencegah rambut rontok dan kulit kepala kering yang bisa menjadi pemicu munculnya ketombe.

Beberapa produk shampo untuk rambut kering juga menambahkan beberapa bahan alami, seperti madu dan minyak argan. Kedua bahan alami ini bermanfaat untuk melembapkan dan melembutkan rambut, mencegah rambut patah, serta menjaga kesehatan kulit kepala.

Baca Juga: 4 Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Lepek Berminyak

Cara merawat atau mengatasi rambut kering


 shampo untuk rambut kering

Dirangkum dari laman Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga dan Medical News Today, berikut adalah cara mengatasi rambut kering yang mudah dicoba di rumah:

1. Hindari kebiasaan mencuci rambut terlalu sering

Cara mengatasi rambut kering adalah jangan sering mencuci rambut terlalu sering. Sebaiknya mencuci rambut cukup dua hari sekali atau setiap kali rambut terasa berminyak dan lepek. 

Baca Juga: Baik untuk Kulit, Ini Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Kulit yang Perlu Anda Ketahui

2. Pakai masker rambut

Cara mengatasi rambut kering selanjutnya adalah gunakan masker rambut untuk menutrisi rambut dan kulit kepala. 

Anda bisa mengggunakan masker rambut dengan bahan-bahan alami, seperti minyak zaitun, lidah buaya, atau minyak kelapa. Bahan-bahan ini bisa membuat rambut menjadi lebih lembut dan melembapkan rambut yang kering.

3. Jangan sering terpapar panas

Cara mengatasi rambut kering berikutnya adalah jangan sering terpapar panas. Hindari terlalu sering melakukan penataan rambut yang menggunakan suhu panas, misalnya dengan pengering, pengeriting, atau pelurus rambut.

Saat mandi, sebaiknya hindari juga pemakaian air panas yang terlalu sering. Setelah keramas, Anda cukup mengeringkan rambut dengan handuk secara pelan dan lembut, agar kelembapan rambut tetap terjaga.

Baca Juga: 5 Bahan Alami Terbaik untuk Mengatasi Gejala Eksim, Catat Ya!

4. Lindungi rambut dari sinar Matahari

Kemudian, cara mengatasi rambut kering yakni lindungi dari terpapar sinar Matahari. Untuk mencegah terjadinya rambut kering, sebaiknya hindari kebiasaan berjemur terlalu lama di bawah terik Matahari. 

Apabila harus melakukan aktivitas di bawah sinar UV, biasakan untuk mengenakan pelindung rambut, seperti topi atau payung.

5. Hindari pemakaian produk rambut yang berbahan kimia keras

Selanjutnya, cara mengatasi rambut kering adalah hindari pemakaian produk rambut yang berbahan kimia keras. Sebab, rambut juga bisa kering karena terlalu sering terpapar bahan kimia keras, seperti alkohol, pewangi, atau pewarna. 

Oleh karena itu, Anda perlu cermat dalam memilih produk perawatan rambut. Hindarilah produk rambut yang mengandung isopropyl alcohol, propyl alcohol, propanol atau SD alcohol 40.

Baca Juga: 7 Kandungan Lipstik yang Berbahaya bagi Kesehatan, Sebaiknya Dihindari!

6. Konsumsi makanan yang kaya omega 3 dan antioksidan 

Selain menjajal beragam perawatan rambut kering, cara mengatasi rambut kering yakni dengan menjaga pola makan sehat. Termasuk mengonsumsi makanan yang kaya akan omega 3 dan antioksidan.

Melansir Healthline, kedua zat gizi tersebut bisa menjaga rambut agar lebih kuat dan terlihat lebih sehat. Beberapa makanan yang kaya akan omega 3 di antaranya ikan kembung, salmon, bandeng, tuna, sarden, dan tiram.

Sedangkan sumber antioksidan banyak terdapat dalam kacang merah, brokoli, tomat, dan segala jenis buah beri.

Baca Juga: 4 Minyak Esensial yang Efektif Mencerahkan Kulit

7. Gunakan minyak hangat 

Selanjutnya, menggunakan minyak hangat juga menjadi salah satu cara mengatasi rambut kering. Kalian bisa menggunakan minyak zaitun, minyak kelapa, minyak almond, minyak jarak, minyak jojoba, atau minyak jagung.

Minyak di atas kaya akan vitamin E dan antioksidan ang bisa membantu mempertahankan kelembapan alami rambut. Perawatan rambut kering dengan minyak hangat ini cukup praktis. Caranya, hangatkan setengah cangkir minyak, jangan sampai mendidih.

Lalu, pijatkan minyak hangat ke rambut selama beberapa menit. Setelah itu, bungkus rambut dengan handuk hangat selama setengah jam. Jika dirasa sudah cukup, bersihkan sisa minyak dengan keramas dan bilas sampai bersih.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Rambut Kering dengan Benar, Tidak Sulit!

8. Rutin memotong rambut 

Selain itu, cara mengatasi rambut kering dengan rutin memotong rambut. Hal ini juga bisa mencegah rambut jadi bercabang.

Demikan penjelasan mengenai shampo untuk rambut kering, cara mengatasi rambut kering, dan penyebabnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru