​11 Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan dan Cara Membuatnya

Selasa, 17 Januari 2023 | 16:15 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​11 Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan dan Cara Membuatnya

ILUSTRASI. Manfaat Minyak Kelapa.


KONTAN.CO.ID - Selama ini manfaat minyak kelapa yang paling dikenal oleh masyarakat adalah sebagai minyak goreng untuk memasak. Namun, ternyata ada sejumlah manfaat minyak kelapa bagi kesehatan tubuh.  

Minyak kelapa murni diekstrak dari kelapa yang masih segar tanpa diolah menggunakan bahan kimia tambahan atau diproses tanpa suhu tinggi. 

Hal itu agar kandungan dalam minyak kelapa seperti Phenolic tidak hilang atau rusak. Senyawa phenolic berperan sebagai antioksidan. 

Lantas, apa saja manfaat minyak kelapa bagi kesehatan? 

Baca Juga: 5 Cara Membuat Lulur Alami untuk Memutihkan Badan dengan Cepat, Coba ya

Manfaat minyak kelapa bagi kesehatan 

Manfaat minyak kelapa

Dirangkum dari laman resmi Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian dan Healthline, berikut adalah sejumlah manfaat minyak kelapa bagi kesehatan: 

1. Meningkatkan energi 

Manfaat minyak kelapa yakni dapat meningkatkan energi lantaran kandungan minyak jenuhnya. Meski demikian, studi membuktikan lemak jenuh dalam minyak kelapa cenderung tidak berbahaya bagi tubuh.  

Minyak jenuh dalam minyak kelapa hanya mengandung asam lemak rantai medium yang digunakan sebagai sumber energi cepat. Lain halnya dengan lemak rantai lebih panjang yang cenderung di simpan sebagai lemak di tubuh dan membuat gemuk.

Baca Juga: 10 Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Gula Darah Tinggi

2. Meningkatkan metabolisme tubuh

Manfaat minyak kelapa berikutnya adalah membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Struktur unik minyak kelapa yang berantai medium membuatnya beraksi seperti glukosa yang memberi makan tubuh di tingkat selular. 

Sehingga, manfaat minyak kelapa dapat meningkatkan metabolisme dan sistem kekebalan tubuh. Minyak kelapa juga dapat mengenyangkan perut sehingga dapat mengurangi nafsu makan berlebihan.  

3.  Meningkatkan kekebalan tubuh

Kemudian, manfaat minyak kelapa yakni membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Minyak kelapa terbuat dari lemak sehat yang disebut Lauric acid, Caprylic acid, dan Capric acid.

Ketiganya terbukti sebagai antijamur, antivirus dan antibakteri yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga, manfaat minyak kelapa adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Baca Juga: 5 Cara Menguatkan Kuku Tangan dan Kaki dengan Bahan Alami

4. Membantu menyehatkan pencernaan

Selanjutnya, manfaat minyak kelapa yakni dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan. Minyak kelapa mengandung antimikroba yang dapat mengatasi bakteri, jamur dan parasit yang mengganggu pencernaan.  

5. Mengurangi peradangan

Manfaat minyak kelapa juga dapat mengurangi peradangan. Selain itu, minyak kelapa juga sudah terbukti dapat mengurangi peradangan kronis dalam tubuh. 

Baca Juga: 8 Ramuan Alami yang Bisa Bikin Ambeien Langsung Kabur, Apa Saja?  

Manfaat minyak kelapa

6. Membantu mengurangi kejang

Manfaat minyak kelapa berikutnya yakni bisa membantu mengurangi kejang lantaran mengandung keton. Sementara, keton telah lama digunakan sebagai obat epilepsi.

Keton dalam minyak kelapa telah terbukti membantu mengurangi kejang yang sering kambuh. Para peneliti percaya bahwa kurangnya glukosa yang tersedia untuk bahan bakar sel-sel otak adalah penjelasan yang mungkin untuk mengurangi frekuensi kejang pada orang dengan epilepsi. 

Namun, secara keseluruhan, ada kekurangan bukti untuk penggunaan bahan makanan yang mengandung keton pada orang dewasa dan bayi dengan epilepsi. Sehingga, masih diperlukan lebih banyak penelitian. 

Baca Juga: 5 Cara Menebalkan Alis Mata Menggunakan Bahan Alami

7. Manfaat minyak kelapa untuk kulit 

Kemudian, salah satu manfaat minyak kelapa untuk kulit yakni melembapkan kulit kering. Studi menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat meningkatkan kadar air pada kulit kering. 

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengoleskan 6 hingga 8 tetes minyak kelapa murni di tangan dan membiarkannya semalaman efektif untuk mencegah kulit kering yang disebabkan penggunaan hand sanitizer berbasis alkohol. 

8. Meningkatkan kesehatan mulut

Selanjutnya, manfaat minyak kelapa yakni bisa digunakan sebagai obat kumur yang murah. Manfaat minyak kelapa sebagai obat kumur ini juga diduga karena sifat antibakteri asam laurat yang terkandung di dalamnya. 

Selain itu, asam laurat dalam minyak kelapa bereaksi dengan air liur untuk membentuk zat yang berfungsi mencegah gigi berlubang, membantu mengurangi penumpukan plak gigi dan radang gusi. 

Namun, studi tinjauan mencatat bahwa ada bukti terbatas tentang topik tersebut dan bahwa berkumur dengan minyak kelapa tidak bisa menggantikan perawatan gigi. 

Baca Juga: 5 Manfaat Kencur untuk Kesehatan yang Sudah Terbukti

9. Manfaat minyak kelapa untuk rambut

Manfaat minyak kelapa untuk rambut juga dapat melindungi dari kerusakan rambut. Sebuah studi menyebutkan bahwa minyak kelapa mampu meresap sangat dalam pada helai rambut. 

Hal itu dapat meningkatkan kekuatan rambut dan mencegahnya patah. Penelitian lain juga menyebutkan bahwa manfaat minyak kelapa untuk rambut dapat mencegah rambut rontok, mengurangi kerusakan, dan memperkuat rambut.

Baca Juga: Menghilangkan Jerawat, Ini Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan Kulit Wajah

10. Membantu mengurangi gejala penyakit alzhaimer 

Penyakit alzheimer adalah penyebab paling umum dari demensia. Penyakit alzheimer mengurangi kemampuan otak dalam menggunakan glukosa untuk energi. 

Mengutip Healthline, para peneliti percaya bahwa keton dalam minyak kelapa dapat mengimbangi tanda-tanda awal penyakit alzheimer ringan hingga sedang, dengan cara menyediakan sumber energi alternatif untuk sel-sel otak.

Sehingga, salah satu manfaat minyak kelapa yakni membantu mengurangi gejala penyakit alzhaimer. Meski demikian, masih dibutuhkan studi lebih lanjut mengenai hal tersebut. 

11. Dapat dimasak dalam suhu tinggi

Manfaat minyak kelapa adalah tidak rusak dimasak dalam suhu tinggi. Oleh karena itu dapat digunakan untuk membuat gorengan lebih aman. Dan juga tidak mudah berasap di suhu tinggi sehingga tidak teroksidasi dengan mudah.

Baca Juga: Simak Cara Mengkilapkan Daun Tanaman Hias, Bisa Pakai 3 Bahan Ini

Cara membuat minyak kelapa 

Manfaat minyak kelapa

Dirangkum dari laman Kompas.com (26/2/2022) berikut ini cara membuat minyak kelapa dengan mudah dan bahan yang dibutuhkan.

Bahan membuat minyak kelapa:

  • 5 Butir kelapa tua
  • 1,2 Liter air matang

Baca Juga: 4 Cara Memutihkan Siku dan Lutut Secara Alami

Selanjutnya, cara membuat minyak kelapa adalah sebagai berikut: 

  1. Parut kelapa sampai halus, bisa menggunakan parutan kelapa atau blender. 
  2. Campur hasil parutan dengan air matang. Peras dan saring hingga menghasilkan santan. 
  3. Tuang air santan ke dalam panci, dan panaskan dengan api kecil. 
  4. Aduk santan secara perlahan dan terus-menerus. Proses ini akan membuat santan menguap dan menyisakan minyak beserta ampasnya. 
  5. Selanjutnya, ampas kelapa akan berubah warna keabu-abuan atau coklat dan tenggelam di dasar panci. 
  6. Selama pemanasan, minyak dan air santan akan terus terpisah. Gunakanlah sendok untuk memisahkan keduanya. 
  7. Setelah minyak kelapa terkumpul, matikan api dan biarkan hingga dingin. Jika sudah dingin, minyak kelapa siap digunakan.

Nah, itulah sejumlah manfaat minyak kelapa bagi kesehatan tubuh dan cara membuat minyak kelapa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru