10 Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Gula Darah Tinggi

Senin, 16 Januari 2023 | 18:05 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
10 Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Gula Darah Tinggi


KONTAN.CO.ID -  Bawang merah sudah lama dikenal memiliki segudang khasiat untuk kesehatan tubuh. 

Salah satu bumbu dapur ini sering dimanfaatkan sebagai penyedap rasa serta bahan untuk membuat ramuan herbal. 

Bersumber dari publikasi di situs Universitas Medan Area (UMA), bawang merah (Allium ascalonium L) merupakan salah satu komoditi holtikultura yang termasuk ke dalam sayuran rempah yang dapat menambah cita rasa dan kenikmatan masakan.

Jenis bawang ini mengandung banyak nutrisi seperti seperti vitamin, mineral, allicin, flavonoid, polifenol, kalori, serat, protein, kalium, kalsium, fosfor, zat besi, niasin, dan asam lemak esensial. 

Melihat banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, berikut ini khasiat bawang merah untuk tubuh. 

Baca Juga: Cara Melihat NISN dan NPSN untuk Membuat Akun SNPMB 2023

Menjaga kesehatan jantung

Kandungan allicin dan quercetin dalam tumbuhan bawang merah dianggap memiliki sifat anti-hipertensi. Kandungan tersebut mampu meningkatkan status antioksidan yang melindungi jantung.

Bawang merah juga dapat mencegah penumpukan plak di arteri. Selain itu, kandungan allicin pada bawang merah dapat menurunkan tingkat spesies oksigen reaktif.

Selain itu, kandungan bawang merah ini mampu menghambat produksi enzim tertentu yang memicu kolesterol tinggi serta dapat melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi jantung.

Kandungan nutrisi berupa kalium pada bawang merah dapat mengatur tekanan darah dan memperkuat kapiler darah. 

Menurunkan gula darah

Bawang merah memiliki kandungan flavonoid yang dapat membantu mengontrol penambahan berat badan terkait diabetes.

Senyawa petida pada bawang merah memiliki sifat hipoglikemia yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Bawang merah memiliki sifat tertentu yang dapat membantu merangsang sekresi insulin. Hal tersebut dipercaya mampu menurunkan respons peradangan yang terjadi pada penyakit diabetes. 

Mengonsumsi bawang merah dalam jumlah besar dapat menurunkan kadar gula penderita diabetes

Menjaga kesehatan tulang 

Manfaat selanjutnya bawang merah untuk tubuh adalah menjaga kesehatan tulang. Mengonsumsi bawang merah secara rutin dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang. 
Khasiat tersebut berasal dari kandungan kalsium, mineral, zat besi, dan fosfor pada bawang merah.

Khasiat tersebut dapat meningkatkan kesehatan tulang, mengurangi risiko patah tulang pinggul, meningkatkan kesehatan gigi, dan membantu mencegah osteoporosis.

Baca Juga: Syarat Daftar Beasiswa Sinar Mas 2023, Bisa Dapat Biaya Kuliah dan Uang Saku

Mengurangi risiko kanker

Kandungan allium pada tanaman bawang merah dikenal mampu mengurangi risiko kanker dan menyebabkan kematian sel kanker.

Selain itu, bawang merah memiliki ekstrak etil asetat yang mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker. Sifat antikanker dan anti inflamasi pada bawang merah berfungsi dengan baik dalam bidang pengobatan kanker.

Meskipun demikian, Anda tetap perlu melakukan pemeriksaan rutin untuk mendeteksi dini terjadinya kanker. Pemeriksaan rutin lebih disarankan agar penanganan dapat dilakukan dengan cepat.

Menjaga kesehatan kulit

Khasiat bawang merah selanjutnya adalah menjaga kesehatan kulit sehingga terlihat lebih muda. 

Anda bisa mencuci muka di pagi hari menggunakan air rendaman bawang merah yang sudah dikupas. Lebih baik untuk merendam bawang merah dengan air panas untuk memberikan efek yang lebih.

Selain itu, kandungan nutrisi pada bawang merah dapat membantu menyembuhkan sengatan serangga.

Anda cukup menghaluskan bawang merah dan menggosoknya ke daerah yang terkena sengatan untuk membantu menenangkan rasa sakit.

Membantu meningkatkan imun

Mengonsumsi tanaman bawang merah yang kaya akan vitamin C terbukti ampuh untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh. 

Vitamin C sendiri dapat membentuk antioksidan, membunuh mikroba yang menyerang tubuh, dan merangsang sel darah putih menuju lokasi infeksi. 

Bawang merah memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem imun dan meminimalisasi kerusakan oleh patogen atau bibit penyakit.

Meningkatkan kesehatan otak

Bawang merah juga berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan otak. Kandungan nutrisi asam folat pada bawang merah dapat menjaga kesehatan otak.

Sebagai salah satu jenis vitamin B, asam folat dapat membantu meningkatkan fungsi otak yang berkontribusi langsung pada kesehatan mental dan emosional.

Kandungan zat besi pada bawang merah juga membantu meningkatkan kesehatan otak.

Jenis bawang ini memiliki senyawa pyrithione yang dipercaya mampu meningkatkan aktivitas neurologis dan melawan peradangan otak.

Senyawa pyrithione pada bawang merah berhubungan erat dengan pencegahan penyakit Alzheimer.

Baca Juga: Pesangon hingga Hari Libur, Ini Fakta-Fakta Perppu CIpta Kerja 2022

Mencegah infeksi

Bawang merah memiliki kandungan protein yang dinilai mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Tanaman ini memiliki efek antioksidan yang baik untuk melawan penyakit dan infeksi umum.

Bawang merah terbukti ampuh untuk melawan penyakit, seperti flu, sakit kepala, demam, dan bronkitis. Sifat antivirus dan antibakteri pada bawang merah dapat mengobati infeksi batuk berdahak dan sakit tenggorokan.

Bawang merah berkhasiat untuk menurunkan demam pada bayi. Anda cukup mencampurkan parutan bawang merah dengan minyak kelapa dan balurkan secara merata ke punggung dan perut.

Oleskan campuran tersebut ke tubuh secara merata dapat membantu menghangatkan badan. Meskipun demikian, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter apabila gejala yang muncul tidak kunjung reda.

Menjaga kesehatan rambut

Bawang merah mengandung sulfur yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Kandungan tersebut akan membantu tubuh memproduksi jaringan kolagen pendukung pertumbuhan rambut.

Selain itu, bawang merah juga dapat membantu menyembuhkan kebotakan, mengobati kerontokan rambut, dan mengobati infeksi kulit kepala. 

Anda cukup menghaluskan bawang merah, kemudian oleskan ke kulit kepala, dan diamkan sekitar 15 menit. Kemudian bilas hingga bersih dengan menggunakan sampo.

Untuk mengatasi ketombe, campur bawang merah yang sudah dihaluskan, jus lemon, madu, dan buttermilk

Selanjutnya, oleskan campuran tersebut ke rambut, biarkan selama 30 menit, dan bilas hingga bersih menggunakan sampo anti ketombe.

Mendukung kesehatan saraf dan otot

Kandungan kalium pada bawang merah memiliki fungsi vital bagi tubuh manusia. Kandungan kalium ini berkhasiat mendukung saraf dan otot agar bekerja normal.

Bila kandungan kalium pada tubuh rendah, seseorang bisa mengalami masalah pada saraf dan otot. Padahal saraf dan otot yang sehat dapat mendukung berbagai aktivitas sehari-hari.

Otot lemah dan tubuh lemas menjadi masalah kesehatan yang umum terjadi. Mengonsumsi bawang merah yang kaya akan kalium bermanfaat untuk menjaga kesehatan saraf dan otot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru