kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sering terjadi, 4 ciri penyakit liver ini bisa Anda alami


Rabu, 17 November 2021 / 15:06 WIB
Sering terjadi, 4 ciri penyakit liver ini bisa Anda alami


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ciri penyakit liver perlu Anda waspadai. Tujuannya supaya penyakit tersebut bisa Anda atasi dengan cepat sehingga risiko kesehatan yang perlu Anda hadapi tak terlalu banyak. Jika terlambat ditangani, penyakit liver bisa mengganggu kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Supaya hasil diagnosa yang tepat bisa didapat, biasanya dokter mengombinasikan laporan gejala yang Anda alami dengan hasil pemeriksaan fisik. Apabila memang diperlukan, ada pemeriksaan lebih lanjut yang dilakukan, misalnya tes fungsi liver, CT scan, dan lain sebagainya.

Secara umum, penyakit liver ditandai dengan penyakit kuning, yaitu warna kulit yang menguning karena fungsi liver yang tidak bekerja dengan baik. Liver tidak mampu menyaring urin sehingga bilirubin justru memenuhi aliran darah.

Selain membuat kulit menguning, kondisi itu juga terlihat di bagian mata Anda. Jadi, jika Anda mulai menyadari kemunculan penyakit kuning, sebaiknya segera periksa ke dokter. Selain penyakit kuning, masih ada gejala liver lain sesuai tipe penyakit yang Anda alami.

Baca Juga: Ini penyebab dan gejala kanker kelenjar getah bening

Pembengkakan Liver

Mengutip dari Johns Hopkins Medicine (hopkinsmedicine.org), pembengkakan liver merupakan salah satu ciri-ciri umum yang muncul ketika organ itu tidak berfungsi dengan baik. Salah satu kondisi khusus yang menandakan masalah itu adalah Anda menjadi lebih mudah merasa kenyang daripada biasanya.

Asites

Asites atau penumpukan cairan di perut bisa jadi ciri penyakit liver.

Asites adalah ciri penyakit liver berikutnya yang bisa Anda alami. Cairan di liver dan usus justru memenuhi rongga perut sehingga penimbunan cairan pun tak dapat Anda hindari. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, asites juga bisa memicu sesak napas sehingga Anda perlu mewaspadainya.

Hipertensi Portal

Johns Hopkins menyebutkan hipertensi portal sebagai gejala liver yang lain. Hipertensi portal adalah tekanan darah tinggi pada pembuluh darah vena yang ada di liver. Pembuluh tersebut tersumbat sehingga aliran darah dari dan menuju liver menjadi terhambat.

Baca Juga: Waspada, 10 ciri-ciri gula darah tinggi ini harus Anda kenali

Ensefalopati

Selanjutnya, ensefalopati adalah ciri penyakit liver yang tergolong cukup parah. Ensefalopati adalah kondisi di mana fungsi otak dan sistem saraf terganggu karena ada terlalu banyak racun di darah. Seharusnya, liver bertugas untuk membersihkan racun sehingga tidak menimbulkan gangguan. 

Sayangnya, fungsi itu tidak dapat berjalan seperti sedia kala. Beberapa kondisi yang menunjukkan Anda mengalami ensefalopati adalah perubahan mood, bingung, kesadaran hilang, dan lain sebagainya.

Selanjutnya: Hati-hati dengan 5 Penyebab Nyeri Perut Kanan Bawah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×