kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sering terbangun di malam hari? Ini kiat simpel agar cepat tidur lagi


Rabu, 17 Maret 2021 / 22:09 WIB
Sering terbangun di malam hari? Ini kiat simpel agar cepat tidur lagi
ILUSTRASI. Jika gangguan tidur itu bukan karena masalah kesehatan, ada beberapa kiat yang dapat membantu kita cepat tertidur kembali.


Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda pernah terbangun di tengah malam, dan lalu kesulitan untuk dapat kembali tidur? Menurut dokter spesialis gangguan tidur, Michelle Drerup, PsyD, apa yang kita alami itu adalah sejenis gejala insomnia.

Gangguan tidur tersebut bisa disebabkan oleh berbagai masalah kesehatan yang mendasari seperti nyeri kronis, sleep apnea, atau naiknya asam lambung. Namun, jika gangguan tidur itu bukan karena masalah kesehatan, berikut beberapa kiat yang dapat membantu kita dapat cepat tertidur kembali.

1. Berhenti memerhatikan jam

Melihat setiap menit pada jam hanya akan meningkatkan kesusahan kita untuk dapat tertidur kembali karena selalu terjaga.

2. Merilekskan tubuh hingga tertidur

Cobalah untuk melakukan peregangan dari jari kaki ke dahi. Kemudian kencangkan setiap kelompok otot selama lima detik dan merilekskan tubuh hingga tertidur.

Baca Juga: 5 Peyebab perut buncit yang tidak diketahui banyak orang

3. Bangunlah dari tempat tidur

Dokter Drerup mengatakan, kita dapat memperkirakan berapa lama kita akan terjaga. Jika kita tidak bisa kembali tidur setelah kira-kira 15-20 menit, maka bangunlah dari tempat tidur dan tinggalkan kamar. "Jangan menghabiskan waktu di tempat tidur untuk mencoba tidur," kata dia.

"Kita mungkin hanya akan khawatir tentang tidak tertidur, dan kemudian belajar mengasosiasikan kamar tidur dengan tidak tidur nyenyak," lanjut Drerup.

4. Temukan aktivitas yang mengundang kantuk 

Baca sesuatu yang bisa membuat kita mengantuk atau mendengarkan musik yang membuat kita lebih rileks. Saat kita sudah mulai merasa mengantuk, kembalilah segera ke tempat tidur.

Baca Juga: Anda insomnia? Coba 5 cara mengatasinya secara efektif ini




TERBARU

[X]
×