Sering Mengalami Sakit Perut Bagian Bawah? 5 Hal Ini Penyebabnya

Kamis, 06 Januari 2022 | 12:56 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Sering Mengalami Sakit Perut Bagian Bawah? 5 Hal Ini Penyebabnya

ILUSTRASI. Anda bisa mengalami sakit perut bagian bawah karena berbagai macam faktor.

KONTAN.CO.ID - Ada banyak faktor yang membuat Anda sering mengalami sakit perut bagian bawah. Penyebab masalah kesehatan itu sebaiknya Anda ketahui, supaya bisa mengambil langkah perawatan apa yang sebaiknya Anda lakukan.

Tentu saja, Anda perlu mengonsultasikan kondisi Anda ke dokter. Setelah mendengar keluhan tentang semua gejala yang Anda alami, biasanya dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan. Setelah itu, diagnosa yang diambil dengan mengombinasikan hasil pemeriksaan dan gejala yang terjadi.

Memang tidak semua penyebab sakit perut berbahaya. Namun, bukan berarti Anda bisa mengabaikannya, ya. Semakin cepat Anda mengobati penyebab-penyebab di bawah ini, semakin rendah pula risiko penyakit lain yang lebih parah.

Radang usus buntu

Mengutip dari Health Grades, sakit perut bisa Anda alami karena radang usus buntu. Apabila terlambat ditangani, peradangan bisa semakin parah hingga membuat usus buntu pecah. Saat itu hal terjadi, infeksi bisa menyebar ke bagian tubuh lain.

Baca Juga: Efektif Meredakan Asam Lambung, Ini Manfaat Pokak untuk Kesehatan

Intoleransi laktosa

Penyebab sakit perut bagian bawah lainnya adalah intoleransi laktosa. Jika Anda mengalami hal itu, cobalah untuk tidak mengonsumsi susu atau produk olahan susu yang lain. Dengan begitu, sakit perut dan efek intoleransi laktosa lainnya tak sering Anda alami.

Kista ovarium

Kista ovarium bisa menyebabkan sakit perut bagian bawah.

Melansir Health Grades, kista ovarium adalah kantung-kantung kecil berisi udara, cairan, atau material lain yang muncul di bagian ovarium. Segera periksakan diri ke dokter jika mengalami sakit perut atau gejala kista ovarium yang lain, ya.

Baca Juga: Sering Mengalami Nyeri Dada Tengah? Bisa Jadi Karena 4 Hal Ini

Inflammatory bowel syndrome

Inflammatory bowel syndrome atau IBS, seperti penyakit crohn, adalah penyebab sakit perut bagian bawah berikutnya yang dapat Anda alami. Selain sakit perut, biasanya IBS ditandai dengan gejala-gejala yang lain.

Tentu, Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami masalah kesehatan itu.

Kehamilan ektopik

Kehamilan ektopik adalah kondisi di mana kehamilan justru terjadi di luar rahim. Tidak hanya menimbulkan rasa sakit, kondisi itu juga bisa membahayakan nyawa Anda. Jadi, jangan ragu untuk segera pergi ke dokter supaya kondisi Anda tak semakin memburuk.

Selanjutnya: Bisa Dicoba di Rumah, 4 Obat Kutil Ini dari Bahan Alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru