Sering Mengalami Nyeri Dada Tengah? Bisa Jadi Karena 4 Hal Ini

Senin, 03 Januari 2022 | 14:41 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Sering Mengalami Nyeri Dada Tengah? Bisa Jadi Karena 4 Hal Ini

ILUSTRASI. Anda bisa mengalami nyeri dada tengah karena berbagai macam faktor. Tribun Jateng/ Hermawan Handaka.

KONTAN.CO.ID - Banyak orang yang menganggap nyeri dada tengah sebagai gejala penyakit jantung. Hal itu memang tidak sepenuhnya salah. Namun, rasa sakit di dada juga bisa terjadi karena berbagai macam faktor yang lain.

Biasanya, penyakit yang ditandai dengan nyeri dada juga ditunjukkan dengan kondisi yang lain. Misalnya, sesak napas, rasa sakit yang menjalar ke bagian tubuh yang lain, dan lain-lain. Anda perlu mengkonsultasikan kondisi-kondisi itu ke dokter secara lengkap.

Tujuannya supaya dokter bisa menentukan pengobatan seperti apa yang Anda butuhkan. Tentu saja, diagnosa juga didasari dengan hasil pemeriksaan. Nah, di bawah ini, ada beberapa penyebab nyeri dada yang umum terjadi.

Asma

Asma adalah salah satu faktor yang membuat dada Anda terasa sakit. Mengutip dari Medical News Today, asma adalah kondisi di mana saluran pernapasan mengalami inflamasi atau pembengkakan. Selain nyeri dada, asma juga membuat Anda sesak napas, mengi, dan batuk.

Baca Juga: Jaga Kesehatan dengan 5 Cemilan untuk Penderita Asam Lambung Ini

Masalah pada otot

Nyeri dada tengah juga dapat Anda alami karena masalah pada otot di sekitar dada. Otot yang digunakan dengan cara yang salah bisa meradang sehingga memicu munculnya rasa sakit. Saat Anda melakukan aktivitas tertentu, nyeri yang Anda rasakan bisa semakin parah.

GERD

GERD jadi salah satu penyebab nyeri dada tengah yang bisa Anda alami.

Apakah Anda menderita GERD atau gastroesophageal reflux disease? GERD adalah salah satu jenis masalah sistem pencernaan di mana katup antara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi dengan benar.

Akibatnya, asam lambung naik sehingga menimbulkan rasa nyeri dari perut hingga mulut. Untuk menghindari masalah kesehatan lain yang lebih serius, cobalah untuk mengatur makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Dengan begitu, asam lambung naik bisa mereda.

Baca Juga: 13 Gejala Penyakit Jantung, Pengidapnya Sering Tak Menyadarinya

Tulang rusuk terluka

Penyebab nyeri dada tengah yang lain adalah tulang rusuk yang terluka. Melansir Medical News Today, tulang rusuk bisa retak atau patah. Nah, hal itulah yang membuat dada Anda terasa sakit. Anda tidak boleh mengabaikan hal itu karena bisa menimbulkan nyeri yang benar-benar terasa.

Itulah beberapa faktor yang membuat dada Anda terasa sakit. Supaya langkah pengobatan yang Anda lakukan tidak terlambat dan keliru, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya.

Selanjutnya: Harga Minyak Lanjut Menguat Jelang Pertemuan OPEC+, WTI ke US$ 75,73 Per Barel

Editor: Belladina Biananda
Terbaru