Selain sakit jantung, ini 6 penyebab nyeri payudara lainnya

Jumat, 26 November 2021 | 07:33 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Selain sakit jantung, ini 6 penyebab nyeri payudara lainnya

ILUSTRASI. Ada banyak penyebab nyeri payudara yang perlu Anda kenali.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nyeri payudara tidak boleh Anda sepelekan karena bisa jadi tanda adanya penyakit yang tak Anda sadari. Anda perlu segera mengonsultasikan kondisi itu ke dokter supaya langkah pengobatan selanjutnya yang memang diperlukan bisa Anda lakukan.

Biasanya, sakit jantung ditandai dengan nyeri dada, muncul rasa sakit di daerah leher, rahang, dan lengan, sesak napas, mual, muntah, dan pingsan. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter.

Meski demikian, tidak semua nyeri yang Anda rasakan di payudara menjadi tanda adanya sakit jantung. Rasa nyeri tersebut bisa disebabkan oleh hal lain. Seperti kanker, gangguan pada paru-paru dan esofagus, serta faktor lainnya.

Gastroesophageal Reflux Disease

GERD atau gastroesophageal reflux disease adalah salah satu penyakit yang berisiko menyebabkan rasa nyeri di payudara. Hal itu disebabkan karena asam lambung yang kembali ke mulut menimbulkan sensasi terbakar.

Baca Juga: 5 Olahraga yang membantu meredakan nyeri saat haid

Kanker Payudara

Nyeri payudara biasanya terjadi karena kanker.

Very Well Health (verywellhealth.com) menyebutkan bahwa kanker payudara di stadium awal biasanya tak menunjukkan gejala apa pun. Namun, hal berbeda dapat Anda rasakan jika Anda mengalami inflammatory breast cancer.

Kondisi tersebut terjadi karena kanker payudara. Umumnya, inflammatory breast cancer menyebabkan payudara bengkak, berwarna merah, dan muncul rasa sakit. Jika Anda mengalami gejala tersebut dan gejala lain yang lebih parah, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat perawatan yang tepat.

Fibromyalgia

Fibromyalgia bisa menyebabkan rasa sakit di seluruh bagian tubuh. Meski demikian, rasa nyeri di payudara merupakan suatu kasus yang jarang terjadi. Kondisi tersebut dapat menyebabkan nyeri otot atau nyeri sendi.

Stres 

Stres termasuk salah sati fakto penyebab nyeri payudara.

Nyeri payudara juga bisa disebabkan karena stres berlebih yang tak terkelola dengan baik, lo. Stres dan cemas mampu membuat otot di bawah payudara mengejang. Umumnya, rasa sakit tersebut berlangsung selama beberapa detik.

Namun, tak menutup kemungkinan bahwa kondisi itu bisa berlangsung selama beberapa hari. Tidak hanya terjadi di payudara, kondisi tersebut juga bisa Anda rasakan pada payudara di sebelah kanan.

Baca Juga: No Bra Day 13 Oktober, kenali ciri-ciri kanker payudara

Penyakit Kulit

Payudara yang terasa nyeri dan tidak nyaman dapat terjadi karena penyakit kulit, misalnya dermatitis. Penyakit tersebut memicu kemunculan ruam di kulit sekitar payudara. Biasanya, hal itu juga dibarengi dengan munculnya rasa gatal dan sensasi terbakar yang membuat payudara terasa sakit.

Pneumonia

Mengutip dari Very Well Health, nyeri payudara dapat disebabkan karena pneumonia. Pneumonia adalah radang paru-paru yang disebabkan oleh infeksi. Karena organ pernapasan itu terletak dekat dengan payudara, makan rasa nyeri pun bisa Anda rasakan.

Selanjutnya: Pemerintah akan terapkan PPKM level 3 di akhir tahun, begini kata masyarakat

Editor: Belladina Biananda
Terbaru