Selain Obat Dokter, Ini 5 Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Kamis, 02 Juni 2022 | 08:39 WIB Sumber: Sonora.id
Selain Obat Dokter, Ini 5 Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

ILUSTRASI. makan buah ceri termasuk salah satu cara mengobati asam urat secara alami


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kenali cara mengobati asam urat secara alami tanpa obat-obatan. Cara mengobati asam urat ini bisa membantu pengobatan medis yang Anda lakukan.

Asam urat adalah penyakit yang disebabkan oleh produksi asam urat berlebihan dan menumpuk serta mengendap menjadi kristal pada bagian persendian. Penyakit ini akan menimbulkan rasa nyeri dan sakit pada area persendian karena adanya kristal yang mengendap itu.

Maka dari itu, asam urat harus diatasi dan umumnya, masyarakat Indonesia akan menggunakan obat dari dokter untuk mengobati penyakit asam urat tersebut.

Selain dengan obat dokter, ada cara lain mengobati asam urat secara alami. Berikut 5 cara mengobati asam urat secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Menghindari Obat-Obatan Pemicu Asam Urat

Cara pertama mengobati asam urat secara alami adalah mengindari obat-obatan pemicu asam urat.

Tidak selamanya obat-obatan dapat membantu seseorang sembuh dari penyakit yang dideritanya. Bisa saja, obat-obatan tersebut malah memicu penyakit lain muncul, seperti asam urat. Oleh sebab itu, Anda harus menghindari obat-obatan pemicu asam urat.

Obat-obatan penyebab asam urat terdiri dari:

- Obat diuretik

- Obat yang berfungsi untuk menekan sistem kekebalan tubuh

- Aspirin dengan dosis rendah

Dengan menghindari konsumsi obat-obatan tersebut, Anda telah melakukan satu cara mengobati asam urat secara alami agar tidak kambuh lagi.

Baca Juga: Diidap Marsanda, Ini Ciri-Ciri & Cara Mengecek Tumor Payudara

2. Mengonsumsi Makanan Rendah Purin

Cara kedua mengobati asam urat secara alami selain dengan obat adalah konsumsi makanan rendah purin. Seperti yang sudah diketahui bahwa purin merupakan zat yang menjadi penyebab asam urat muncul apabila diproduksi berlebihan.

Maka dari itu, Anda harus mengonsumsi makanan rendah purin sebagai cara mengatasi asam urat secara alami. Jenis makanan rendah purin yang dapat Anda konsumsi untuk membantu mengobati asam urat secara alami adalah:

- Selai dan makanan berbahan kacang

- Nasi gandum, roti, dankentang

- Segala produk susu rendah lemak atau bebas lemak

3. Minum Kopi

Cara ketiga mengobati asam urat secara alami tanpa obat adalah minum kopi. Siapa yang menyangka bahwa minum kopi dapat menjadi cara mengatasi asam urat secara alami dan sudah dibuktikan dengan penelitian yang ada.

Dari hasil penelitian, wanita yang mengonsumsi 1 sampai 3 cangkir kopi dalam sehari mampu menurunkan kadar asam urat sebesar 22%. Maka dari itu, Anda dapat mulai mengonsumsi kopi secara rutin dan pastikan tidak menggunakan gula agar asam urat tidak kembali muncul.

4. Makan Buah Ceri

Cara keempat mengobati asam urat secara alami tanpa obat adalah makan buah ceri. Salah satu cara mengatasi asam urat secara alami dan mudah sekali dilakukan adalah makan buah ceri.

Dari hasil penelitian yang dilakukan, makan buah ceri selama 2 hari dapat menurunkan kadar asam urat sampai 35% banyaknya. Bahkan, penelitian juga sudah menunjukkan bahwa khasiat buah ceri dalam menurunkan asam urat dinilai ampuh karena tetap bertahan efek baiknya meskipun faktor usia dan penggunaan obat asam lambung meningkat.

5. Menjaga Berat Badan Ideal

Cara kelima mengobati asam urat secara alami tanpa obat adalah menjaga berat badan tetap ideal. Berat badan berlebih tidak hanya akan menyebabkan seseorang mengalami penyakit jantung, tetapi juga membuat penderitanya mengidap asam urat.

Maka dari itu, menjaga berat badan ideal ada cara terbaik untuk mengatasi asam urat secara alami. Agar berat badan tetap ideal, Anda bisa melakukan diet sehat, seperti menggunakan Diet Mediterania sebagai asupan pokok sehari-hari.

Itulah berbagai cara mengobati asam urat secara alami selain menggunakan obat -obatan dari dokter. Semoga bermanfaat.

(Gema Buana Dwi Saputra)

Artikel ini telah tayang di Sonora.id berjudul "Enggak Usah Pakai Obat Dokter Lagi, Terapkan 5 Cara Mengatasi Asam Urat Secara Alami Ini, Pernah Coba?"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru