Diidap Marsanda, Ini Ciri-Ciri & Cara Mengecek Tumor Payudara

Selasa, 31 Mei 2022 | 11:30 WIB Sumber: Kompas.com
Diidap Marsanda, Ini Ciri-Ciri & Cara Mengecek Tumor Payudara

ILUSTRASI. Diidap Marsanda, Ini Ciri-Ciri & Cara Mengecek Tumor Payudara


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kenali ciri-ciri dan cara mengecek tumor payudara seperti yang dialami artis sinetron Marshanda. Mengenali ciri-ciri dan cek mengecek tumor payudara sejak dini akan meningkatkan peluang penyembuhan penyakit tersebut.

Aktris sinetron Marshanda mengaku masih berjuang mengobati tumor payudara yang sudah diidapnya selama setahun belakangan. Marshanda menjalani pengobatan ke Singapura untuk dapat sembuh dari tumor payudara tersebut. "Jadi, gue bukan tipe pasrah enggak ngapa-ngapain, enggak gitu. Makanya gua ke Singapura karena aku mau berjuang," ujar Marshanda dalam kanal YouTube MARSHED pada Senin (30/5/2022).

Apa itu tumor payudara? Apa saja ciri-ciri tumor payudara? Bagaimana cara mengecek tumor payudara?

1. Apa itu tumor payudara?

Dikutip dari Kompas.com, (22/8/2020), dokter spesialis bedah RS Brayat Minulya Surakarta, dr. Yudit Anastasia Sari, M. Biomed, Sp.B mengatakan bahwa tumor jinak payudara adalah benjolan yang tumbuh di payudara, tidak berbentuk dari sel-sel yang ganas, dan tidak menyebar ke bagian tubuh lain.

Baca Juga: 5 Gejala Kanker Payudara yang Wajib Para Perempuan Ketahui, Hati-Hati!

2. Ciri-ciri tumor payudara

Kita juga bisa mengetahui keberadaan tumor jinak payudara dengan mengecek ciri-ciri benjolan. Ciri-ciri benjolan tumor jinak payudara, adalah:

  • Batasan tumor jelas

Artinya, benjolan yang masih menjadi gejala tumor payudara jinak mempunyai batas yang jelas dengan jaringan di sekitarnya. Ciri-ciri ini tidak seperti tumor payudara ganas, di mana batas tepi benjolannya tidak terlihat jelas.

  • Teraba kenyal dan lunak

Artinya, benjolan yang masih menjadi gejala tumor payudara jinak memiliki konsistensi yang kenyal dan lunak. Ciri-ciri ini lain dengan gejala kanker payudara, di mana tumor ganas rata-rata akan teraba keras dan padat.

  • Mudah digerakan

Artinya, benjolan yang masih menjadi ciri tumor payudara jinak pada umumnya bisa dengan mudah digerakan ketika disentuh. Sementara, benjolan tumor ganas pada kanker payudara tidak bisa digerakan seperti telah menyatu dengan jaringan di sekitarnya.

Jika Anda menemukan benjolan atau penebalan di dekat payudara, misalnya di ketiak yang tetap terasa setelah masa haid, maka disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter.

3. Jenis dan penyebab tumor payudara

Dikutip dari Kompas.com, (8/8/2020), ada beberapa jenis dan penyebab tumor jinak payudara yang umum terjadi.

  • Fibroadenoma

Fibroadenoma adalah jenis tumor payudara jinak yang paling sering menyerang kaum wanita muda usia 15-35 tahun. Penyebab fibroadenoma diduga adalah pengaruh hormon di dalam tubuh wanita.

  • Fibrokistik

Fibrokistik adalah jenis tumor payudara jinak yang hilang-tumbul sesuai siklus haid. Penyebab tumor payudara jinak ini tidak lain adalah perubahan hormonal yang terjadi selama siklus menstruasi. Umumnya, fibrokistik dialami oleh wanita berusia 20-50 tahun.

  • Kista payudara

Kista payudara adalah benjolan berisi cairan yang dapat terbentuk pada salah satu atau kedua payudara. Penyebab kista payudara secara pasti belum dapat diketahui. Tapi, munculnya kista payudara dapat berkaitan juga dengan adanya perubahan hormon pada wanita, terutama dalam siklus menstruasi tiap bulan.

4. Bisa tumbuh membesar

Selain itu, Yudit mengatakan, pada umumnya ciri-ciri tumor jinak payudara hanya ditandai dengan adanya benjolan pada payudara. Hanya pada beberapa kasus saja, tumor jinak payudara bisa menyebabkan rasa nyeri pada payudara karena tumbuh besar.

5. Ciri-ciri tumor payudara dan cara mengeceknya

Bagi siapa saja yang mengalami tumor jinak payudara akan lebih baik jika tetap memeriksakan diri ke dokter. Secara garis besar, berikut ini ciri-ciri tumor payudara jinak yang perlu diwaspadai dan cara mengeceknya:

  • Muncul benjolan atau penebalan pada payudara atau di sekitar payudara, misalnya di ketiak, yang tetap terasa setelah masa haid selesai
  • Benjolan tidak bisa bergeser saat ditekan atau digerakan
  • Muncul area yang jelas terasa atau terlihat berbeda dibanding daerah di sekitarnya, pada salah satu atau kedua bagian payudara
  • Terjadi perubahan pada bentuk, ukuran, dan kontur payudara
  • Terjadi perubahan pada kulit payudara atau pada putting, seperti kemerahan, cekung, berkerut, tanda-tanda peradangan, atau bersisik
  • Keluar cairan bening atau darah dari payudara

6. Penanganan

Terkait penanganan, umumnya tumor jika payudara tidak memerlukan perawatan khusus karena dapat mengecil dan hilang dengan sendirinya. Namun, jika tumor payudara semakin membesar dan menimbulkan nyeri, dokter mungkin akan menyarankan operasi pengangkatan tumor dan pemeriksaan patologi anatomi.

Itulah ciri-ciri dan cara mengecek tumor payudara. Mengenali ciri-ciri dan cara mengecek memperbesar peluang penyembuhan tumor payudara. Semoga perjuangan Marshanda berhasil sembuh dari penyakit tumor payudara.

(Sumber: Kompas.com/Irawan Sapto Adhi | Editor: Irawan Sapto Adhi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gejala dan Ciri-ciri Tumor Payudara Seperti yang Diidap Marshanda",


Penulis : Retia Kartika Dewi
Editor : Rizal Setyo Nugroho

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru