kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selain obat dan operasi, ini bahan alami untuk menghilangkan kutil


Rabu, 14 Juli 2021 / 19:50 WIB
Selain obat dan operasi, ini bahan alami untuk menghilangkan kutil


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenali cara menghilangkan kutil tanpa harus operasi atau obat-obatan dokter. Cara menghilangkan kutil ini bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami.

Kutil memang tidak membahayakan kesehatan, tapi kemunculannya bisa mengganggu penampilan. Jika Anda memiliki masalah kulit itu, ada beberapa cara menghilangkan kutil yang bisa Anda coba. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan alami.

Meski bisa muncul di bagian tubuh mana pun, biasanya kutil muncul di bagian tubuh tertentu. Misalnya, area mata, leher, bawah lengan, dan lain-lain. Nah, masalah kulit itu dapat Anda atasi dengan bahan alami yang ada di sekitar Anda.

Namun, usahakan untuk memakai bahan alami ini dengan pengawasan dokter, ya. Tujuannya untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan. Melakukan uji coba dulu sebelum rutin memakai bahan alami ini juga bisa Anda praktikkan.

Bawang Putih

Mengutip dari Bebeautiful.in, bawang putih dapat digunakan sebagai penghilang kutil. Antibakteri dan antijamur yang terkandung dalam bawang putih memudahkan kutil untuk lepas. Selain itu, bawang putih juga bisa mencegah infeksi kulit.

Caranya, tumbuk dua hingga tiga siung bawang putih hingga halus. Setelah itu, aplikasikan pada kutil dan diamkan dulu selama satu jam. Kemudian, bilas bawang putih dengan air. Pemakaian rutin dapat membuat kutil hilang lebih cepat.

Baca Juga: Telah terbukti, 5 manfaat cuka apel bagi kesehatan

Baking Soda

Salah satu cara menghilangkan kutil yang bisa Anda coba adalah dengan memakai baking soda. Kandungan dalam baking soda mampu menyeimbangkan pH kulit dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab kutil.

Untuk memaksimalkan efeknya, cobalah untuk mencampur baking soda dengan beberapa tetes minyak jarak. Setelah teraduk rata dan berbentuk pasta, gunakan campuran itu pada kutil yang ingin Anda hilangkan. Diamkan dulu selama beberapa jam lalu bilas dengan air.

Baca Juga: Selain menghilangkan kerutan, ini manfaat lain cuka apel untuk wajah

Cuka Apel

Bahan alami lain yang direkomendasikan Bebeautiful.in untuk menghilangkan kutil adalah cuka apel. Selain digunakan sebagai penghilang kutil, cuka apel juga bisa menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh. Anda hanya perlu mengaplikasikan kapas yang telah dibasahi cuka apel pada kutil yang Anda hilangkan.

Jahe

Bahan alami berikutnya yang dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan kutil adalah jahe. Antimikroba dan senyawa yang terkandung dalam jenis rempah itu mampu menghilangkan kutil dengan baik. Anda hanya perlu mengaplikasikan ekstrak jahe pada kutil secara rutin.

Selanjutnya: Cari cara menghilangkan kutil? Pakai 4 bahan alami ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×