Selain Menjaga Kesehatan Ginjal, Ini 5 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan

Jumat, 27 Mei 2022 | 10:30 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Selain Menjaga Kesehatan Ginjal, Ini 5 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Minum air putih tidak hanya menghilangkan rasa haus. Ini manfaat minum air putih untuk kesehatan. 

Berapa banyak Anda minum air putih dalam satu hari? 

Baca Juga: 6 Hal yang Bikin Berat Badan Susah Turun

Air putih merupakan minuman yang wajib dikonsumsi oleh setiap orang. Sebab, air putih berperan untuk membantu menjaga fungsi organ dalam tubuh. 

Mengutip dari Mayo Clinic, tidak ada takaran khusus untuk mengonsumsi air putih. Sebab, jumlah konsumsi air putih seseorang bergantung dengan kondisi kesehatan tubuh, aktivitas, dan lokasi tempat tinggal. 

Akademi Ilmu Pengetahuan, Teknik, dan Kedokteran Nasional AS menetapkan bahwa asupan cairan harian yang dimemadai adalah: 

  • Laki-laki : Sekitar 3,7 liter per hari 
  • Perempuan : 2,7 liter per hari

Rekomendasi ini mencakup cairan dari air, minuman lainnya, dan makanan. 

Sekitar 20% asupan cairan harian biasanya berasal dari makanan dan sisanya minuman. 

Manfaat minum air putih secara cukup 

Minum air putih secara cukup memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan. 

Berikut manfaat minum air putih untuk kesehatan yang dikutip dari WebMD: 

1. Menjaga keseimbangan cairan tubuh

Tubuh terdiri dari 60% air. Fungsi cairan tubuh meliputi pencernaan, penyerapan, sirkulasi, pembuatan air liur, pemprosesan nutrisi, dan memelihara suhu tubuh. 

"Melalui kelenjar hipofisis posterior, otak berkomunikasi dengan ginjal dan memberitahunya beberapa banyak air yang dikeluarkan sebagai urin atau disimpan untuk cadangan," kata Guest, Profesor Kedokteran Universitas Stanford. 

Saat tubuh kekurangan cairan, otak memicu rasa haus. Saat itu pula Anda harus minum air, jus, susu, kopi, dan lainnya kecuali alkohol. 

2. Mengelola kalori 

Air putih merupakan minuman nol kalori yang baik diminum oleh Anda yang sedang menjalankan diet. 

Air putih diserap oleh tubuh dan membuat perut menjadi kenyang. 

3. Memberi energi pada otot 

Sel-sel otot yang tidak memiliki cairan yang cukup tidak bisa bekerja dengan baik. 

Maka dari itu Anda disarankan untuk minum air cukup selama berolahraga.  American College of Sports Medicine merekomendasikan agar seseorang minum sekitar 17 ons air sekitar dua jam sebelum olahraga. 

Saat berolahraga, mereka menyarankan untuk minum air secara berkala untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. 

4. Menjaga kesehatan kulit 

Asal tahu saja, dehidrasi membuat kulit Anda terlihat lebih kering dan berkerut. 

Minum air secara cukup bisa membantu melembabkan kulit. 

5. Menjaga kesehatan ginjal 

Minum air secara cukup baik untuk menjaga kesehatan ginjal. 

Sekedar info, air bertugas untuk mengangkut produk limbah keluar dari tubuh. 

Ginjal berperan untuk membersihkan dan membuang racun dari tubuh selama cairan tubuh cukup. 

Saat Anda kurang minum air atau cairan bisa memicu penyakit batu ginjal. 

6. Menjaga fungsi usus 

Minum air secara cukup bisa mencegah sembelit. 

Asal tahu saja, saat Anda tidak cukup minum maka usus besar akan menarik air dari tinja untuk mempertahankan hidrasi. Kondisi ini menyebabkan sembelit. 

Baca Juga: 4 Infused Water yang Efektif Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru