CLOSE [X]

Selain Makanan, 5 Minuman Ini Juga Penyebab Kolesterol Tinggi

Kamis, 20 Januari 2022 | 17:03 WIB Sumber: Kompas.com
Selain Makanan, 5 Minuman Ini Juga Penyebab Kolesterol Tinggi

ILUSTRASI. Jus buah dengan tambahan gula adalah minuman penyebab kolesterol tinggi


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Selain makanan, ada juga minuman penyebab kolesterol tinggi. Jika kadar kolesterol dalam darah sudah tinggi, sejumlah minuman berikut harus menjadi pantangan.

Makanan penyebab kolesterol tinggi antara lain jeroan hingga goreng-gorengan. Selain menghindari makanan tersebut, konsumsi minuman penyebab kolesterol tinggi juga harus dihentikan.

Kolesterol dalam tubuh memang merupakan hal yang wajar. Namun kolesterol yang terlalu tinggi dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan.

Orang dewasa berusia 45-65 tahun pun direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan kolesterol setiap 1-2 tahun sekali. Ini penting, sebab jika kolesterol tinggi dibiarkan, risiko penyakit jantung pun bisa meningkat.

Untungnya, kolesterol tinggi bisa dicegah dengan melakukan pola hidup sehat, sepeti olahraga rutin dan mengontrol kebiasaan minum. Nah berikut ini, ada lima minuman yang sebaiknya dihindari atau menjadi pantangan karena bisa menjadi penyebab kadar kolesterol dalam tubuh tinggi.

Baca Juga: Obat Stroke Alami dari Tumbuhan, Bantu Memulihkan Fungsi Otak

  • Alkohol

Minuman penyebab kolesterol tinggi yang pertama adalah alkohol. Jika sudah berisiko memiliki kolesterol tinggi, ada baiknya pertimbangkan konsumsi alkohol. "Alkohol meningkatkan kadar kolesterol karena kemampuannya merangsang hati untuk memproduksi lebih banyak zat ini," kata ahli diet terdaftar Ronald Smith.

  • Jus buah dengan gula tambahan

Minuman penyebab kolesterol tinggi yang kedua adalah jus buah dengan gula tambahan. Jus buah asli memang sehat, apalagi yang mengandung antioksidan seperti jus delima. Namun, mengonsumsi terlalu banyak minuman buah yang mengandung gula tambahan dalam jumlah ekstra, dapat membahayakan.

Bahaya terutama berpotensi terjadi pada mereka yang berisiko lebih tinggi mengalami peningkatan kadar kolesterol. "Minuman buah (bukan jus buah) dapat mengandung gula tambahan tingkat tinggi, yang meningkatkan kadar trigliserida sehingga meningkatkan kadar kolesterol LDL," kata Smith.

  • Minuman ringan

Minuman penyebab kolesterol tinggi yang ketiga adalah minuman ringan. Meskipun lezat, minuman ringan bisa sangat berbahaya bagi kadar kolesterol dan kesehatan kita. "Minuman ini dikemas dengan gula dan fosfat, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh," kata Smith.

Lalu, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association, mengungkap temuan senada. Disebutkan, mereka yang mengonsumsi sekitar 12 ons soda sehari umumnya memiliki kadar kolesterol HDL-C (dikenal sebagai kolesterol baik) yang lebih rendah dan kadar trigliserida yang lebih tinggi. Kondisi demikian dapat sangat membahayakan tubuh, terutama kesehatan jantung.

  • Milkshake

Minuman penyebab kolesterol tinggi yang keempat adalah milkshake. Jika hobi mengonsumsi milkshake, sebiaiknya perhatikan berapa banyak yang kamu konsumsi. Pasalnya, minuman ini dapat berdampak negatif pada kadar kolesterol tubuh.

Dalam laporan yang diterbitkan di Laboratory Investigation, lemak jenuh dalam milkshake dapat meningkatkan kadar kolesterol "jahat" dan menurunkan kolesterol "baik" dalam tubuh. Penelitian ini juga membuktikan bahwa satu kali konsumsi tinggi lemak jenuh dapat berdampak pada kadar kolesterol.

Milkshake memiliki lemak jenuh yang tinggi akibat es krim di dalamnya. Jadi, sebaiknya kurangi konsumsinya ya!

Itulah daftar minuman penyebab kolesterol tinggi yang harus dihindari selain makanan tertentu. Minuman dan makanan penyebab kolesterol tinggi itu harus menjadi pantangan yang dipatuhi setiap hari agar kolesterol terjaga normal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Minuman Pemicu Kolesterol Tinggi",


Penulis : Anya Dellanita
Editor : Glori K. Wadrianto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru