CLOSE [X]

Obat Stroke Alami dari Tumbuhan, Bantu Memulihkan Fungsi Otak

Kamis, 20 Januari 2022 | 09:18 WIB Sumber: Kompas.com
Obat Stroke Alami dari Tumbuhan, Bantu Memulihkan Fungsi Otak

ILUSTRASI. Seledri, salah satu obat stroke alami dari tumbuhan


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Ada banyak obat stroke yang biasa diberikan dokter untuk pasien. Selain mengandalkan obat dokter, pasien stroke juga bisa memanfaatkan sejumlah obat alami dari tumbuhan.

Obat stroke dari bahan alami / tumbuhan bisa membantu memulihkan fungsi otak. Namun, sebelum konsumsi obat stroke dari tumbuhan ini, Anda perlu konsultasi dengan dokter.

Stroke adalah penyebab kematian terbesar kedua dan kecacatan terbesar ketiga di dunia. Stroke adalah kondisi terputusnya aliran darah ke otak dan menyebabkan kerusakan otak.

Penyembuhan pasien yang terkena stroke tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat, namun harus dalam jangka waktu yang panjang. Berbagai pilihan terapi tersedia untuk penyembuhan stroke, mulai dari pengobatan konvensional, fisioterapi, serta obat herbal.

Obat herbal alami yang berasal dari tumbuhan banyak dipilih karena diyakini lebih aman untuk tubuh pasien stroke. Berikut ini adalah daftar obat stroke alami dari tumbuhan yang bisa menunjang pemulihan.

1. Seledri

Obat stroke alami dari tumbuhan yang pertama adalah seledri. Sebuah penelitian di Indonesia menguji seledri sebagai salah satu bahan jamu untuk menunjang pemulihan pasien stroke.

Seledri adalah tanaman yang memiliki aktivitas antihipertensi. Hasilnya, seledri mampu membantu pemulihan stroke menjadi lebih baik.

Baca Juga: Hadapi Lonjakan Covid-19 Omicron, Obat Molnupiravir Diperbanyak, Apakah Manjur?

2. Pegagan

Obat stroke alami dari tumbuhan yang kedua adalah pegagan. Pegagan juga merupakan obat herbal stroke yang ampuh. Pegagan, yang dikenal juga dengan nama gotu kola, memiliki efek neuroprotektif dan mampu meningkatkan fungsi kognitif. Pegagan bisa dikonsumsi setiap hari seperti jamu atau sayur biasa.

3. Sembung

Obat stroke alami dari tumbuhan yang ketiga adalah sembung. Sembung adalah obat tradisional yang terkenal di Indonesia. Sembung adalah antioksidan baik yang memiliki efek antiinflamasi dan anti agregasi platelet. Hal ini membuat sembung bisa menjadi obat herbal stroke dan bisa mencegah serangan serupa di masa depan.

4. Teh hitam atau teh hijau

Obat stroke alami dari tumbuhan yang keempat adalah teh hijau atau hitam. Teh hitam dan teh hijau mengandung senyawa bernama flavonoid yang merupakan antioksidan kuat.

Flavonoid mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan menurunkan tekanan darah tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa meminum teh hitam atau teh hijau 3 cangkir sehari bisa menurunkan risiko terkena stroke. Selain itu, pasien stroke yang rutin meminum teh terbukti mengalami lebih sedikit serangan stroke lagi di kemudian hari.

5. Ashwagandha

Obat stroke alami dari tumbuhan yang kelima adalah Ashwagandha. Ashwaganda dikenal juga dengan nama ginseng India. Sebuah studi pada tikus di tahun 2015 menunjukkan bahwa ashwaganda bisa mencegah dan mengobati stroke. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efeknya pada manusia.

6. Bawang putih

Obat stroke alami dari tumbuhan yang keenam adalah bawang putih. Bawang putih adalah obat tradisional yang mampu mengobati banyak penyakit, termasuk stroke. Bawang putih terbukti mampu mencegah penggumpalan darah dan menghancurkan plak yang menumpuk pada permukaan pembuluh darah.

7. Kunyit

Obat stroke alami dari tumbuhan yang ketujuh adalah kunyit. Kunyit adalah bumbu dapur yang sering digunakan sebagai obat herbal. Kunyit bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mencegah tersumbatnya pembuluh darah.

8. Ginkgo biloba

Obat stroke alami dari tumbuhan yang kedelapan adalah gingko biloba. Ginkgo biloba adalah tanaman dari China yang terkenal baik untuk meningkatkan fungsi otak.

Beberapa manfaat ginkgo biloba adalah untuk meningkatkan daya ingat dan mengurangi depresi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tanaman ini mampu meningkatkan fungsi otak setelah terkena stroke.

9. Bilberry

Obat stroke alami dari tumbuhan yang kesembilan adalah bilberry. Kelompok buah beri terkenal dengan kandungan antioksidannya yang tinggi. Khusus bilberry, buah ini mampu menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan gula darah. Keduanya sangat bermanfaat untuk menyembuhkan stroke.

tulah macam-macam obat stroke alami dari tumbuhan yang bisa Anda coba. Ingat, sebelum konsumsi obat stroke alami dari tumbuhan, konsultasilah dengan dokter.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "9 Obat Herbal Stroke yang Ampuh Bantu Kembalikan Fungsi Otak",


Penulis : Nadia Faradiba
Editor : Nadia Faradiba

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru