Selain kompres, obat sakit gigi anak bisa dari 4 hal ini

Kamis, 21 Oktober 2021 | 10:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Selain kompres, obat sakit gigi anak bisa dari 4 hal ini

ILUSTRASI. Bawang putih berguna sebagai obat sakit gigi anak.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga berisiko mengalami sakit gigi. Untuk mengatasinya, Anda memang harus memeriksakannya ke dokter. Namun, obat sakit gigi anak dari bahan alami juga bisa Anda gunakan sebagai obat sementara.

Umumnya, ada beberapa faktor penyebab sakit gigi yang terjadi pada anak-anak. Infeksi bakteri penyebab gigi berlubang adalah faktor pertama yang paling sering dialami anak-anak. Maka dari itu, mengatur makanan dan minuman yang dikonsumsi dan menjaga kebersihan mulut merupakan hal penting.

Selain itu, penyakit sinus dan kondisi kesehatan yang lain bisa menyebabkan masalah serupa. Makanya, Anda perlu bantuan dokter supaya diagnosa yang tepat bisa Anda dapat. Jika pergi ke dokter gigi tertunda, cobalah untuk memakai bahan-bahan berikut ini terlebih dahulu.

Bawang Putih

Kool Smiles (mykoolsmiles.com) mengatakan bahwa bawang putih dapat digunakan sebagai obat sakit gigi. Jenis bahan alami itu mengandung antibiotik yang bisa melawan infeksi bakteri penyebab sakit gigi.

Baca Juga: Selain sakit kepala, ini 4 gejala sinusitis yang lainnya

Caranya, tumbuk satu siung bawang putih lalu potong kecil-kecil. Setelah itu, aplikasikan pada bagian gigi yang sakit selama beberapa menit lalu minta anak untuk berkumur dengan air biasa. Hal itu dilakukan untuk menghilangkan bau bawang putih yang menyengat.

Bawang putih dapat Anda manfaatkan sebagai obat sakit gigi anak.\

Kompres Dingin

Kompres dingin merupakan obat sakit gigi anak yang cukup aman untuk digunakan. Tempatkan sekantung es batu yang dibalut dengan kain bersih di pipi sekitar sakit gigi. Selain meredakan rasa nyeri, kompres dingin juga efektif mengurangi peradangan dan menghentikan gusi berdarah jika terjadi.

Baca Juga: 6 Buah ini dapat mengendalikan asam lambung agar tidak parah

Air Garam

Gunakan air garam sebagai obat sakit gigi anak.

Obat sakit gigi anak berikutnya yang layak Anda jadikan pilihan adalah air garam. Air garam mengandung antibakteri dan antiinflamasi yang efektif melawan infeksi bakteri dan meredakan inflamasi di sekitar gigi yang sakit. Minta anak untuk berkumur memakai air garam beberapa kali sehari supaya sakit gigi cepat sembuh.

Peppermint

Cara mengobati sakit gigi berikutnya yang direkomendasikan Kool Smiles adalah memakai peppermint. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika ingin memakai peppermint. Salah satunya adalah merebus kantung teh peppermint lalu mengaplikasikannya di bagian gigi yang sakit.

Selanjutnya: 4 bahan alami ini bisa menjadi obat radang gusi

Editor: Belladina Biananda
Terbaru