kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selain Kanker, Ini 6 Penyebab Payudara Terasa Sakit yang Perlu Anda Ketahui


Kamis, 11 Agustus 2022 / 14:37 WIB
Selain Kanker, Ini 6 Penyebab Payudara Terasa Sakit yang Perlu Anda Ketahui
ILUSTRASI. Penyebab payudara sakit.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Payudara terasa sakit bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satu penyebab payudara sakit yang sering dikira banyak orang adalah kanker payudara.

Perlu Anda ketahui, ada beberapa penyebab lain payudara terasa sakit yang perlu Anda ketahui. Salah satunya, datang bulan atau menstruasi.

Meski terbilang wajar, Anda tetap harus berhati-hati jika rasa sakit di payudara Anda tidak hilang dalam waktu yang relatif lama.

Rasa sakit pada payudara umumnya belum tentu menjadi masalah yang serius, namun tetap jangan menganggap sepele hal tersebut.

Baca Juga: 6 Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih, Coba Gunakan Bahan Alami Ini

Jika payudara sakit dengan rentang waktu yang cukup lama, sebaiknya segera pergi ke dokter agar dapat diketahui penyebabnya. 

Melansir dari Heathline, ada beberapa penyebab umum payudara sakit, di antaranya: 

Bra yang kekecilan 

Jika Anda menggunakan bra yang kecil atau terlalu ketat akan membuat payudara anda terasa sakit. Pasalnya, otot-otot payudara menjadi tegang sehingga aliran darah tidak lancar. 

Hamil 

Hamil juga bisa menjadi salah satu penyebab payudara sakit. Soalnya, hormon dalam tubuh meningkat di minggu awal kehamilan. 

Haid

Datang bulan atau menstruasi juga merupakan salah satu penyebab payudara sakit. Saat menjelang menstruasi, kebanyakan wanita merasakan hal serupa. 

Sebab, saat menstruasi, tubuh wanita juga mengalami perubahan hormon yang menimbulkan salah satunya sakit di payudara.

Baca Juga: Gunakan MP3 Juice Untuk Download dan Merubah Video Youtube Jadi MP3, Ini Caranya

Menyusui

Penyebab sakit payudara selanjutnya adalah saat menyusui karena peningkatan produksi ASI. Namun tidak usah cemas, seiring berjalannya waktu menyusui bayi rasa sakit akan menghilang. 

Olahraga

Jika Anda merasakan rasa sakit di payudara, mungkin disebabkan oleh otot yang tegang. Jika rasa sakit karena otot tegang, termasuk hal yang wajar. 

Mulailah melakukan pemanasan dahulu sebelum melakukan olahraga sehingga dapat menghindari rasa sakit di payudara.

Selain karena otot payudara yang tegang, rasa sakit tersebut kemungkinan bisa terjadi karena bra yang tidak sesuai sehingga tidak bisa menompang dengan benar payudara saat berolahraga.

Baca Juga: Tangan Sering Terasa Sakit? Waspada 5 Gejala Kolesterol Tinggi Berikut

Cedera

Cedera atau benturan di dada mungkin juga bisa menjadi penyebab payudara sakit. Jika Anda mengalami hal ini dengan rentang waktu relatif lama, alangkah lebih baik konsultasi ke dokter. 

Itulah beberapa penyebab umum payudara sakit. Jika Anda mengalami rasa sakit di luar penyebab di atas atau dengan waktu yang cukup lama, segera menemui dokter agar bisa cepat sembuh dan sehat kembali. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×