Kesehatan Umum

Selain infeksi, penyebab usus buntu lainnya perlu Anda ketahui

Rabu, 09 Juni 2021 | 12:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Selain infeksi, penyebab usus buntu lainnya perlu Anda ketahui

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyakit usus buntu terjadi saat organ yang menempel dengan usus besar itu mengalami peradangan dan pembengkakan. Sampai saat ini, belum bisa dipastikan apa saja penyebab usus buntu. Namun, ada beberapa faktor yang perlu Anda waspadai agar kesehatan tubuh terjaga.

Sama seperti organ dalam tubuh lainnya, usus buntu memegang peranan penting bagi kesehatan tubuh. Mengutip dari Everyday Health (everydayhealth.com), usus buntu merupakan tempat berkumpulnya banyak bakteri baik dan berguna untuk menjaga daya tahan tubuh Anda.

Sayangnya, beberapa infeksi penyakit menyebabkan perkembangan bakteri tak terkontrol sehingga justru mengganggu kesehatan. Sistem imun tubuh pun dapat terganggu saat organ tersebut meradang.

Untuk menghindari masalah kesehatan yang lebih serius, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan usus buntu. Dengan begitu, perawatan yang tepat bisa Anda dapat dengan cepat.

Baca Juga: Gejala usus buntu ini sebaiknya tidak Anda abaikan

Usia dan Riwayat Kesehatan Keluarga

Menurut sebuah penelitian, penyakit usus buntu lebih rentan dialami oleh remaja dan orang dewasa berusia 20-an. Selain itu, riwayat kesehatan keluarga juga berpengaruh terhadap risiko penyakit itu. Sebaiknya Anda lebih waspada jika ada minimal satu anggota keluarga yang pernah menderita penyakit itu.

Cuaca dan Polusi

Melansir Everyday Health, banyak orang mengalami penyakit usus buntu saat cuaca panas. Risiko penyakit itu semakin tinggi saat Anda menghirup banyak polusi dan memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti infeksi saluran pencernaan.

Para peneliti belum bisa menjelaskan bagaimana polusi bisa jadi penyebab usus buntu. Namun, ada kemungkinan jumlah ozon yang terkandung dalam polusi dapat meningkatkan risiko peradangan sehingga risiko infeksi virus dan bakteri pun meningkat.

Baca Juga: Mengalami nyeri perut sebelah kiri? Ini 5 penyebabnya

Infeksi

Infeksi jadi salah satu penyebab usus buntu yang utama. Ada banyak jenis infeksi yang bisa Anda alami. Mulai dari infeksi bakteri E. coli dari makanan yang terkontaminasi, bakteri Pseudomonas dari tanah dan air di sekitar lingkungan Anda, virus, dan jamur.

Untuk menghindari infeksi-infeksi tersebut, penting bagi Anda untuk menerapkan perilaku hidup sehat. Cuci dan masak makanan yang Anda konsumsi agar kondisinya terjaga, bersihkan lingkungan tempat tinggal secara berkala, dan lakukan kebiasaan sehat yang lain.

Kondisi Kesehatan Tertentu

Kondisi kesehatan tertentu termasuk salah satu penyebab usus buntu yang bisa Anda alami.

Kondisi kesehatan tertentu juga bisa menyebabkan penyakit usus buntu, lo. Misalnya, radang usus besar, penyakit crohn, radang saluran pencernaan atas, tumor, dan lain-lain. Kecelakaan, benturan, atau masuknya benda asing di usus buntu juga bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Selanjutnya: Usus buntu, berikut gejala dan penyebabnya yang perlu Anda waspadai

Editor: Belladina Biananda
Terbaru