kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selain bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Ini 6 Manfaat Yogurt untuk Kesehatan


Jumat, 11 Februari 2022 / 14:40 WIB
Selain bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Ini 6 Manfaat Yogurt untuk Kesehatan
ILUSTRASI. Yogurt tawar


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Yogurt, produk susu yang disebut-sebut baik untuk kesehatan bila dikonsumsi dengan benar. Ini manfaat yogurt untuk kesehatan salah satunya meningkatkan daya tahan tubuh. 

Yoghurt merupakan salah satu olahan susu yang banyak digunakan pada campuran makanan sehat. 

Baca Juga: Ingin Meningkatkan Daya Tahan Tubuh? Konsumsi Minuman Berikut Ini

Anda dapat menemukan produk yoghurt dengan aneka rasa yang dijual dalam bentuk saset, karton, gelas, dan botolan yang mudah dibuka di warung, pasar, dan swalayan. 

Yoghurt memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Simak tujuh manfaat mengonsumsi yoghurt untuk kesehatan yang dilansir dari Healthline berikut ini. 

1. Meningkatkan kesehatan tulang 

Yoghurt mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Beberapa nutrisi yang ada dalam yoghurt adalah kalsium, vitamin B, dan fosfor. 

Satu cangkir yoghurt diketahui mengandung 49 persen kalsium, 38 persen fosfor, 12 persen magnesium, dan 18 persen kalium yang dapat memenuhi kebutuhan harian. 

Mineral diketahui dapat meningkatkan kesehatan gigi dan tulang, mengatur tekanan darah, serta vitamin B yang dapat melindungi tubuh terhadap penyakit jantung. 

2. Membantu proses metabolisme tubuh 

Yoghurt menyediakan jumlah protein yang cukup tinggi. Sebanyak 200 gram yoghurt mengandung sekitar 12 gram protein. 

Protein dapat membantu proses metabolisme tubuh dengan meningkatkan pengeluaran energi atau jumlah kalori dibakar oleh tubuh. 

Jumlah protein penting untuk mengatur nafsu makan karena dapat meningkatkan produksi hormon yang menandakan rasa kenyang. 

Manfaat yoghurt ini banyak didapat dari jenis greek yoghurt yang lebih kental dibandingkan yoghurt biasa dengan protein yang lebih sedikit. 

3. Mengurangi gejala gangguan pencernaan 

Beberapa jenis yoghurt mengandung bakteri hidup atau probiotik yang merupakan bagian dari kultur starter. Probiotik dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan.

Jenis yoghurt mengandung probiotik yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dengan mengurangi gejala gangguan pencernaan yang umum, seperti kembung, diare, dan sembelit. 

Sayangnya, banyak yoghurt yang melalui proses pasteurisasi, yaitu proses membunuh bakteri menguntungkan dalam kandungan yoghurt. 
Untuk memastikan kamu membeli yoghurt yang mengandung probiotik efektif, sebaiknya lihat label kemasan label apakah mengandung kultur aktif dan hidup atau tidak. 

Beberapa jenis probiotik yang ditemukan dalam yoghurt, seperti Bifidobacteria dan Lactobacillus, terbukti mengurangi gejala tidak nyaman dari sindrom iritasi usus besar. 

4. Memperkuat imun tubuh 

Mengonsumsi yoghurt, terutama yang mengandung probiotik, secara teratur dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi kemungkinan tertular penyakit. 

Probiotik telah terbukti mengurangi peradangan yang terkait dengan beberapa kondisi kesehatan mulai dari infeksi virus hingga gangguan usus. 

Selain itu, kandungan nutrisi lainnya yang ada dalam yoghurt, seperti magnesium, selenium, dan seng, merupakan mineral yang juga berperan dalam kesehatan sistem kekebalan tubuh. 

Yoghurt yang diperkaya vitamin D juga dapat meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh dan mencegah tubuh terhadap penyakit pilek dan flu. 

5. Mencegah osteoporosis 

Yoghurt mengandung beberapa nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tulang, seperti kalsium, protein, potasium, fosfor dan, vitamin D. 

Semua vitamin dan mineral ini sangat membantu untuk mencegah osteoporosis, kondisi yang ditandai dengan melemahnya tulang dan umum terjadi pada orang tua. 

Mengonsumsi tiga porsi makanan olahan susu, seperti yoghurt, setiap hari dapat membantu menjaga bobot dan kekuatan tulang. 

6. Membuat jantung lebih sehat 

Yoghurt mengandung lemak yang terdiri dari asam lemak tak jenuh tunggal. 

Kandungan lemak yoghurt merupakan salah satu alasan mengapa manfaat kesehatan yoghurt menjadi kontroversial. Keraguan tersebut nyatanya tak terjadi. 

Asupan lemak jenuh dari produk susu diketahui dapat meningkatkan kolesterol baik, High Density Lipoprotein (HDL), yang mampu melindungi kesehatan jantung. 

Selain itu, produk susu seperti yoghurt telah terbukti membantu mengurangi tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.  

7. Mengontrol berat badan

Yoghurt mengandung tinggi protein yang dapat bekerja bersama dengan kalsium untuk meningkatkan kadar hormon pengurang nafsu makan seperti peptida YY dan GLP-1. 

Protein bermanfaat untuk mengendalikan berat badan karena dapat mengurangi jumlah kalori keseluhan yang dapat dikonsumsi tubuh. 

Selain tinggi protein, beberapa yoghurt juga dikenal sebagai produk susu yang mengandung banyak lemak dan dapat mengurangi kemungkinan terjadinya obesitas. 

Yoghurt merupakan sajian yang baik untuk mengontrol berat badan karena kandungan nutrisinya lebih tinggi dibandingkan kandungan kalorinya.(Krisda Tiofani) 

Baca Juga: 6 Aktivitas yang Efektif Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Manfaat Konsumsi Yoghurt, Bisa Tingkatkan Imun Tubuh", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×