Selain Bisa Mengontrol Gula Darah, Ini Manfaat Lidah Buaya untuk Penderita Diabetes

Selasa, 24 Mei 2022 | 17:26 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Selain Bisa Mengontrol Gula Darah, Ini Manfaat Lidah Buaya untuk Penderita Diabetes

ILUSTRASI. Lidah buaya baik untuk kesehatan penderita diabetes.


KONTAN.CO.ID -

JAKARTA. Lidah buaya kaya mineral dan vitamin. Selain bisa mengontrol gula darah, ini manfaat lidah buaya untuk kesehatan penderita diabetes. 

Lidah buaya, salah satu tanaman yang populer dalam dunia medis tradisional. Saat ini, tanaman yang berbentuk seperti kaktus hijau ini menjadi bahan yang penting untuk industri kesehatan dan kecantikan. 

Baca Juga: 10 Manfaat lidah buaya untuk kesehatan: meredakan asam lambung sampai diabetes

Lidah buaya digunakan dalam berbagai produk kecantikan dan kesehatan mulai dari krim, lotion, serum, sampai dengan suplemen. 

Melansir dari situs Food.NDTV.com, satu sendok gel lidah buaya bisa untuk meningkatkan metabolisme, menurunkan berat badan, dan meningkatkan kesehatan kulit serta rambut. 

Tahukah Anda bila lidah biaya baik dikonsumsi oleh penderita diabetes? 

Beberapa penelitian dari seluruh dunia menunjukkan bahwa gel lidah buaya mengandung lektin, mannans, dan antrakuinon yang bisa membantu mengontrol kadar glukosa darah pada penderita diabetes. 

Selain itu, kandungan tersebut juga bermanfaat menjaga serta memperbaiki sel penghasil insulin di pankreas. 

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Traditional and Complementary Medicine, mengonsumsi gel lidah buaya bisa membantu mengendalikan diabetes dan mencapai kadar glukosa darah yang lebih baik. 

Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal Physiotherapy Research menyatakan daging lidah buaya (tanpa gel) bermanfaat mengobati diabetes yang tidak bergantung dengan insulin. 

Menurut diabetes.co.uk, gel lidah buaya dikaitkan dengan penurunan pembengkakan dan penyembuhan luka lebih cepat untuk penderita diabetes. Biasanya, penderita diabetes membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh. 

Baca Juga: Jus tomat bermanfaat menurunkan risiko penyakit jantung, benarkah?

Selanjutnya: 5 Tanda gula darah naik yang perlu diwaspadai

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru