kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Segudang Manfaat Wortel, Kurangi Berat Badan hingga Turunkan Kolesterol


Rabu, 21 Desember 2022 / 10:49 WIB
Segudang Manfaat Wortel, Kurangi Berat Badan hingga Turunkan Kolesterol
ILUSTRASI. Berikut manfaat wortel untuk kesehatan tubuh yang harus Anda ketahui.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wortel tidak hanya bermanfaat menjaga kesehatan mata. Wortel dipercaya ampuh mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. 

Wortel, sayuran dengan warna orange ini jadi idola sebagian besar masyarakat. Tidak heran, wortel mempunyai kegudang manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Wortel mengandung beragam jenis nutrisi dan manfaat. Nutrisi wortel termasuk serat, vitamin, dan mineral. Beberapa zat gizi pada wortel juga ada yang bertindak sebagai molekul antioksidan. 

Baca Juga: Anda menderita diabetes? Ini buah yang aman untuk dikonsumsi

Senyawa karotenoid dalam wortel, seperti beta-karoten dan alfa-karoten, menjadi zat gizi kunci yang dipercaya bermanfaat untuk kesehatan , termasuk untuk melawan kanker. 

Manfaat wortel lainnya juga bersumber pada kandungan vitamin, termasuk vitamin C dan A. Sebaiknya tidak dilewatkan, ini manfaat wortel untuk kesehatan tubuh. 

1. Menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah 

Mengonsumsi makanan berserat tinggi, serta mencukupi kebutuhan kalium, dapat melindungi jantung, serta menjaga tekanan darah. Di sinilah khasiat dan manfaat wortel yang sangat potensial, karena sayuran ini kaya dengan serat serta kalium. 

2. Mencegah diabetes 

Wortel mengandung molekul-molekul antioksidan, yang dipercaya dapat mengendalikan gula darah. Selain itu, indeks glikemik sayuran oranye ini tergolong rendah, yakni 39. 

3. Menurunkan risiko kanker prostat 

Para ahli menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi karetonoid dengan penurunan kanker prostat. Walau begitu, riset lanjutan masih sangat diperlukan, untuk menggali hubungan sebab-akibatnya. 

4. Melawan kanker usus besar 

Menurut ahli di Jepang, rajin mengonsumsi beta-karoten dapat menurunkan risiko kanker kolorektal. Kanker kolororektal adalah kanker yang tumbuh di usus besar bagian akhir, atau pada bagian usus besar yang dekat ke anus. 




TERBARU

[X]
×