Kesehatan Umum

Sebaiknya, penyebab susah tidur ini segera Anda tangani

Selasa, 01 September 2020 | 12:30 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Sebaiknya, penyebab susah tidur ini segera Anda tangani

ILUSTRASI. Penyebab susah tidur yang ditangani dengan baik akan berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bagi sebagian orang, susah tidur bisa berakibat fatal. Anda menjadi lebih mudah cemas, lelah, dan mudah marah saat tak mendapat waktu tidur yang cukup. Penyebab susah tidur perlu segera ditangani. Kalau tidak, obesitas, tekanan darah tinggi, dan penyakit lain bisa terjadi.

Menurut Harvard Health Publishing, ada 4 penyebab susah tidur utama yang perlu Anda perhatikan. Faktor penyebab yang dimaskud adalah usia, gaya hidup, perawatan medis, dan kondisi lain yang tak disadari.

Usia

Penyebab susah tidur yang pertama bisa dikarenakan usia. Seiring berjalannya waktu, ritme sirkadian atau jam biologis tubuh bisa berubah. Anda mungkin akan merasa ngantuk pukul 8 malam kemudian bangun pukul 4 pagi dan tidak bisa tidur lagi.

Baca Juga: Ini bahayanya minum teh berlebihan, susah tidur hingga komplikasi kehamilan

Anda tak perlu khawatir mengenai kondisi tersebut. Hal yang bisa Anda lakukan adalah mengubah kebiasaan atau kegiatan Anda mengikuti ritme sirkadian yang dimiliki tubuh Anda.

Gaya Hidup

Gaya hidup jadi penyebab susah tidur selanjutnya yang disebutkan Harvard Health Publishing. Mengonsumsi alkohol memang bisa membuat Anda lebih mudah tidur. Namun, hal itu justru bisa mengganggu kualitas tidur. Anda menjadi lebih sering ke toilet untuk buang air kecil.

Selain mengonsumsi alkohol, kafein juga dapat jadi penyebab susah tidur. Contoh minuman yang mengandung kafein adalah kopi, teh, dan soda. Tak hanya itu, makan beberapa jam sebelum waktu tidur juga mengganggu waktu istirahat karena metabolisme kembali aktif.

Perawatan Medis

Harvard Health Publishing mengatakan bahwa perawatan medis bisa jadi penyebab susah tidur. Beberapa jenis perawatan yang dimaksud adalah konsumsi antidpresan, corticosteroid untuk asma, beta blocker untuk darah tinggi, dan lain-lain.

Baca Juga: Waspadai pola tidur yang tidak teratur bisa pemicu penyakit jantung

Kondisi Lain

Penyebab susah tidur juga bisa dikarenakan kondisi tubuh tertentu yang tak Anda sadari. Misalnya, depresi atau kecemasan, radang kelenjar prostat, penyakit kronis, neuropathy atau penyakit saraf, dan kondisi lainnya.

Penyebab susah tidur bisa diobati dengan berkonsultasi pada dokter. Selain itu, Anda juga bisa mengubah gaya hidup Anda. Harvard Health Publishing merekomendasikan beberapa hal, yaitu bangun tidur di jam yang sama setiap hari, tidur di ruangan yang tenang dan gelap, dan olahraga teratur.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru