kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sayuran & Buah Terbaik untuk Penderita Gula Darah Tinggi, Cek di Sini


Rabu, 27 Juli 2022 / 10:08 WIB
Sayuran & Buah Terbaik untuk Penderita Gula Darah Tinggi, Cek di Sini
ILUSTRASI. Mengidentifikasi sayuran terbaik dan terburuk untuk penderita gula darah tinggi merupakan langkah pencegahan yang harus dilakukan.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Mendapatkan diagnosis penyakit gula darah tinggi atau diabetes, baik untuk diri sendiri atau orang yang dicintai, bisa sangat melelahkan. Banyak yang harus diubah, terutama soal pola makan. 

Namun terkadang, dalam mencoba menyesuaikan diet dengan semua saran baru ini, banyak hal yang bisa membingungkan. Salah satu bidang tersebut adalah memilih sayuran untuk penderita gula darah tinggi. 

Yang perlu diketahui, ada beberapa sayuran bukanlah pilihan yang tepat dan harus jarang dimakan oleh penderita gula darah tinggi.

Melansir allrecipes.com, mengidentifikasi sayuran terbaik dan terburuk untuk penderita gula darah tinggi merupakan langkah pencegahan yang harus dilakukan. 

Sayuran dan Buah Terbaik untuk Penderita Gula Darah Tinggi

Jika Anda menderita gula darah tinggi, pra-diabetes, atau Anda sedang mencoba untuk mengontrol kadar gula darah Anda, makan lebih banyak sayuran adalah langkah yang baik. 

Sayuran biasanya penuh dengan serat dan nutrisi yang membantu tubuh Anda menjaga gula darah yang sehat, dan tidak seperti sisi bertepung, seperti nasi dan pasta, mereka sering memiliki dampak yang lebih kecil pada kadar gula darah Anda setelah makan. 

Tapi Anda pasti ingin menekankan sayuran yang tepat saat mengisi piring Anda.

"Yang terbaik adalah fokus pada sayuran non-tepung, seperti sayuran berdaun hijau - bayam, kangkung, arugula, asparagus, bawang, sayuran silangan, dan lainnya," kata Heather Hanks, ahli gizi USA Rx.

Baca Juga: 5 Manfaat Air Kelapa, Salah Satunya Meredakan Asam Lambung Tinggi

Sayuran ini sangat padat nutrisi. Itu hal yang sangat bagus. 

"Mereka penuh dengan serat dan antioksidan untuk memperlambat pembuangan glukosa darah dan mengontrol respons insulin. Mereka juga rendah glikemik, artinya mereka tidak akan meningkatkan gula darah Anda terlalu banyak," kata Hanks.

Berikut adalah daftar sayuran dan buah-buahan untuk penderita gula darah tinggi seperti yang dihimpun dari allrecipes.com dan diabetescarecommunity.ca:

1. Brokoli

Apakah Anda memasukkannya ke dalam salad atau menambahkannya ke casserole Anda, brokoli bukanlah ide yang buruk. Brokoli rendah kalori dan tinggi vitamin C, vitamin B, dan serat.

"Menambahkan sayuran kaya serat ini ke dalam rutinitas makan rutin Anda adalah cara yang bagus untuk menstabilkan kadar gula darah dan mengonsumsi lebih sedikit kalori sambil tetap merasa puas," kata Mackenzie Burgess, RDN, ahli gizi diet terdaftar dan pengembang resep di Cheerful Choices.

2. Kembang kol

"Kembang kol rendah kalori sementara tinggi nutrisi penting seperti vitamin C, folat, dan serat," kata Burgess.

Faktanya, satu kepala kembang kol berukuran sedang mengandung 12 gram serat makanan.

"Serat ini membuat sistem pencernaan kita bergerak dan dapat membantu meningkatkan kadar gula darah," kata Burgess.

Baca Juga: 9 Gejala Diabetes yang Harus Diwaspadai Sebelum Memburuk

3. Asparagus

Sayuran ramah diabetes lainnya yang lezat untuk ditambahkan ke piring adalah asparagus.

"Hanya dalam satu cangkir Anda mendapatkan tiga gram serat dan hanya lima gram karbohidrat," kata Harland Adkins, ahli gizi dan pendidik diabetes terdaftar.

4. Kale

Kale lebih populer dalam beberapa tahun terakhir, dan sangat disukai dalam sup atau salad dan bahkan dipanggang menjadi keripik kale.

Menawarkan tiga gram serat dan hanya enam gram karbohidrat per cangkir, kale adalah tambahan yang sempurna untuk tubuh.

5. Berry

Kaya akan anti-oksidan, yang membantu mencegah kerusakan sel dalam tubuh, blueberry dan buah beri lainnya adalah tambahan yang bagus untuk diet diabetes Anda. 

Blueberry khususnya telah terbukti meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan kolesterol jahat. 

Dalam sebuah penelitian besar baru-baru ini, wanita yang mengonsumsi makanan kaya antioksidan tingkat tinggi seperti buah beri, memiliki penurunan risiko diabetes sebesar 27%.

Plus, buah beri penuh dengan nutrisi dan rendah gula, jadi ini adalah cara yang bagus untuk memuaskan gigi manis Anda tanpa beralih ke permen tradisional.

Baca Juga: Brokoli Terbukti Menurunkan Gula Darah Mengacu Penelitian, Simak Cara Penyajiannya

6. Apel

Buah favorit ini dipenuhi dengan serat (terutama jika Anda tetap memakan dengan kulitnya) dan vitamin C. Apel juga mengandung bahan kimia yang disebut anthocyanin, yang telah terbukti meningkatkan insulin, dan dapat melindungi terhadap diabetes dan obesitas.

Apel, seperti buah lainnya, masih merupakan sumber karbohidrat, jadi cobalah untuk memilih apel berukuran lebih kecil (yaitu seukuran bola tenis) dan pastikan untuk memasukkan karbohidrat dalam rencana makan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×