kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sayur & Makanan Penyebab Asam Urat, Catat Pula Obat Alami Mengatasi Penyakit Ini


Senin, 03 Oktober 2022 / 04:55 WIB
Sayur & Makanan Penyebab Asam Urat, Catat Pula Obat Alami Mengatasi Penyakit Ini


Sumber: KONTAN.co.id,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penderita asam urat harus menghindari sejumlah sayur dan makanan yang bisa menjadi penyebab kambuhnya penyakit tersebut. Selain itu, penting juga mengetahui obat alami untuk mengatasi asam urat.

Sejumlah sayur dan makanan penyebab asam urat harus dihindari agar penyakit itu tidak kambuh lagi. Pasalnya, asam urat yang kambuh menimbulkan rasa nyeri yang menggangu aktivitas sehari-hari.

Bahkan, asam urat yang tidak diatasi bisa menyebabkan kerusakan sendi secara permanen. Asam urat juga bisa memicu gangguan kesehatan lain seperti radang sendi, penyakit ginjal dan penyakit jantung.

Oleh karena itu, penting untuk segera mengatasi asam urat dengan obat-obatan. Selain obat dokter atau apotek, sejumlah bahan alami juga bisa mengatasi asam urat.

Sayuran dan makanan lain penyebab asam urat kambuh

Dilansir dari Kompas.com, berikut sayuran penyebab asam urat kambuh yang harus dihindari para penderita:

1. Asparagus

Daftar sayuran penyebab asam urat kambuh yang pertama adalah asparagus. Asparagus mengandung purin yang sedang. Batasan konsumsinya disarankan tidak lebih dari 85 gram dalam sehari dan tidak lebih dari lima kali dalam seminggu.

Meski begitu, mengonsumsi asparagus sebagai sumber vitamin B-6, E dan C juga dapat dijadikan sebagai pola makan yang sehat. Caranya yang paling aman adalah dengan mengombinasikan asparagus dengan sayuran lain seperti bawang-bawangan atau okra.

Baca Juga: Beda Dengan Asam Urat, Ini Obat Rematik Yang Tak Perlu Dibeli Di Apotik

2. Kembang kol

Daftar sayuran penyebab asam urat kambuh yang kedua adalah kembang kol. Batasan mengonsumsi kembang kol yang disarankan adalah 85 gram dan tidak boleh terlalu sering mengonsumsinya.

Sebagai pengganti kembang kol, akan lebih aman jika mengonsumsi brokoli, karena sayuran berwarna hijau ini memiliki kadar purin yang rendah.

3. Jamur

Daftar sayuran penyebab asam urat kambuh yang ketiga adalah jamur. Jamur mengandung purin yang tinggi. Pasien asam urat disarankan makan jamur tidak lebih dari 85 gram dan maksimal lima kali dalam seminggu.

4. Bayam

Daftar sayuran penyebab asam urat kambuh yang keempat adalah bayam. Bayam diketahui mengandung purin dalam jumlah sedang. Ketika dikonsumsi berlebihan maka dampaknya bisa memicu asam urat melonjak.

5. Kacang polong

Daftar sayuran penyebab asam urat kambuh yang kelima adalah kacang polong. Kacang polong sering dijumpai dalam sajian tumis-tumisan. Jenis sayuran renyah yang satu ini juga tidak disarankan untuk dikonsumsi berlebihan.

Batasan konsumsi yang aman adalah 85 gram dan tidak lebih dari lima kali dalam seminggu. Agar asam urat aman terkendali, kita dapat menggantinya dengan sayuran lain yang lebih rendah purin seperti wortel, zucchini atau seledri batang yang lebih aman.

Makanan lain penyebab asam urat kambuh

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, berikut daftar makanan lain penyebab asam urat kambuh:

Udang

Makanan selain sayur penyebab asam urat kambuh yang pertama adalah udang. Livestrong.com menyebutkan bahwa udang merupakan salah satu seafood yang perlu Anda hindari untuk mengurangi jumlah asam urat. Anda bisa mendapat 273.2 mg purin dari mengonsumsi 3.5 ons udang. Jadi, Anda perlu menggantinya dengan bahan makanan lain yang lebih sehat.

Jeroan dan daging Sapi

Makanan selain sayur penyebab asam urat kambuh yang kedua adalah jeroan sapi. Dalam 3.5 ons ginjal sapi, Anda bisa mendapatkan 174.2 mg purin. Daging sapi juga memiliki banyak purin. Artinya, Anda perlu mewaspadai konsumsi jenis makanan tersebut.

Jeroan Ayam

Makanan selain sayur penyebab asam urat kambuh yang ketiga adalah jeron ayam. Dalam 3.5 ons hati ayam mengandung 312.2 mg purin. Alih-alih mengonsumsi bagian ayam tersebut, cobalah untuk mengonsumsi bagian ayam lain yang mengandung lebih sedikit purin, misalnya dada, paha, atau sayap ayam.

Kerang

Makanan selain sayur penyebab asam urat kambuh yang keempat adalah kerang. Meski memiliki banyak nutrisi, Anda bisa menemukan 184.5 mg purin dalam 3.5 ons kerang. Tak ada salahnya untuk mengganti kerang dengan jenis makanan lain yang lebih baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Ikan Teri

Makanan selain sayur penyebab asam urat kambuh yang kelima adalah ikan teri. Mengutip dari Livestrong.com, jumlah purin dalam tubuh bisa bertambah sebanyak 303.9 mg jika Anda mengonsumsi 3.5 ons ikan teri. Tidak hanya itu, ikan teri juga dipenuhi dengan sodium. Mengonsumsi 3.5 ons ikan teri dapat memenuhi kebutuhan sodium harian tubuh hingga 153%.

Obat alami asam urat

Mengutip Kompas.com, sejumlah bahan herbal dan makanan bisa diramu menjadi obat alami untuk mengatasi asam urat sebelum berkembang menjadi masalah serius.

Berikut obat alami untuk mengatasi asam urat.

1. Ceri

Obat alami untuk mengatasi asam urat yang pertama adalah buah ceri. Mengutip The Healthy, ceri memiliki sifat antioksidan yang sangat baik menjadi obat alami untuk mengatasi penyakit asam urat. Ceri juga membantu mengurangi peradangan dan asam urat karena mengandung anthocyanin.

2. Jahe

Obat alami untuk mengatasi asam urat yang kedua adalah jahe. Mengutip The Healthy, jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu obat alami untuk meredakan asam urat.

Salah satu cara untuk mengkonsumsi jahe adalah dengan memasukkan ke dalam masakan sebagai bumbu penyedap. Cara lain adalah dengan menambahkan setengah sendok teh bubuk jahe ke dalam air mendidih dan meminum campuran itu setelah menjadi hangat.

Pilihan lainnya adalah dengan meramu jahe menjadi obat oles. Caranya dengan mencampur bubuk jahe dengan air hingga menjadi pasta, lalu mengoleskannya ke daerah yang terkena asam urat. Anda perlu membiarkannya selama sekitar 30 menit.

3. Cuka sari apel

Obat alami untuk mengatasi asam urat yang ketiga adalah cuka sari apel. Mengutip The Healthy, cuka sari apel adalah salah satu bahan yang dapat menjadi obat alami untuk mengatasi penyakit asam urat. Keasaman dari cuka mampu membantu mengurangi rasa nyeri dan mengurangi peradangan yang terjadi.

Untuk Anda yang ingin menggunakan obat alami ini, disarankan untuk menambahkan satu sendok teh cuka sari apel ke dalam segelas air dan minum 2-3 kali sehari.

4. Pisang

Obat alami untuk mengatasi asam urat yang keempat adalah pisang. Mengutip The Healthy, pisang yang mungkin menjadi makanan rumahan biasanya nyatanya bisa menjadi obat alami untuk mengatasi asam urat.

Tingginya kadar potasium pada pisang mengubah kristal asam urat dalam tubuh menjadi cair, yang kemudian akan dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk air kencing. Pisang juga mengandung vitamin C, yang dapat membantu mengurangi asam urat. Selain itu, pisang merupakan makanan anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan yang terjadi karena penyakit asam urat.

5. Apel

Obat alami untuk mengatasi asam urat yang kelima adalah apel. Mengutip The Healthy, sebuah apel sehari dapat meringankan penyakit asam urat Anda, sehingga mengurangi intensitas Anda bolak-balik ke dokter.

Hal itu karena apel mengandung asam malat yang akan mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri hebat sebagai gejala asam urat. Asam malat menjadikan apel salah satu obat alami untuk mengatasi asamurat yang paling optimal.

6. Air lemon

Obat alami untuk mengatasi asam urat yang keenam adalah air lemon. Mengutip The Healthy, cara terbaik untuk meredakan rasa nyeri dan pembengkakan dari asam urat adalah dengan mengurangi kadarnya dalam aliran darah.

Lemon adalah buah lainnya yang dapat Anda manfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi asam urat. Air lemon berfungsi sebagai dalam tubuh yang akan mengurangi jumlah asam urat. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan air lemon menjadi obat alami penyakit asam urat.

Air lemon dari satu buah utuh dapat Anda campur dengan setengah sendok teh soda kue. Lalu, setelah desisnya berhenti tambahkan itu ke segelas air dan segera minum. Cara lainnya adalah menambahkan air lemon ke segelas air putih dan minum sekitar tiga gelas sehari.

7. Seledri

Obat alami untuk mengatasi asam urat yang ketujuh adalah seledri. Mengutip Healthline, seledri adalah sayuran yang umumnya dimanfaatkan untuk mengobati masalah kencing.

Untuk mengatasi asam urat, Anda bisa memanfaatkan seledri utuh atau bijinya sebagai obat alami. Ini telah menjadi pengobatan rumahan yang populer. Anda bisa mengkonsumsi sayuran ini dalam bentuk mentah, menjadikannya jus, atau ekstrak. Jika membeli ekstrak atau suplemen, ikuti petunjuk label dengan cermat sebelum mengkonsumsinya.

Itulah daftar sayur dan makanan penyebab asam urat kambuh yang harus menjadi pantangan bagi para penderitanya. Jangan lupa, pahami obat alami untuk mengatasi asam urat sebagai alternatif penyembuhan. Jika sakit berlanjut hubungi dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×