kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saran Ahli, Ini Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ekstrem


Senin, 21 Maret 2022 / 08:10 WIB
Saran Ahli, Ini Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ekstrem
ILUSTRASI. Banyak minum air putih termasuk cara menurunkan berat badan tanpa diet ekstrem


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Diet dan olahraga adalah cara menurunkan berat badan yang sering dilakukan. Namun, ada juga cara menurunkan berat badan tanpa harus melakukan diet.

Kelebihan berat badan bisa terjadi ketika seseorang tidak menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat. Sering kali, mereka yang menyadari bahwa berat badannya berlebih, akan melakukan diet ekstrem untuk menurunkan berat badannya, seperti pantang mengonsumsi makanan tertentu, mengurangi porsi makan, hingga memangkas jumlah makan dalam sehari.

Akibatnya, konsep diet identik dengan penyiksaan tubuh karena tidak memberikan keleluasaan bagi tubuh untuk mengonsumsi makanan apa pun. Dikutip dari Eat This, menurunkan berat badan bisa dilakukan tanpa diet yang ekstrem dan menyiksa.

Cara menurunkan berat badan tanpa diet tersebut telah direkomendasikan oleh para ahli. Mereka justru merekomendasikan kebiasaan kecil yang dapat menurunkan berat badan tanpa melakukan diet yang ekstrem.

Cara menurunkan berat badan tanpa diet

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan tanpa melakukan diet:

1. Tidak melewatkan sarapan

Cara pertama menurunkan berat badan tanpa diet adalah tidak melewatkan sarapan. Melewatkan sarapan dianggap bisa memotong beberapa kalori yang dikonsumsi oleh tubuh.

Cara tersebut dilakukan agar asupan kalori per hari dapat diolah menjadi energi dan tidak menyisakan lemak yang berlebihan dalam tubuh. Sayangnya, konsep tersebut salah kaprah menurut buku Zero Belly Breakfasts.

Sarapan justru sebaiknya dilakukan agar tubuh tidak cepat merasa lapar sehingga konsumsi makan siang tidak berlebihan. Sebaliknya, jika Anda melewatkan sarapan, metabolisme tubuh akan melambat sehingga Anda mudah lapar. "Ketika Anda tidak makan cukup kalori, metabolisme Anda dapat melambat," kata Jim White, ahli dietitian dan fisiologi olahraga.

"Akibatnya, kamu cenderung makan berlebihan," imbuhnya.

Baca Juga: Cukup dengan 3 Gerakan, Cara Ini Ampuh Mengecilkan Perut Buncit Pria dan Wanita

2. Bangun pagi

Cara kedua menurunkan berat badan tanpa diet adalah rutin bangun pagi. Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menunjukkan, orang yang bangun pagi terlihat lebih bahagia dan lebih kurus. Hal tersebut lantaran paparan awal sinar matahari yang alami.

Peneliti dari Northwest University itu menemukan bahwa orang yang terpapar sinar matahari pada pagi hari cenderung memiliki berat badan yang lebih sedikit darupada mereka yang bangun siang. Apabila Anda ingin menurunkan berat badan tanpa melakukan diet, Anda bisa mencoba membiasakan diri untuk bangun pagi.

3. Olahraga

Cara ketiga menurunkan berat badan tanpa diet adalah olahraga. Salah satu manfaat bangun pagi adalah memberikan waktu pagi hari yang lebih luang. Sembari memperoleh sinar matahari di pagi hari, Anda juga bisa melakukan olahraga kecil. Sebuah penelitian mencatat, dengan melakukan olharaga di pagi hari, metabolisme tubuh akan meningkat dan kalori bisa terbakar sepanjang hari.

4. Mengonsumsi buah

Cara menurunkan berat badan tanpa diet selanjutnya adalah mencoba menyukai buah-buahan. Anda bisa mengganti camilan harian ke buah-buhan. Kendati demikian, konsumsi buah-buahan tersebut juga perlu diperhatikan. Pasalnya konsumsi buah-buahan yang berlebihan dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Alih-alih menurunkan berat badan, hal tersebut justru bisa menaikkan berat badan.

5. Imbangi dengan konsumsi sayuran

Cara kelima menurunkan berat badan tanpa diet adalah rutin konsumsi sayuran. Sayuran adalah pilihan makanan yang tepat untuk menurunkan berat badan, terutama sayuran hijau. Semakin banyak sayuran di piring, semakin kecil makanan kurang sehat di dalam piring makan itu. Selain mngonsumsi sayuran, Anda juga bisa mencoba mengonsumsi ubi-ubian, seperti kentang, singkong, ubi jalar, ubi rambat, dan talas.

6. Mengonsumsi makanan berprotein

Cara keenam menurunkan berat badan tanpa diet adalah konsumsi makanan berprotein. Makanan yang mengandung protein membantu membangun otot yang dapat membakar lemak saat istirahat. Selain itu, protein juga memberikan rasa kenyang yang lebih lama. "Sangat penting untuk memiliki protein setiap kali makan," ujar White.

Kendati demikian, perlu diketahui bahwa konsumsi makanan berprotein juga perlu diimbangi dengan nutrisi lainnya. Sebagai contoh, Anda bisa mengombinasikan makanan berprotein dengan makanan berkalori sebagai menu makan siang Anda. Atau, bisa juga mengombinasikan makanan berportein dengan makanan yang mengandung lemak.

7. Mengonsumsi makanan dalam porsi kecil

Cara menurunkan berat badan bisa juga dilakukan dengan tetap mengonsumsi makanan sebanyak 3 kali sehari, namun dengan porsi yang lebih sedikit. "Cobalah untuk tetap makan dengan porsi kecil dan sering sepanjang hari," saran White. Menurutnya, hal tersebut penting untuk mempercepat metabolisme tubuh sehingga tubuh tidak mudah lapar. Selain itu, makan dengan poris kecil namun sering dapat memberikan lebih banyak energi sepanjang hari.

8. Minum air mineral yang cukup

Minum air putih dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga berat badan dapat turun secara alami. Bahkan penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism mengatakan bahwa mengonsumsi air mineral yang cukup dapat mencegah lemak yang tertimbun di sekitar perut.

Begitu juga ketika Anda sedang makan. Sebaiknya, awali kegiatan makan dengan minum beberapa teguk air mineral. Jurnal Obesity mencatat, seseorang yang minum beberapa teguk air mineral sebelum makan cenderung mengonsumsi lebih sedikit makanan.

9. Hindari menerapkan pantangan makanan

Cara menurunkan berat badan dengan menerapkan pantangan makan justru tidak direkomendasikan. Pasalnya, pantangan makan ini justru dapat mengakibatkan produksi hormon kortisol yang dapat memicu terjadinya stres. Selain itu, White mengatakan bahwa pantangan makanan tidak realistis untuk dilakukan dalam jangka panjang.

Itulah berbagai cara menurunkan berat badan tanpa diet ekstrem yang bisa Anda coba. Selamat mencoba!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "9 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Menurut Rekomendasi Ahli",


Penulis : Alinda Hardiantoro
Editor : Sari Hardiyanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×