kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cukup dengan 3 Gerakan, Cara Ini Ampuh Mengecilkan Perut Buncit Pria dan Wanita


Jumat, 18 Maret 2022 / 06:35 WIB
Cukup dengan 3 Gerakan, Cara Ini Ampuh Mengecilkan Perut Buncit Pria dan Wanita
ILUSTRASI. gerakan plank, salah satu cara Ini ampuh mengecilkan perut buncit pria dan wanita


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Olahraga dan diet adalah cara yang banyak dilakukan untuk mengecilkan perut buncit pada pria dan wanita. Berikut ini, tiga gerakan olahraga yang efektif mengecilkan perut buncit pada pria dan wanita.

Perut buncit adalah kondisi ketika lemak menumpuk di sekitar area perut. Hal tersebut bisa terjadi pada laki-laki dan perempuan. Selain penumpukan lemak di area perut, perut buncit juga ditandai dengan peningkatan berat badan serta penambahan ukuran lingkar perut.

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Michael Triangto mengatakan, parameter seseorang yang mengalami perut buncit bisa diukur dari lingkar perutnya. “Pada pria, lingkar perutnya tidak boleh lebih dari 90 sentimeter. Sementara, lingkar perut wanita tidak boleh lebih dari 80 sentimeter,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (16/3/2022).

Apabila seseorang memiliki ukuran lingkar perut melebihi batas tersebut, maka orang itu termasuk ke dalam kategori penderita perut buncit. Perut buncit ini tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga meningkatkan risiko penyakit yang buruk, seperti kolesterol, hipertensi, diabetes, kanker, dan sebagainya.

Lantas bagaimana cara mengecilkan perut buncit pada pria dan wanita?

Baca Juga: 7 Penyebab Menumpuknya Lemak Perut, Salah Satunya Stres

Cara mengecilkan perut buncit pada pria dan wanita

Cara mengecilkan perut buncit pada pria dan wanita sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan. Misalnya, dengan mengonsumsi minuman herbal yang memiliki klaim mengecilkan perut atau melakukan olahraga yang tidak direkomendasikan.

Michael mengatakan, cara mengecilkan perut buncit pada pria dan wanita harus dilakukan berdasarkan kondisi tubuh seseorang. Pasalnya, tidak semua orang yang mengalami perut buncit memiliki permasalahan dengan berat badan.

“Bisa juga berat badan seseorang sudah ideal, namun lingkar perutnya lebih daripada yang diharapkan dari parameter tadi,” ujarnya. Seseorang yang memiliki permasalahan tersebut, direkomendasikan untuk melakukan latihan olahraga yang melatih otot perutnya.

Adapun bagi seseorang yang memiliki permasalahan perut buncit dan kelebihan berat badan, maka cara mengatasinya berbeda. Hal ini sering dialami oleh penderita obesitas. “Kalau yang terkait dengan kelebihan berat badan tentunya kita tidak dapat olahraga saja. Kita juga harus mengatur pola makan,” imbuhnya.

Selain mengatur pola makan, olahraga yang direkomendasikan untuk mengecilkan perut buncit pada pria dan wanita dengan kelebihan berat badan ini adalah olahraga kardio, seperti joging, bersepeda, jalan cepat, dan sebagainya. Olahraga kardio ini bertujuan untuk menurunkan berat badan secara keseluruhan sehingga ukuran badannya akan berkurang, termasuk ukuran lingkar perut. “Namun, latihan kardio saja tidak cukup. Harus dibarengi dengan latihan ototnya,” kata Michael.

Latihan untuk mengecilkan perut buncit pada pria dan wanita

Dikutip dari Eat This, Senin (14/3/2022), personal trainer di Fyt, Matt Laurie merekomendasikan 3 latihan olahraga sebagai cara mengecilkan perut buncit pada pria dan wanita.

Berikut 3 gerakan yang bisa menjadi cara untuk mengecilkan perut buncit pada pria dan wanita:

1. Lakukan latihan V-Up

Cara mengecilkan perut buncit pada pria dan wanita adalah dengan melakukan latihan V-Up. V-Up merupakan variasi dari latihan sit-up. Gerakan ini dilakukan dengan posisi terlentang seperti posisi sit-up pada umumnya.

Laurie mengatakan, gerakan dilakukan dengan cara meletakkan tangan dan kaki di atas lantai. Kemudian secara bersamaan, angkat kedua kaki dan dada Anda hingga keduanya saling berdekatan.

Jaga keseimbangan badan dengan tangan sejajar lurus ke depan. Tahan posisi akhir selama beberapa menit. Kemudian lakukan berulang. “Lemak di perut akan mulai terbakar setelah beberapa gerakan berulang," ujar Laurie.

2. Latihan menggunakan ball crunch

Cara lain mengecilkan perut buncit pada pria dan wanita adalah dengan menggunakan ball crunch. Ball crunch atau sering disebut dengan gym ball merupakan salah satu alat olahraga yang menyerupai bola. Bola ini bisa digunakan untuk melatih kekuatan dan fleksibilitas, salah satunya untuk mengecilkan perut buncit.

Laurie merekomendasikan latihan untuk mengecilkan perut menggukan gym ball ini. Caranya, letakan punggung Anda di permukaan gym ball. Gunakan kaki sebagai tumpuan saat mengangkat badan agar stabil.

Dalam beberapa menit, tanah gerakan tersebut dengan cara menyeimbangkan tubuh. Kemudian turunkan badan ke posisi awal. Ulangi latihan tersebut sebanyak beberapa kali untuk mengecilkan perut.

3. Plank

Cara selanjutnya untuk mengecilkan perut buncit pada pria dan wanita adalah melakukan plank. Melakukan plank di atas bola busu cenderung lebih menantang untuk menjaga keseimbangan, sehingga cocok disertakan dalam rangkaian olahraga mengecilkan perut buncit.

Olahraga plank tampaknya sudah akrab di masyarakat. Olahraga ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya mengecilkan perut buncit. Tak hanya mengecilkan, gerakan plank yang dilakukan secara rutin juga bisa mengencangkan perut.

Gerakan plank diawali dengan posisi badan tengkurap. Gunakan kedua siku tangan dan kedua kaki sebagai tumpuan ketika Anda mulai mengangkat badan.

Tahan posisi tersebut dalam beberapa menit. Usahakan agar badan sejajar ketika diangkat dengan cara mengencangkan otot di sekitar perut. Ketiga gerakan tersebut bisa dilakukan untuk mengecilkan perut buncit. Kendati demikian, lakukan gerakan secara konsisten setiap harinya.

Itulah berbagai cara mengecilkan perut buncit pada pria dan wanita. Selamat mencoba!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Mengecilkan Perut Buncit dalam 3 Gerakan",


Penulis : Alinda Hardiantoro
Editor : Sari Hardiyanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×