kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sama-sama virus corona ini, perbedaan SARS, MERS, dan pneumonia Wuhan


Minggu, 26 Januari 2020 / 19:46 WIB
Sama-sama virus corona ini, perbedaan SARS, MERS, dan pneumonia Wuhan
ILUSTRASI. Infeksi virus corona jenis baru pada manusia dapat memicu penyakit serius, bahkan menyebabkan kematian.


Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Coronavirus atau virus corona adalah virus yang jamak menjadi biang penyakit batuk dan pilek. Namun, infeksi virus corona jenis baru pada manusia dapat memicu penyakit serius, bahkan menyebabkan kematian. Virus corona jenis 2019 novel coronavirus (2019-nCoV) mewabah dari Wuhan, China, sejak Desember 2019.

Hingga Minggu (26/1) siang, penyebaran virus corona jenis Wuhan coronavirus atau 2019-nCoV telah teridentifikasi di 14 negara. Sebelum virus corona baru muncul di Wuhan dan memicu pneumonia atau radang paru-paru, virus corona jenis berbeda juga pernah menimbulkan wabah.

Antara lain menyebabkan severe acute respiratory syndrome (SARS) atau sindrom pernapasan akut parah. Penyakit ini merebak dari China, pada 2003. Virus corona juga menyebabkan penyakit Middle Eastern Respiratory Syndrome (MERS) atau sindrom pernapasan Timur Tengah. Penyakit ini awalnya terdeteksi di Arab Saudi, pada 2012.

Baca Juga: Virus corona semakin menyebar, Menteri Kesehatan China beri peringatan

Asal mula virus corona

Melansir Science News, virus corona adalah zoonosis. Artinya, inang virus berasal dari hewan dan terkadang menular ke manusia. Infeksi Wuhan corona atau 2019-nCoV kali pertama terdeteksi dari pasien yang mengunjungi pasar makanan laut Huanan di Wuhan.

Menurut South China Morning Post, sejumlah ilmuwan menduga kelelawar atau ular menjadi pembawa virus ini. Kelelawar kerap menjadi kambing hitam sumber coronavirus. Tetapi di beberapa kasus, hewan ini tidak menularkan virus itu langsung ke manusia.

SARS menjadi temuan pertama virus corona berpindah dari kelelawar ke musang, sebelum menjangkiti manusia. Sedangkan, kasus MERS juga berasal dari kelelawar, sebelum virusnya berpindah ke unta, dan menulari manusia.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×