kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sakit Kepala? Ini 7 Penyebab yang Perlu Anda Ketahui


Jumat, 13 Mei 2022 / 09:52 WIB
Sakit Kepala? Ini 7 Penyebab yang Perlu Anda Ketahui
ILUSTRASI. Penyebab sakit kepala.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Sakit kepala tentunya sangat membuat tubuh tidak nyaman melakukan aktivitas sekaligus sulit untuk konsentrasi. Penyebab munculnya sakit kepala dapat dipengaruhi oleh banyk faktor.

Sakit kepala adalah salah satu kondisi yang kurang nyaman dan berbahaya jika dibiarkan karena bisa menjadi risiko gejala berbagai penyakit serius. Oleh karena itu penting untuk mengetahui penyebab sakit kepala yang Anda alami. 

Sebenarnya cukup banyak obat yang mampu meredaka sakit kepala yang dijual dipasaran. Namun, agar tidak menimbulkan efek samping yang memperburuk sakit kepala disarankan untuk memeriksa ke dokter atau tenaga medis terdekat. 

Baca Juga: Efektif Tanpa Minum Obat, Begini 6 Cara Mudah Menyembuhkan Flu

Merangkum dari NHS, ada beberapa penyebab umum sakit kepala yang perlu Anda ketahui, yaitu: 

Pilek

Saat Anda sedang pilek atau flu biasanya sakit kepala menjadi suatu hal yang wajar dialami. Pasalnya kondisi tubuh sedang kurang fit. 

Umumnya jika pilek atau flu Anda sudah reda sakit kepala juga akan mulai hilang. 

Stres

Perlu Anda ketahui stres juga bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala. Biasanya stres berlebih sangat berisiko memicu sakit kepala tanpa Anda sadari. 

Terlalu Banyak Konsumsi Alkohol

Penyebab sakit kepala selanjutnya adalah terlalu banyak mengkonsumsi alkohol. Pasalnya, jika alkohol dikonsumsi dalam jumlah besar bisa menghambat aliran darah dan sulit untuk berkonsentrasi. 

Baca Juga: Tips Diet Cepat Menurunkan Berat Badan, 5 Buah Ini Wajib Masuk Menu Makanan

Masalah Penglihatan

Tahukah Anda kalau masalah penglihatan bisa menjadi penyebab sakit kepala? Ternyata, masalah penglihatan bisa menjadi penyebab sakit kepala loh. Jika Anda mengalami hal tersebut segeralah untuk mengecek ke dokter agar sakit kepala serta masalah penglihatan bisa cepat teratasi. 

Dehidrasi

Penyebab sakit kepala selanjutnya adalah dehidrasi atau kurang cairan. Tubuh membutuhkan cairan yang cukup untuk dapat menjaga fungsi otak berjalan dengan semestinya. 

Oleh karena itu penting menjaga asupan cairan untuk menghindari sakit kepala serta kesehatan tubuh lainnya. 

Mengkonsumsi Obat Tertentu

Mengkonsumsi obat tertentu juga dapat menjadi pemicu dan penyebab munculnya sakit kepala. Jika mengalami hal tersebut, Anda perlu segera berkonsultasi dengan dokter mengenai efek samping obat tersebut. 

Baca Juga: Badan Jadi Cepat Gemuk, Jangan Lakukan 7 Kebiasaan Buruk Ini

Menstruasi

Khususnya bagi para wanita, menstruasi juga bisa menjadi penyebab munculnya sakit kepala. Jika Anda mengalami sakit kepala akibat menstruasi cobalah untuk mengkonsumsi obat herbal atau alami untuk meredakannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×