Badan Jadi Cepat Gemuk, Jangan Lakukan 7 Kebiasaan Buruk Ini

Kamis, 12 Mei 2022 | 13:23 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Badan Jadi Cepat Gemuk, Jangan Lakukan 7 Kebiasaan Buruk Ini

ILUSTRASI. Kebiasaan buruk yang bisa membuat badan cepat gemuk dan tidak sehat.


KONTAN.CO.ID - Jika ingin punya badan yang ideal, Anda harus menghindari kebiasaan yang buruk bagi kesehatan, salah satunya dalam memilih makanan yang dikonsumsi.

Pasalnya, mengonsumsi makanan sembarangan adalah kebiasaan buruk yang bisa mempercepat badan jadi gemuk.

Kebiasaan buruk tersebut penting untuk Anda perhatikan, karena berkaitan pula dengan kesehatan. Terutama, bagi Anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan. 

Jika sudah over gemuk atau obesitas, akan berpengaruh terhadap kesehatan serta meningkatkan risiko munculnya penyakit. 

Oleh karena itu, penting menjaga asupan makanan supaya tidak terjadi penumpukan lemak di perut yang bisa menimbulkan kegemukan. 

Baca Juga: Ada Benjolan di Belakang Telinga? Kenali 5 Penyebab yang Perlu Diwaspadai

Melansir dari Eat This, terdapat beberapa kebiasaan buruk yang bisa membuat badan cepat gemuk, di antaranya:

Terlalu banyak ngemil

Kebiasaan buruk pertama yang bisa membuat badan gemuk adalag terlalu banyak makan camilan alias ngemil. Soalnya, camilan tidak sehat mengandung banyak lemak jenuh yang tidak baik bagi kesehatan. 

Terlalu banyak konsumsi karbohidrat olahan

Mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat olahan juga merupakan kebiasaan yang bisa membuat gemuk. Sebab, biasanya karbohidrat olahan kebanyakan mengandung kadar gula cukup tinggi yang kurang baik bagi kesehatan. 

Makan terlalu cepat

Siapa sangka makan terlalu cepat juga bisa membuat seseorang cepat gemuk. Menurut sebuah penelitian dalam Journal of American Dietetic Association, mereka yang makan lebih lambat akhirnya merasa lebih kenyang daripada yang makan lebih cepat. 

Baca Juga: Cara Mengobati Gusi Bengkak, Coba 6 Bahan Alami Ini

Makan terlalu larut malam

Kebiasaan buruk yang bisa membuat badan gemuk lainnya adalah makan terlalu larut malam. Pasalnya, kebiasaan tersebut meningkatkan risiko penumpukan lemak di perut sehingga badan cepat gemuk. 

Melewati sarapan

Meskipun makan malam terlalu larut dapat secara tidak sengaja menambah berat badan menjadi gemuk, melewatkan makan pertama saat hari itu dapat menyebabkan konsekuensi yang sama. 

Ketika Anda melewatkan sarapan, insulin Anda berpotensi meningkat, menyebabkan reaksi berantai yang menyebabkan tubuh Anda secara tidak sengaja menyimpan lebih banyak lemak. 

Terlalu banyak pergi Ke restoran cepat saji

Kebiasaan yang bisa membuat gemuk selanjutnya adalah terlalu banyak pergi ke restoran cepat saji. Kenapa bisa? Karena makanan di restoran cepat saji pada umumnya mengandung kalori yang sulit diperhitungkan.

Sebaliknya, saat makan di rumah, Anda bisa dengan nyaman menyajikan makanan sesuai selera dan tujuan nutrisi sehingga terhindar dari kegemukan.

Makan berlebihan

Pada akhirnya, makan berlebihan menyebabkan beberapa jumlah lemak perut yang paling menonjol dan sangat berpotensi badan jadi gemuk. 

Menurut The Mayo Clinic, ukuran porsi penting ketika mencoba untuk mencegah kelebihan lemak di sekitar bagian perut Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru