Kesehatan Umum

Sakit kepala hingga kulit pucat, inilah 5 gejala anemia

Jumat, 11 Juni 2021 | 14:04 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Sakit kepala hingga kulit pucat, inilah 5 gejala anemia

ILUSTRASI. Sakit kepala termasuk salah satu gejala anemia yang sering terjadi.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu penyebab anemia adalah tubuh yang kekurangan zat besi. Akibatnya, jumlah hemoglobin berkurang sehingga distribusi oksigen ke seluruh tubuh terganggu. Saat hal itu terjadi, bukan tidak mungkin Anda mengalami gejala anemia.

Seperti yang telah dikatakan, distribusi oksigen dalam tubuh penderita anemia mengalami gangguan. Otot, jaringan, dan bagian tubuh lain kesulitan untuk menjalankan fungsinya. Supaya kesehatan tubuh tak memburuk, sebaiknya ciri-ciri terkena anemia perlu Anda waspadai.

Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang cepat dan sesuai dengan kondisi Anda. Jika gejala-gejala ini Anda abaikan, bukan tidak mungkin kondisi kesehatan Anda semakin parah. Misalnya, muncul beberapa komplikasi kesehatan yang tidak Anda inginkan.

Sakit Kepala

Healthline (healthline.com) menyebutkan bahwa sakit kepala jadi tanda anemia yang cukup sering terjadi, apalagi dialami oleh wanita. Saat distribusi oksigen menuju otak terganggu, pembuluh darah di bagian tubuh itu membengkak sehingga menekan otak dan menimbulkan sakit kepala.

Baca Juga: Waspada, berikut 5 tanda awal penyakit ginjal

Kulit Pucat

Gejala anemia berikutnya yang bisa Anda alami adalah warna kulit menjadi pucat. Kurangnya zat besi dalam tubuh membuat kepekatan warna hemoglobin berkurang. Hal itulah yang mengakibatkan kulit pucan terjadi.

Rambut Kering dan Rusak

Sedikitnya jumlah zat besi dalam tubuh mengakibatkan kondisi rambut Anda mengalami kerusakan dan terasa kering. Hal itu lagi-lagi disebabkan oleh distribusi oksigen yang terganggu. Jika terus dibiarkan, Anda bisa mengalami rambut rontok yang lebih parah.

Kelelahan

Setiap orang pasti pernah mengalami kelelahan. Namun, kelelahan akibat anemia cukup berbeda. Banyak bagian tubuh yang tidak mendapat oksigen yang cukup sehingga kesediaan energi pun berkurang. Akibatnya, tubuh selalu terasa lemas dan tak berdaya.

Segera periksakan diri ke dokter jika kelelahan terus Anda alami dalam jangka waktu lama. Apalagi jika dibarengi dengan gejala yang lain, seperti sulit berkonsentrasi dan emosi menjadi lebih labil.

Baca Juga: 4 Rekomendasi obat penambah darah dari bahan alami

Sesak Napas

Salah satu gejala anemia adalah sesak napas.

Healthline menyebutkan bahwa sesak napas juga bisa jadi gejala anemia yang Anda alami. Kekurangan oksigen mengakibatkan tubuh berusaha menghirup lebih banyak udara sehingga sesak napas terjadi. Segera berkonsultasi dengan dokter jika sesak napas terjadi, apalagi jika Anda hanya melakukan aktivitas fisik sederhana.

Selanjutnya: Kenali 5 gejala gagal ginjal stadium awal, semakin cepat diobati semakin mudah sembuh

Editor: Belladina Biananda
Terbaru