Kesehatan Umum

Rutin rapid test dua minggu sekali untuk cegah penyebaran corona

Senin, 30 November 2020 | 10:00 WIB   Reporter: Ika Puspitasari
Rutin rapid test dua minggu sekali untuk cegah penyebaran corona

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain disiplin menerapkan prinsip 3M yakni memakai masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak, upaya lain guna mencegah penyebaran Covid-19 bisa dilakukan dengan pengetesan atau program 3T meliputi testing, tracing dan treatment.

Salah satu perusahaan yang secara tegas menerapkan program 3T ini adalah PT Danatama Makmur Sekuritas. Teddy Kurnia, Investment Banking Analyst di PT Danatama Makmur Sekuritas mengatakan, perusahaannya secara rutin melakukan rapid test untuk karyawan dalam dua minggu sekali.

Lebih lanjut, ia bilang, apabila hasil rapid test Covid-19 reaktif maka karyawan tersebut wajib untuk melakukan swab test dan baru diperbolehkan masuk kantor setelah hasilnya negatif. Dengan demikian, maka penyebaran virus di perkantoran bisa ditekan.

Tak hanya itu, karyawan yang merasa tidak enak badan juga tak diperkenankan untuk masuk kantor. “Jadi kalau ada yang enggak enak badan, seperti penciuman hilang itu tidak dibolehkan masuk dulu. Kalau untuk jarak, di lingkungan kerja memang jaraknya lumayan jauh dari karyawan satu dengan yang lainnya,” ungkapnya, Minggu (29/11).

Untuk meminimalisir pencegahan, Teddy senantiasa membawa bekal dari rumah untuk makan siang di kantor. Secara pribadi, Teddy juga selalu menggunakan masker dua lapis dan face shield untuk mencegah penularan Covid-19 ketika beraktivitas di luar rumah.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

Selanjutnya: Penerapan 3M jadi kunci bepergian tetap aman dengan pesawat

 

Editor: Khomarul Hidayat


Terbaru